Meningkatkan Konsentrasi Atlet Sepak Bola melalui Metode Latihan Life Kinetik
Abstract
Konsentrasi merupakan salah satu aspek psikologis yang sangat diperlukan atlet, namun latihan psikologis masih jarang dilakukan dalam cabang olahraga sepak bola, sehingga sering kali atlet mengalami kesulitan terkait hal tersebut. Oleh sebab itu, dibutuhkan metode latihan psikologis yang tepat untuk membantu mengatasi masalah tersebut, salah satu metode latihan psikologis yang sedang ramai saat ini yaitu metode latihan life kinetik. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh yang signifikan metode latihan life kinetik terhadap peningkatan konsentrasi atlet sepak bola. Eksperimen selama 7 minggu dengan 13 sesi dilakukan dalam penelitian ini dengan desain penelitian pre and post training session. Atlet sepak bola Akademi Persib sebanyak 26 atlet putra dengan rata-rata usia latihan 5-6 tahun digunakan dalam penelitian ini. Instrumen penelitian yang digunakan adalah Concentration Grid Test (CGT) untuk mengukur konsentrasi atlet sebelum dan setelah diberikan treatment. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode latihan life kinetik yang diberikan memberikan pengaruh yang signifikan, sedangkan metode latihan konvensional yang diberikan tidak memberikan pengaruh yang signifikan terhadap peningkatan konsentrasi atlet sepak bola Akademi Persib. Penelitian ini memberikan kesimpulan bahwa metode latihan life kinetik dapat meningkatkan konsentrasi atlet sepak bola. Penulis menyarakan kepada praktisi sepak bola, baik itu pelatih maupun atlet untuk menggunakan metode latihan ini dalam proses pelatihan yang dijalani.
Downloads
References
Cancela, et al. (2015). Efficacy of Brain Gym Training on the Cognitive Performance and Fitness Level of Active Older Adults: A Preliminary Study. Journal of Aging and Physical Activity, 23, 653-658.
Datenschutz. (2020). Life Kinetik. [Online]. Diakses dari https://www.lifekinetik.de/infos/wissenschaftliche-referenzen/
Duda, H. (2015). Application of Life Kinetik in the Process of Teaching Technical Activities to Young Football Players. Journal of Kinesiology and Exercise Sciences, 71 (25), 53-63.
Harsono. (2017). Teori dan Metodologi Kepelatihan Olahraga. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Johann, et al. (2016). Effects of Motor-Cognitive Coordination Training and Cardiovascular Training on Motor Coordination and Cognitive Functions. Psychology of Sport and Exercise, 24, 118-127.
Kita, I. (2014). Physical Exercise Can Induce Brain Plasticity and Regulate Mental Function. Adv. Exerc. Sports Physiol, 20 (1), 1-7.
Komarudin. (2016). Psikologi Olahraga. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Komarudin. (2018). Life Kinetik dan Performa Psikologis. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Komarudin. (2018). Life Kinetic Training in Improving The Cognitive Functions. Advances in Health Science Research, 7, 107-110.
Komarudin. (2018). Peningkatan Motivasi Atlet melalui Pelatihan Brain Jogging pada Cabang Olahraga Beregu dan Perorangan. Jurnal Sosioteknologi , 17 (1), 21-29.
Komarudin & Awwaludin, P. N. (2018). Life Kinetik Training in Improving the Physical Condition of Football Athletes. Advances in Health Sciences Research, 11, 182-185.
Komarudin & Mulyana. (2017). The Effect of Brain Jogging Exercise Toward the Increase of Concentration and Learning Achievement. IOP Conference Series: Materials Science and Engineering, 180, 1-6.
Komarudin, et al. (2019). The Influence of Life Kinetic Training Method and Motor Educability on Improvement of Football Playing Performance. Advances in Health Sciences Research, 21, 276-279.
Moen. (2016). The Effects of Attention Training Techniques on Stress and Performance in Sport. International Journal of Applied Sport Sciences, 28 (2), 213–225.
Peker, et al. (2018). The Effect of Life Kinetic Trainings on Coordinative Abilities. Journal of International Multidisciplinary Academic Researches, 5 (3), 55-67.
Peker & Taskin. (2016). The Effect of Life Kinetik Trainings on Coordinative Abilities. 27th International Academic Conference.
Roman-Liu, D. & Mockallo, Z. (2020). Effectiveness of Bimanual Coordination Tasks Performance in Improving Coordination Skills and Cognitive Functions in Elderly. PLoS ONE, 15 (3), 1-18.
Thomas, M. (2012). The Effect of Different Movement Exercises on Cognitive and Motor Abilities. Advances in Physical Education, 2 (4), 172-178.
Weinberg, R. S. & Gould, D. (2007). Foundations of Sport and Exercise Psychology. United States: Human Kinetics.