Analisis Tingkat Konsentrasi Anak Usia 11-13 Tahun Melalui Aktivitas Fisik Olahraga Renang

  • I Putu Agus Dharma Hita Universitas Triatma Mulya https://orcid.org/0000-0002-8360-6854
  • Doni Pranata Universitas Negeri Yogyakarta
  • Muahamad Efendi Universitas Negeri Yogyakarta
Keywords: Anak, Konsentrasi, Olahraga, Renang

Abstract

Konsentrasi merupakan salah satu faktor yang sangat penting dimiliki oleh setiap individu dalam melakukan aktivitas olahraga, melalui konsentrasi yang baik maka dapat menghasilkan prestasi yang optimal. konsentrasi memiliki makna ialah bagaimana tingkat kesadaran seseorang yang tertuju pada suatu objek pada waktu tertentu. Pada Penelitian berikut bermaksud untuk mengetahui tingkatan konsentrasi anak umur 11- 13 tahun terhadap olahraga renang. Penelitian ini ialah tergolong kedalam jenis penelitian survey dengan desain deskriptif kuantitatif. Penelitian berikut dilaksanakan pada bulan April tahun 2021. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah anggota club renang Cimahi Junior Swimming Club yang berusia 11-13 tahun yang berjumlah 15 orang. Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini yaitu total sampling yaitu sebanyak 15 orang. Instrumen penelitian ini menggunakan angket konsentrasi yang terdiri dari 30 pernyataan. Sebelum digunakan, terlebih dahulu angket tersebut dilakukan uji validitas serta uji reliabilitas menggunakan teknik cronbach’s alpha dengan hasil bahwa angket sudah valid dan reliabel. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa rata-rata tingkat konsentrasi anak terhadap olahraga renang dalam kategori rendah dengan jumlah 8 orang (54%).

Downloads

Download data is not yet available.

References

Burhaein, E. (2017). Aktivitas fisik olahraga untuk pertumbuhan dan perkembangan siswa SD. Indonesian Journal of Primary Education, 1(1), 51–58.

Coe, D. P., Pivarnik, J. M., Womack, C. J., Reeves, M. J., & Malina, R. M. (2006). Effect of physical education and activity levels on academic achievement in children. Medicine and Science in Sports and Exercise, 38(8), 1515.

Ermona, N. D. N., & Wirjatmadi, B. (2018). Hubungan aktivitas fisik dan asupan gizi dengan status gizi lebih pada anak usia sekolah dasar di SDN Ketabang 1 Kota Surabaya tahun 2017. Amerta Nutrition, 2(1), 97–105.

Furqaani, A. R. (2017). Latihan fisik sebagai brain booster untuk anak. Golden Age: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1).

Gustian, U. (2016). Pentingnya Perhatian dan Konsentrasi dalam Menunjang Penampilan Atlet. Jurnal Performa Olahraga, 1(01), 89–102.

Haryanto, J., & Welis, W. (2019). Minat Berolahraga pada kelompok usia middle age. Jurnal Performa Olahraga, 4(2), 214–223.

Hasmarita, S., & Septiana, R. A. (2019). Hubungan kepercayaan diri dengan teknik dasar grab start. Journal of Physical and Outdoor Education, 1(1), 63–72. https://doi.org/10.37742/jpoe.v1i2.11

Hidayat, Y. (2009). Pengantar Psikologi Olahraga. Bandung: CV Bintang Warli Artika.

Hurlock, E. B. (1994). Perkembangan Anak; Jilid 1.

Manurung, M. P., & Simatupang, D. (2019). Meningkatkan Konsentrasi Anak Usia 5-6 Tahun Melalui Penggunaan Metode Bercerita di TK ST Theresia Binjai. Jurnal Usia Dini, 5(1), 58–75.

Mardliyah, A., Candrawati, S., & Nimalasari, D. (2015). Hubungan Renang dengan Konsentrasi pada Anak. Mandala of Health, 8(3), 608.

Nurcahyo, F. (2011). Kaitan antara obesitas dan aktivitas fisik. Medikora, 1.

Pranata, D., Hartati, H., Afrizal, A., & Victorian, A. R. (n.d.). Pengembangan Model Aplikasi Tes Fisik Cabang Olahraga Bola Voli Pada Pusat Pendidikan dan Latihan Pelajar Daerah (PPLPD) Kabupaten Musi Banyuasin. Journal Physical Education, Health and Recreation, 3(2), 105–111.

Sastrawan, I. M. A., & Griadhi, I. P. A. (2017). Hubungan Antara Kualitas Tidur dan Daya Konsentrasi Mahasiswa Program Studi Pendidikan Dokter Fakultas Kedokteran Universitas Udayana. E-Jurnal Medika, 6(8), 2–8.

Sholihin, A. D. (2015). Analisis Aktivitas Fisik Dan Aktivitas Belajar Pada Mahasiswa Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Semarang Dalam Memanfaatkan Waktu Luang. Journal of Sport Science and Fitness, 4(4), 34–37.

Siyoto, S., & Sodik, A. (2015). Dasar Metodologi Penelitian (Ayup (ed.)). Literasi Media Publishing.

Sriningsih, S. (n.d.). Keterampilan Renang Gaya Kupu-Kupu melalui Pendekatan Bermain dalam Pembelajaran Akuatik. Jurnal Pendidikan Jasmani Dan Olahraga, 2(2), 43–52.

Sudibyo, S. (2002). Psikologi Olahraga. Jakarta: Universitas Negeri Jakarta.

Sugiyono, D. (2010). Metode penelitian kuantitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Susanto. (2020). Pengaruh virus covid 19 terhadap bidang olahraga di indonesia. M
odos de Ver, 21(1), 1–9. https://doi.org/10.1016/j.solener.2019.02.027

Susanto, E. (2020). Manfaat Olahraga Renang Olahraga Renang Olahraga Renang Bagi Lanjut Usia Bagi Lanjut Usia. http://staff.uny.ac.id/sites/default/files/197807022002121004/2.%20Manfaat%20Olahraga%20Renang%20bagi%20Lanjut%20Usia,%20Jurnal%20MEDIKORA,%20Volume%20VI,%20Nomor%201,%20April%202010_0.pdf.

Tangkudung, J., & Mylsidayu, A. (2017). Mental Training Aspek-Aspek Psikologi dalam Olahraga. Bekasi: Cakrawala Cendikia.

Winarno. (2013). Metodologi Penelitian Dalam Pendidikan Jasmani (Issue January). UM Press.

Yazid, S., Kusmaedi, N., & Paramitha, S. T. (2016). Hubungan Konsentrasi Dengan Hasil Pukulan Jarak Jauh (Long Sroke) Pada Cabang Olahraga Woodball. Jurnal Terapan Ilmu Keolahragaan, 1(1), 50. https://doi.org/10.17509/jtikor.v1i1.3903

Zalni, R. I., Harahap, H., & Desfita, S. (2018). Usia Menarche Pada Anak Perempuan Berhubungan Dengan Status Gizi, Konsumsi Makanan Dan Aktivitas Fisik.
Published
2021-11-26
How to Cite
Agus Dharma Hita, I. P., Pranata, D., & Efendi, M. (2021). Analisis Tingkat Konsentrasi Anak Usia 11-13 Tahun Melalui Aktivitas Fisik Olahraga Renang. Jurnal Patriot, 3(4), 397-407. https://doi.org/10.24036/patriot.v3i4.809

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.