Pengaruh pembelajaran daring terhadap penurunan hasil belajar PJOK siswa SD pada masa pandemi covid-19

  • Peno Eka Saputra Universitas Negeri Padang
  • Bafirman Bafirman Universitas Negeri Padang
  • Arsil Arsil Universitas Negeri Padang
  • Padli Padli Universitas Negeri Padang
Keywords: pengaruh; pembelajaran daring; hasil belajar PJOK.

Abstract

Masalah: Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar PJOK siswa kelas V SDN 22 Ujung Gurun selama pembelajaran di masa pandemi COVID-19.

Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran daring terhadap penurunan hasil belajar PJOK siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri 22 Ujung Gurun.

Metode: Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan menggunakan analisis jalur. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SDN 22 Ujung Gurun yang berjumlah 304 orang. Teknik pengambilan sampel dilakukan secara purposive sampling, dengan jumlah sampel 42 orang. Pengumpulan data dilakukan dengan mengamati dan mengisi angket pembelajaran daring. Selanjutnya untuk mengukur hasil belajar PJOK digunakan rata-rata nilai ulangan mingguan dari tanggal 12 Juli-9 Agustus 2021 (semester 1 tahun ajaran 2021/2022)

Hasil: Hasil penelitian dan analisis data menunjukkan bahwa pembelajaran daring berpengaruh terhadap penurunan hasil belajar PJOK sebesar 5,85%.

Kesimpulan: Para guru PJOK sebaiknya melakukan pembelajaran secara langsung karena akan memiliki efek terhadap peningkatan hasil belajar siswa.

Downloads

Download data is not yet available.

References

A’dadiyyah, N. L. (2021). Dampak Pembelajaran Daring Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V Mi Nu Wasilatut Taqwa Kudus Tahun 2020/2021. Jurnal Pendidikan Matematika, 4 (1), 40-49.
Alfiaturrohmaniah, F., Masfuah, S., & Roysa, M. (2022). Dampak Pembelajaran Daring terhadap Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan. 3(1), 53-59.
Anam, S., & Hanik, E. U. (2020). Problematika Kebijakan Pendidikan di Tengah Pandemi dan Dampaknya terhadap Proses Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jurnal Qiroah, 10(2), 73-81.
Cahyono, T.T., Resita, C., & Hidayat, A. S. (2021). Penggunaan Media Pembelajaran dalam Pembelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Patriot, 3(3), 314-328.
Dewi. W. A. F. (2020). Dampak Covid-19 terhadap Implementasi Pembelajaran Daring di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(1), 55-61.
Firman & Rahayu, S. (2020). Pembelajaran Daring di Tengah Covid-19. Indonesian Journal of Education Scince (IJES), 2 (2), 82.
Garrison, D.R & Clevelend-Innes,M. (2005). Facilitating Cognitive Presence in Online Learning: Interaction is Not Enough. American Journal of Distance Education, 19, 133-148.
Gikas, J., & Grant, M. M. (2013). Mobile computing devices in higher education: Student perspectives on learning with cellphones, smartphones & social media. Internet and Higher Education. Diakses pada 22 Januari 2021, dari: https://doi.org/10.1016/j.iheduc.2013.06.002
Hernawati, A. M., Gani, R.A., & Nasution, N.S. (2022). Persepsi Siswa Terhadap Penggunaan Media Online pada Pembelajaran PJOK di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Patriot. 4(4), 333-343.
Khurriyati, Y., Setiawan, F., & Mirnawati, L. B. (2021). Dampak Pembelajaran Daring terhadap Hasil Belajar Siswa MI Muhammadiyah 5 Surabaya. Jurnal Ilmiah “Pendidikan Dasar”, 8(1), 91-104.
Korucu, A. T., & Alkan, A. (2011). Differences between m-learning (mobile learning) and elearning, basic terminology and usage of m-learning in education. Procedia Social and Behavioral Sciences. Diakses pada 21 Januari 2021, dari: https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2011.04.029
Melyza, A., & Agus, R. M (2021). Persepsi Siswa terhadap Proses Penerapan Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan Pada Pandemic Covid-19. Journal of Physical Education, 2(1), 8-16.
Moore, J. L., Dickson-Deane, C., & Galyen, K. (2011). E-Learning, online learning, and distance learning environments: Are they the same? Internet and Higher Education. Diakses pada 20 Januari 2020, dari https://doi.org/10.1016/j.iheduc.2010.10.001
Purwanto, A. (2020). Studi Eksploratif Dampak Pandemi Covid-19 terhadap Proses Pembelajaran Online di Sekolah Dasar. Journal Education, Psycology, Councelling, 2(1).
Putria, H. (2020). Analisis Proses Pembelajaran Dalam Jaringan (Daring) Masa Pandemi Covid-19 pada Guru Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(4), 861-872.
Pratiwi, K. S., & Parwata, I. G. L. A. (2021). Persepsi Peserta Didik Terhadap Pembelajaran Daring PJOK. Jurnal Ilmu Keolahragaan Undiksha, 9(2), 121. https://doi.org/10.23887/jiku.v9i2.37268
Rigianti, H. A. (2020). Kendala Pembelajaran Daring Guru Sekolah Dasar di Kabupaten Banjarnegara. Jurnal Elementary School, 7(2), 297-302.
Setiawan, W., & D. Y. (2020). Dampak Pandemi Covid-19 terhadap Kegiatan Pembelajaran Online di STMIK Komputama Majenang. Teknologi dan Bisnis, 2(2), 16-25.
Sumantri, Agus. (2021). Evaluasi PJJ, Kemendikbud: Ada Penurunan Hasil Belajar Siswa. Diakses pada 24 Juli 2021, dari https://www.medcom.id/pendidikan/news-pendidikan/VNxvA51k-evaluasi-pjj-kemendikbud-ada-penurunan-hasil-belajar-siswa
Ulum, M.M., & Nurhayati, F. (2021). Minat dan Hasil Belajar PJOK Siswa Kelas 7 SMP As-Saadah di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan Olahraga dan Kesehatan, 9 (2), 157-162.
Published
2023-03-06
How to Cite
Saputra, P., Bafirman, B., Arsil, A., & Padli, P. (2023). Pengaruh pembelajaran daring terhadap penurunan hasil belajar PJOK siswa SD pada masa pandemi covid-19. Jurnal Patriot, 5(1), 56-64. https://doi.org/10.24036/patriot.v5i1.929

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.