Aktifitas fisik mahasiswa pada masa new normal

  • Dally Rahman Universitas Andalas
  • Padli Padli Universitas Negeri Padang
  • Eval Edmizal Universitas Negeri Padang
  • Jeki Haryanto Universitas Negeri Padang
  • Deby Yuliandra Tika Universitas Negeri Padang
Keywords: Aktifitas fisik; mahasiswa, masa new normal

Abstract

Masalah: Masih kurangnya aktifitas fisik yang dilakukan oleh mahasiswa menjadi suatu fenomena yang harus diperhatikan karena jika hal ini terus berlanjut maka Kesehatan mereka akan menjadi kurang baik.

Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aktifitas fisik yang dilakukan oleh mahasiswa

Metode: Penelitian ini menggunakan meotde deskriptif, sejumlah 138 orang mahasiswa diminta untuk menjadi sampel pada penelitian ini, pengumpulan data dilakukan dengan cara menyebarkan angket kepada seluruh sampel yang ada. Setelah seluruh data terkumpul maka data tersebut dianalisis dengan menggunakan statistif deskriptif.

Hasil: Hasil penelitian ini menunjukkan aktifitas fisik yang sering dilakukan oleh mahasiswa adalah bermain sepakbola, jogging, dan bermain futsal, para mahasiswa melakukan olahraga rata-rata 3 kali dalam seminggu dengan durasi rata-rata 1 jam. Mereka juga lebih suka memilih lapangan kampus dan lapangan olahraga yang dekat dengan rumah mereka sebagai tempat untuk berolahraga

Kesimpulan: Aktifitas fisik yang dilakukan oleh mahasiswa sudah dapat dikatakan baik karena tidak ada mahasiswa yang tidak melakukan olahraga,namun untuk sampai ketahap bugar mereka harus dapat meningkatkan frekuensi dan durasi olahraga yang mereka lakukan kedepannya.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Alfianur, A., & Novikasari, B. Y. (2021). Hubungan aktifitas fisik terhadap tekanan darah pada Penderita hipertensi. JOURNAL OF Medical Surgical Concerns, 1(2), 65–72.
Anam, A. K., Rustikayanti, R. N., & Hernawati, Y. (2020). Korelasi aktifitas fisik dengan kualitas tidur ibu hamil: Studi cross sectional. Jurnal Perawat Indonesia, 4(2), 344–350.
Arifah, N. H., Rohmah, L., Santoso, M. N. A., Rachmati, D. W., Suryana, I., & Mustar, Y. S. (2022). Peningkatan Kebugaran Jasmani melalui Diseminasi Program Pengembangan Olahraga Senam Aerobik. Inspirasi: Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat, 2(2), 86–95.
Arsyad, R., & Rozi, F. (2021). Tingkat kebugaran jasmani mahasiswa IAIN Salatiga pada masa pandemi covid-19. Fair Play: Indonesian Journal of Sport, 1(1), 1–6.
Astuti, A. (2019). Usia, Obesitas dan Aktifitas Fisik Beresiko Terhadap Prediabetes. Jurnal Endurance, 4(2), 319. https://doi.org/10.22216/jen.v4i2.3757
Azzami, R. N., Kusumawardhana, B., & Pradipta, G. D. (2021). Survei aktivitas fisik mahasiswa prodi PJKR Universitas PGRI Semarang angkatan 2017 pada masa pandemi covid-19. Journal of Physical Activity and Sports, 2(2), 217–229.
Dewi, I. G., & Wuryaningsih, C. E. (2019). Aktivitas fisik masyarakat urban di Jakarta Selatan. Hasanuddin Journal of Midwifery, 1(1), 23–29.
Fernando, F. (2021). TUBUH SISWA MI GUPPI MENJADI LOYO DAN MUDAH LELAH AKIBAT KURANGNYA PRAKTEK OLAHRAGA SEBAGAI DAMPAK PANDEMI. Jurnal Edukasimu, 1(3).
Hallal, P. C., Andersen, L. B., Bull, F. C., Guthold, R., Haskell, W., & Ekelund, U. (2012). Global physical activity levels: surveillance progress, pitfalls, and prospects. The Lancet, 380(9838), 247–257.
Hammami, A., Harrabi, B., Mohr, M., & Krustrup, P. (2022). Physical activity and coronavirus disease 2019 (COVID-19): specific recommendations for home-based physical training. Managing Sport and Leisure, 27(1–2), 26–31.
Haryanto, J., & Welis, W. (2019). Exercising Interest in the Middle Age Group. Performa Olahraga, 4(2), 214–223. https://doi.org/https://doi.org/10.24036/kepel.v4i02.131
Kholis, M. N. (2021). Menjaga kebugaran jasmani dan imunitas sebagai pemutus mata rantai covid-19. Journal of Physical Activity (JPA), 2(1), 8–17.
Maulana, I., Hudah, M., & Ratimiasih, Y. (2021). Survei aktivitas fisik anak pada masa new normal di sekolah menengah pertama se-kecamatan semarang timur kota semarang. Jurnal Pendidikan Dasar Dan Menengah, 1(2), 57–63.
Nur’amalia, R., Rabia, R., Riswana, R., Adhim, Z. M., & Mahaputra, H. (2022). Pelatihan Aktivitas Fisik dan Latihan Fisik pada Lansia Berbasis Video Edukasi. Jurnal Altifani Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 132–137.
Panggraita, G. N., Tresnowati, I., & Putri, M. W. (2020). Profil Tingkat Kebugaran Jasmani Mahasiswa Program Studi Pendidikan Jasmani. Jendela Olahraga, 5(2), 27–33. https://doi.org/10.26877/jo.v5i2.5924
Puspitasari, N., & Ariyanto, A. (2021). Hubungan Aktivitas Fisik dengan Musculoskeletal Disorder (MSDs) Pada Lansia. Journal of Physical Activity (JPA), 2(1), 1–7.
Rahandi, T. O. (2021). Kemampuan Gerak Dasar Melempar dan Kelincahan Melalui Pembelajaran Bola Kasti. Jurnal Edukasimu, 1(3).
Rahma, S. (2022). Aktivitas Fisik Berhubungan dengan Kualitas Tidur pada Mahasiswa. Journal of Public Health Education, 2(1), 269–276. https://doi.org/10.53801/jphe.v2i1.106
Riyanto, A. (2022). Aktifitas fisik remaja sebagai upaya Peningkatan kebugaran pada masa pandemi covid-19 Youth physical activity as an effort Improved fitness during the covid-19 pandemic. Masyarakat Berdaya Dan Inovasi, 3(2), 86–92.
Rousdyanto, M. H., Ratimiasih, Y., & Ardiyanto, A. (2021). Korelasi antara Aktivitas Fisik dan Indeks Massa Tubuh (IMT) Dengan Tingkat Kebugaran Jasmani Siswa Kelas XI Tahun Pelajaran 2020/2021 di SMA Negeri 3 Demalang. Jurnal Pendidikan Dasar Dan Menengah, 1(1), 15–21.
Salam, A. (2010). Faktor risiko kejadian obesitas pada remaja. Hasanuddin University.
Suwandi, R., Hariyanto, F. A., & Kurnianto, H. (2022). Level Aktivitas Fisik dan Pola Hidup Sehat Siswa di Masa Pandemi Covid-19. Discourse of Physical Education, 1(2), 125–135. https://doi.org/10.36312/dpe.v1i2.883
Wahyuni, E. T. (2021). Aktivitas Fisik dengan Intensitas yang Sering Dapat Meningkatkan Kecerdasan Emosional pada Remaja: Physical Activity with Frequent Intensity Can Increase Emotional Intelligence in Adolescents. Indonesian Scholar Journal of Nursing and Midwifery Science (ISJNMS), 1(03), 106–112.
Wahyuni, E. T., Koto, Y., & Sarwili, I. (2021). Aktivitas Fisik dengan Intensitas yang Sering Dapat Meningkatkan Kecerdasan Emosional pada Remaja. Indonesian Scholar Journal of Nursing and Midwifery Science (ISJNMS), 1(03), 106–112. https://doi.org/10.54402/isjnms.v1i03.60
Widarti, R., & Pudjianto, M. (2021). Gambaran Aktivitas Fisik Pasien Pasca Covid-19. Physio Jurnal, 1(2).
Woods, J. A., Hutchinson, N. T., Powers, S. K., Roberts, W. O., Gomez-Cabrera, M. C., Radak, Z., Berkes, I., Boros, A., Boldogh, I., & Leeuwenburgh, C. (2020). The COVID-19 pandemic and physical activity. Sports Medicine and Health Science, 2(2), 55–64.
Zainuddin, M. S., Yasriuddin, Y., Usman, A., Zakaria, A., & Abduh, I. (2023). Permainan Olahraga Tradisional SMAN 1 Polewali Mandar. ABDIKAN: Jurnal Pengabdian Masyarakat Bidang Sains Dan Teknologi, 2(1), 76–82.
Published
2023-03-24
How to Cite
Rahman, D., Padli, P., Edmizal, E., Haryanto, J., & Tika, D. (2023). Aktifitas fisik mahasiswa pada masa new normal. Jurnal Patriot, 5(1), 75-82. https://doi.org/10.24036/patriot.v5i1.936

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.