Analisis Kecemasan Siswa Dalam Pembelajaran Penjas Dari Rumah Di SMA/SMK Kecamatan Cibuaya

  • Suhada Suhada University of singaperbangsa karawang
  • Resty Gustiawati Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Abduloh Abduloh Universitas Singaperbangsa Karawang
Keywords: kecemasan belajar; kelas XII; penjas; dari rumah.

Abstract

Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui seberapa besar tingkat kecemasan kelas XII siswa SMA/SMK di Kecamatan Cibuaya terhadap pembelajaran penjas dari rumah tahun ajaran 2021/2022. Jenis penelitian ini adalah jenis penelitian deskrptif kuantitatif dan menggunakan metode survei. Teknik pengumpulan data menggunakan instrumen pernyataan berupa angket dengan teknik data analisis menggunakan statistik deskrtiptif dengan persentase. Poopulasi dalam penelitiannini adalah siswa kelassXII SMA/SMK di Kecamatan Cibuaya dengannmenggunakannteknik Purposive Sampling beserta responden yang berjumlah 139 siswa. Berdasarkan dari hasil penelitian dan informasi yang diberikan, dapat disimpulkan bahwa tingkat kecemasan siswa dalam mata pelajaran penjas dari rumah masuk kedalam kategori “SangattTinggi” 7 responden dengan persentase 5%, kategorim“Tinggi” 26 responden dengan persentasen19%, kategorin“Sedang” 62 responden dengannpersentase 45%, kategorin“Rendah” 35 responden dengan persentase 25%, dan kategori “SangatnRendah” 9 responden dengan persentase 6%.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ardiansyah, B. (2009). Dampak Kecemasan Atlet Bola Basket Sebelum Bertanding. Jurnal Phederal Penjas, 8, 1. Retrieved from file:///C:/Users/RENDYMILAN/Downloads/6281-13375-1-SM.pdf
Fathoni, A. (2015). Pembelajaran Berbasis Karakter. Prosiding Seminar Nasional Dan Call For Papers, 6(2), 323–332. https://doi.org/10.30653/003.202062.118
Gustiawati, R. (2015). Evaluasi Pembelajaran Pendidikan Jasmani Implementasi Evaluasi pada Pembelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan (1st ed.; Winarni, ed.). Bandung: Multi Kreasindo.
Hakam, K. & S. B. (2021). Tingkat Kepuasan Peserta Didik Terhadap Pembelajaran PJOK Daring. Jambura Health and Sport Journal, 3, 16–23.
Kartika, D. (2020). Faktor–Faktor Kecemasan Akademik Selama Pembelajaran Daring Pada Siswa SMA di Kabupaten Sarolangun. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4(3), 3544–3549.
Kelana, F. B. (2020). Survei Aspek Mental Siswi Di Kabupaten Program Studi.
Oktawirawan, D. H. (2020). Faktor Pemicu Kecemasan Siswa dalam Melakukan Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi, 20(2), 541. https://doi.org/10.33087/jiubj.v20i2.932
Prasetyaningtyas, S. (2021). Pelaksanaan Belajar dari Rumah (BDR) Secara Online Selama Darurat Covid-19 di SMP N 1 Semin. Jurnal Karya Ilmiah Guru, 5(1), 86–94.
Putria, H., Maula, L. H., & Uswatun, D. A. (2020). Analisis Proses Pembelajaran dalam Jaringan (DARING) Masa Pandemi Covid- 19 Pada Guru Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(4), 861–870. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i4.460
Rahman, F. N. N. & M. D. (2019). Analisis Tingkat Kecemasan Matematis Siswa SMP. Journal Literasi Olahraga, 4, 459–467.
Ramadhani, W. N., & Ulfah, S. (2021). Analisis Kecemasan Matematika dan Motivasi Belajar Siswa Berdasarkan Keikutsertaan Les Privat pada Pembelajaran Daring. 05(03), 2471–2483.
Rhama, S. M. T. & F. & N. (2021). Tingkat Kecemasan Atlet Futsal Siswa Ekstrakurikuler di SMK Tri Asyifa Cikampek. Jurnal Literasi Olahraga, 2(2), 119–125.
Riduwan. (2016). Dasar-Dasar Statistika (14th ed.; Iswarta Prana Dwijaya, ed.). Bandung: Alfabeta.
Rohmansyah, N. A. (2017). pengertian tentang teori Kecemasan. Jurnal Ilmiah PENJAS, 3(1), 44–60. Retrieved from http://202.91.10.29/index.php/JIP/article/view/541/525
Saleh, M Sahib & Malita, S. S. (2020). Survei Minat Belajar Siswa dalam Mengikuti Pembelajaran Pendidikan Jasmani di SMPN 30 Makassar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Jasmani, 4(1), 55–62.
Saufi, M. (2013). P – 12 mengelola kecemasan siswa dalam pembelajaran matematika. (November), 978–979.
Syaiful, A. (2018). Pengaruh Tingkat Kesegaran Jasmani Minat Belajar dan Tingkat Kecemasan Terhadap Hasil Belajar Pendidikan Jasmani Siswa SMP Negeri 3 Bontomatene Kabupaten Kepulauan Selayer.
Tobergte, D. R., & Curtis, S. (2013). Kecemasan. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004
Trisna, R. E. (2016). Strategi Pembelajaran Pendidikan Jasmani (2nd ed.). Bandung: Alfabeta.
Yanti, S., Erlamsyah, E., & Zikra, Z. (2013). Hubungan antara Kecemasan dalam Belajar dengan Motivasi Belajar Siswa. Konselor, 2(1), 283–288. https://doi.org/10.24036/02013211242-0-00
Published
2022-02-25
How to Cite
Suhada, S., Gustiawati, R., & Abduloh, A. (2022). Analisis Kecemasan Siswa Dalam Pembelajaran Penjas Dari Rumah Di SMA/SMK Kecamatan Cibuaya. Jurnal Patriot, 3(4), 428-435. https://doi.org/10.24036/patriot.v3i4.814

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.