Skip to main content Skip to main navigation menu Skip to site footer

Panduan Penulisan

Naskah

Naskah harus menjadi makalah penelitian asli yang cukup memberikan kontribusi baru untuk pelatihan, manajemen olahraga, filsafat, pedagogi, fisiologi, biomekanik, psikologi dan sosiologi olahraga. Penulis diminta untuk menyerahkan makalah mereka secara elektronik dengan menggunakan prosedur pengiriman online: Choaching, Kesehatan dan Pelatihan. Penulis yang bersesuaian juga harus memberikan pernyataan bahwa naskah tersebut tidak sedang dipertimbangkan untuk dipublikasikan di tempat lain. Editor akan mengabaikan pengiriman yang tidak mengikuti prosedur ini.

STRUKTUR NASKAH

JUDUL

Tidak perlu nama kota atau provinsi kecuali melekat, seperti Nama Sekolah, Puskesma, Institusi, dan lain-lain, contoh: SMP 1 Padang. Judul Artikel  ditulis dengan capitalize all words dan ukuran tulisan 12 Times New Roman- Bold dan maksimal 15 kata

NAMA DAN INSTITUSI PENULIS

Nama penulis harus disertai oleh lembaga penulis dan alamat email, tanpa gelar akademik.

ABSTRAK

Abstrak  berbahasa  Indonesia  ditulis  menggunakan font TNR-12.  Jarak  antar baris  1  spasi., abstrak berisi 150-200 kata dan hanya terdiri atas 1 paragraf yang memuat tujuan penelitian, metode, dan hasil penelitian.

Kata Kunci

Kata Kunci terdiri dari satu atau lebih kata atau frasa yang penting, spesifik, atau representatif bagi artikel yang dibuat dan dipisahkan dengan simbol “ ; “. Contoh: metode bermain; kemampuan long passing; sepakbola.

Pendahuluan

Pendahuluan  berisi  latar  belakang, rasional, dan atau urgensi penelitian. Referensi (pustaka atau penelitian relevan dari sebuah jurnal), sangat dianjurkan untuk dicantumkan dalam bagian ini yang berhubungan dengan justifikasi urgensi penelitian, pemunculan permasalahan penelitian, alternatif solusi, dan solusi yang dipilih.

Cara penulisan sumber dalam teks perlu menunjukkan secara jelas nama penulis  yang disitasi dan tahun nya. Sebagai contoh: ........ hasil penelitian menunjukkan bahwa lebih dari 70% siswa tidak mampu mengenali permasalahan otentik..... (Santoso, 2015). Derajat kemutakhiran bahan yang diacu dengan melihat proporsi 10 tahun terakhir dan mengacu pustaka primer (artikel). Permasalahan dan tujuan, serta  kegunaan  penelitian  ditulis  secara naratif   dalam   paragraf-paragraf,   tidak   perlu diberi subjudul khusus.

Keseluruhan artikel  ditulis  dengan  TNR-12 tegak dengan spasi 1,5 (kecuali abstrak 1 spasi). Tiap paragraf diawali kata yang menjorok ke dalam 5 digit, atau sekitar 1 cm dari tepi kiri tiap kolom. Panjang keseluruhan artikel sekitar 10-15 halaman. Artikel yang diterima ditulis dalam bahasa Indonesia. Pengaturah margin kanan, kiri, atas, dan bawah semuanya 3 cm. Sedangkan pengaturan columnsnya hanya 1(layout penulisan artikel tidak perlu dibagi menjadi 2 kolom).

METODE

Berisi jenis penelitian, waktu dan tempat penelitian, target/sasaran, subjek penelitian, prosedur,  instrumen dan  teknik  analisis  data serta hal-hal lain yang berkait dengan cara penelitiannya. target/sasaran, subjek penelitian, prosedur, data dan instrumen, dan teknik pengumpulan  data,  serta  teknik  analisis  data serta hal-hal lain yang berkait dengan cara penelitiannya dapat ditulis dalam sub-subbab, dengan  sub-subheading.  Sub-subjudul  tidak perlu diberi notasi, namun ditulis dengan huruf kecil berawalkan huruf kapital, TNR-12 unbold, rata kiri.

HASIL

Hasil penelitian disajikan dalam bentuk grafik,   tabel,   atau   narasi deskriptif yang memaparkan data hasil penelitian yang diperoleh dilapangan. Contoh grafik dan tabel dapat dilihat selengkapnya di template.

PEMBAHASAN

Pembahasan  difokuskan  pada mengaitkan data dan hasil analisisnya dengan permasalahan  atau  tujuan  penelitian  dan konteks teoretis yang lebih luas. Dapat juga pembahasan merupakan jawaban pertanyaan mengapa ditemukan fakta seperti pada data serta analisis perbandingan hasil penelitian dengan teori (buku)/artikel dan penelitian sebelumnya.

KESIMPULAN

Kesimpulan memuat temuan penelitian yang merupakan jawaban ringkas atas permasalahan penelitian, tidak mencantumkan statistik atau angka dan disajikan dalam bentuk paragraf.  Kesimpulan dapat bersifat generalisasi temuan sesuai permasalahan penelitian, dan rekomendasi untuk langkah penelitian selanjutnya serta bisa juga ditambahkan dengan pesan penting apa yang ingin disampaikan ke pembaca terkait dengan hasil penelitian yang diperoleh.

DAFTAR PUSTAKA

Penyusunan daftar pustaka sebaiknya dibuat secara standar  dan konsisiten, untuk menjaga konsistensi tersebut maka sangat dianjurkan menggunakan aplikasi reference manager seperti mendeley, zotero, atau aplikasi serupa lainnya. Seluruh referensi dianjurkan berasal dari artike yang dimuat dijurnal-jurnal (sumber utama/primer). Mencantumkan  sumber  yang  dirujuk  pada  buku  atau  artikel  diketik  dengan  spasi tunggal, diurutkan secara alfabetis

Format Penulisan Umum

  1. Naskah disiapkan dalam format kertas A4, Satu kolom dan spasi 1,5. Paragraf baru harus memulai 5 karakter dari margin kiri, menggunakan font  Times-New-Roman ukuran 12.
  2. Naskah ditulis dalam Bahasa Indonesia.
  3. Panjang naskah harus antara 10 hingga 15 halaman.
  4. Margin Kiri dan Kanan adalah 3 dan 3 Margin atas dan bawah adalah 3 dan 3 cm.
  5. Judul ditulis menggunakan huruf kapital seluruhnya, ukuran font 12, posisi tengah dan ditebalkan.
  6. Subtitle, jika ada, ditulis menggunakan huruf kapital hanya pada kata pertama atau nama khusus. Mereka harus dimulai dari margin kiri.
  7. Sub dari subtitle, jika ada, ditulis menggunakan huruf kapital hanya pada awal setiap kata kecuali untuk kata-kata penghubung.
  8. Referensi utama harus berupa publikasi ilmiah sepuluh tahun terakhir (> 80%). Referensi yang mengacu pada buku teks,  atau pun referensi kedua lainnya harus diminimalkan (<20%)

 CARA PENGUTIPAN

Kutipan dalam badan teks harus ditulis menggunakan nama keluarga dan tahun publikasi. Contoh:

  1. Bompa (2020) mengemukakan bahwa sirkuit training adalah ...
  2. Akurasi servis sangat diperlukan dalam tenis meja (Haryanto, 2019).
  3. Feedback adalah ... (Bakhtiar & Nanda, 2019).
  4. Penulis disarankan untuk menggunakan  perangkat lunak Referensi Mendeley .

DAFTAR PUSTAKA

Naskah ini diharapkan melibatkan minimal sekitar 15 referensi primer dan terbaru untuk menegaskan kontribusi berkualitas tinggi bagi pengembangan pengetahuan. Penulis juga diwajibkan untuk mensitasi/mengutip minimal 5 artikel yang ada dijurnal patriot. Kutipan dan referensi harus benar-benar mengikuti gaya APA (American Psychological Association). Daftar pustaka harus mencakup hanya karya-karya yang dikutip dalam teks naskah. Berkonsultasi dengan manual gaya APA ( http://www.apastyle.org/pubmanual.html ) sangat disarankan untuk menyelesaikan pengiriman naskah.

Buku dengan satu penulis:

Penulis, AA (2005). Judul pekerjaan . Lokasi / Kota, Negara Bagian: Penerbit.

Buku dengan dua penulis:

Penulis, AA, & Penulis, BB (2005). Judul pekerjaan . Lokasi / Kota, Negara Bagian: Penerbit.

Buku dengan lebih dari dua penulis:

Penulis, AA, Penulis, BB, & Penulis, CC (2005). Judul pekerjaan . Lokasi / Kota, Negara Bagian: Penerbit.

Artikel jurnal:

Ramadhan, G. (2018). Pengembangan latihan konsentrasi pada tembakan bola lemparan gratis. Jurnal Performa, 4 (1), 1-10.

Buku yang diedit:

Penulis, AA (Ed.). (2009). Judul pekerjaan . Lokasi / Kota, Negara Bagian: Penerbit.

Bab dalam buku yang diedit:

Penulis, AA, & Penulis, BB (2018). Judul pekerjaan . Dalam P. Mieszkowski, & WH Oakland (Ed.),  Federalisme Fiskal dan Hibah Bantuan  (hlm. 5-21). Washington, DC: The Urban Institute.

Disertasi doktoral yang belum diterbitkan atau tesis master:

Penulis, AA (2009). Judul pekerjaan . Disertasi doktoral yang tidak diterbitkan, Universitas.

Proses yang dipublikasikan:

Penulis, AA, Penulis, BB, & Penulis, CC (2018). Judul pekerjaan. Judul Konferensi ,  288 (1), 12030.