Peningkatan pembelajaran passing sepakbola melalui metode inklusi
Abstract
Masalah: Passing dalam sepekbola sangat berguna untuk membangun serangan. Hasil pembelajaran passing sepak bola menggunakan kaki bagian dalam masih tergolong rendah. Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil pembelajaran passing sepak bola menggunakan kaki bagian dalam. Metode: Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas dengan dua siklus yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, refleksi, dan kesimpulan. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa Kelas VIII yang berjumlah 35 siswa. Hasil peningkatan pembelajaran passing sepak bola menggunakan kaki bagian dalam diperoleh dengan cara membandingkan nilai observasi dengan awal tes sebelum tindakan yang dikenal dengan “pra siklus”. Hasil: Hasil penelitain ini menunjukkan terdapat peningkatan nilai observasi siswa yang semula jumlah ketuntasan siswa dari pra siklus sebesar 28,17% kemudian disiklus I meningkat menjadi 42,85 % dan pada siklus kedua terjadi peningkatan yang cukup signifikan yaitu mencapai 80 dari jumlah siswa sebanyak 35 orang. Kesimpulan: Kesimpulan dari penelitian ini menjelaskan bahwa metode pembelajaran inklusi terbukti dapat meningkatkan pembelajaran passing sepak bola menggunakan kaki bagian dalam.
Downloads
References
Arifin, a., samodra, y. t. j., & purnomo, e. (2022). metode step-by-step: apakah dapat meningkatkan hasil belajar lompat jangkit? sriwijaya journal of sport, 1(2). https://doi.org/10.55379/sjs.v1i2.357
Bangun, s. y. (2016). peran pendidikan jasmani dan olahraga pada lembaga pendidikandi indonesia. publikasi pendidikan. https://doi.org/10.26858/publikan.v6i3.2270
Eko yulianto, w. w. (2020). identifikasi keberbakatan sepak bola pada siswa sekolah sepak bola hizbul wathan yogyakarta. journal of sport education (jope), 2(2). https://doi.org/10.31258/jope.2.2.47-54
Fitria yulianto, p. (2018). sepak bola dalam industri olahraga. seminar nasional ilmu keolahragaan unipma, 1(1).
Hamid, a., & aminuddin, m. (2019). pengaruh latihan footwork terhadap agility pada pemain bulutangkis pbsi tanah laut usia 12-15. multilateral jurnal pendidikan jasmani dan olahraga, 18(1). https://doi.org/10.20527/multilateral.v18i1.6568
Mubaligin, h., candra, a. t., & r, l. i. (2018). upaya peningkatan hasil lompat jauh gaya jongkok dengan metode bermain lompat dan loncat lingkaran berjenjang kelas vii mts negeri 11 banyuwangi. jurnal kejaora (kesehatan jasmani dan olahraga), 3(1), 162–171. https://doi.org/10.36526/kejaora.v3i1.205
Munajat, i. (2019). penggunaanpendekatan bermain beregu untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran passing bola voli (penelitian tindakan kelas di kelas viii-a smp negeri 4 tasikmalaya. jurnal wahana pendidikan. https://doi.org/10.25157/wa.v6i1.2053
Nurdin, n. (2020). hubungan power otot tungkai dengan kemampuan shooting permainan sepak bola pada siswa putra smp negeri 1 lede kab. pulau taliabu. in agustus (vol. 1, issue 2).
Perdana, r. p., arifin, z., supriatna, e., olahraga, p. k., & keguruan, f. (2021). pengaruh latihan circuit terhadap kemampuan dribling sepak bola siswa putra ekstrakurikuler sepak bola sekolah menengah negeri 2 sintang. jurnal pendidikan olahraga, 10(2), 185–200. https://doi.org/10.31571/jpo.v10i2.3155
Pradana, a. a., & nurrochmah, s. (2020). pengaruh pembelajaran metode drill terhadap peningkkatan hasil belajar lempar bola softball kelas 7 smp negeri 1 kota malang. gelanggang pendidikan jasmani indonesia, 3(2). https://doi.org/10.17977/um040v3i2p121-129
Rahim, a., & taryatman. (2018). pengembangan model pembelajaran pendidikan jasmani adaptif bagi anak berkebutuhan khusus di sekolah dasar inklusif kota yogyakarta. trihayu: jurnal pendidikan ke-sd.an.
Rambitan, m. a. s. f. (2020). pengaruh penggunaan metode keseluruhan terhadap ketepatan servis panjang dalam permainan bulu tangkis pada siswa smk negeri 1 tomohon. physical: jurnal ilmu kesehatan olahraga. https://doi.org/10.53682/pj.v1i2.1476
Ridwan, m. (2020). kondisi fisik pemain sekolah sepakbola (ssb) kota padang. jurnal performa olahraga, 5(1), 65–72. https://doi.org/10.24036/jpo142019
Ruslan, r., hamdiana, h., simon, s., & ismawan, h. (2020). pengaruh latihan plyometric terhadap kemampuan shooting sepak bola pada club pdl samarinda. kinestetik : jurnal ilmiah pendidikan jasmani, 4(1), 33–40. https://doi.org/10.33369/jk.v4i1.10370
Sholihin, r., kumbara, h., & ilham, z. (2021). pengaruh metode resiprokal terhadap hasil belajar shooting permainan sepak bola siswa kelas xi sma negeri megang sakti. jurnal prestasi, 5(2). https://doi.org/10.24114/jp.v5i2.29355
Suharsimi, A. (2010). Prosedur penelitian suatu pendekatan praktik. rev. ed. PT. Rineka Cipta.
Supriatna, E., & Perdana, R. P. (2022). Kinestetik : Jurnal Ilmiah Pendidikan Jasmani PROFILE OF PHYSICAL FITNESS BASKETBALL. 6(1), 79–87.
Susworo, A. (2006). Acuan Pembelajaran Permainan Softball Model TGfU. Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia.
Tamim, M. H. (2017). Pengaruh metode latihan (resiprokal dan inklusi) persepsi kinestetik terhadap teknik overhead lob forehand bulu tangkis. Jurnal Keolahragaan, 5(1). https://doi.org/10.21831/jk.v5i1.12806
Yudanto, Y., & Nurcahyo, F. (2020). Bermain Sepak Bola Melalui Pendekatan Taktik. Jambura Health and Sport Journal, 2(2). https://doi.org/10.37311/jhsj.v2i2.7040
Copyright (c) 2023 Jurnal Patriot
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.