Analisis tingkat kepercayaan diri siswa pada pembelajaran Penjas di SD Negeri 82 Bengkulu Tengah

  • Yahya Eko Nopiyanto Universitas Bengkulu
  • Bayu Insanistyo Universitas Bengkulu
  • Septian Raibowo Universitas Bengkulu
  • Andika Prabowo Universitas Bengkulu
  • Mas’ullah Andriyani Universitas Bengkulu
  • Ibrahim Ibrahim Universitas Cendrawasih
Keywords: kepercayaan diri; siswa; penjas.

Abstract

Masalah: Kurangnya kemampuan siswa untuk mengekspresikan dirinya dalam melakukan berbagai tugas gerak dalam pembelajaran penjas.

Tujuan:Tujuan penelitian ini adalah menganalisis kepercayaan diri siswa dalam pembelajaran penjasorkes di SD Negeri 82 Bengkulu Tengah.

Metode:Deskriptif kuantitatif digunakan untuk mencapai tujuan penelitian. Sampel dalam penelitian ini adalah 25 siswa yang berasal dari kelas 4 dan 5. Instrumen yang digunakan berupa angket. Data dianalisis berdasarkan pada nilai rerata dan standar deviasi untuk menentukan kategori tingkat kepercayaan diri.

Hasil:Hasil analisis menunjukkan bahwa 1 siswa memiliki kepercayaan diri rendah, 4 siswa memiliki kepercayaan diri sedang, 15 siswa memiliki kepercayaan diri tinggi, dan 5 siswa memiliki kepercayaan diri sangat tinggi.

Kesimpulan:Berdasarkan analisis data dapat disimpulkan bahwa siswa SD Negeri 82 Bengkulu Tengah memiliki kepercayaan diri yang tinggi untuk mengikuti kegiatan pembelajaran penjas. Penelitian ini memiliki keterbatasan karena tidak mendeskripsikan faktor-faktor yang mempengaruhi kepercayaan diri siswa untuk mengikuti pembelajaran penjas. Hasil penelitian ini memperluas informasi khususnya pada kepercayaan diri siswa untuk mengikuti kelas penjas. 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Akbari, O., & Sahibzada, J. (2020). Students’ Self-Confidence and Its Impacts on Their Learning Process. American International Journal of Social Science Research, 5(1), 1–15. https://doi.org/10.46281/aijssr.v5i1.462
Amalia, R. U. (2017). Pengaruh Layanan Penguasaan Konten Teknik Mind Mapping Terhadap Aktivitas Belajar Siswa. Indonesian Journal of Guidance and Counseling, 6(1), 41–48.
Ameliah, I., & Munawaroh, M. (2016). Pengaruh Keingintahuan Dan Rasa Percaya Diri Siswa Terhadap Hasil Belajar Matematika Kelas VII MTs Negeri I Kota Cirebon. Eduma : Mathematics Education Learning and Teaching, 5(1), 9–21. https://doi.org/10.24235/eduma.v5i1.598
Ayiriga, L., Haryanto, S., & Mulyoto, M. (2021). Implementasi pembelajaran ekstrakurikuler bola basket di SMA Santo Mikael Sleman, Yogyakarta. Wiyata Dharma: Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan, 9(2), 96–106. https://doi.org/10.30738/wd.v9i2.12173
Aziz, A., & Basry, B. (2017). Hubungan antara Kompetensi Guru dan Kepercayaan Diri dengan Kemandirian Siswa SMPN 2 Pangkalan Susu. Jurnal Psychomutiara, 1(1), 15–29. http://e-journal.sari-mutiara.ac.id/index.php/Psikologi/article/view/130/148
Barber, W., Walters, W., Chartier, P., & Temertzoglou, C. (2022). Examining self-Confidence and self-Perceived competence in Canadian pre-service teachers (PSTs): the role of biographies in physical education teacher education (PETE). Sport, Education and Society, 27(3), 347–360. https://doi.org/10.1080/13573322.2020.1844649
Gunawan, I. M., Endriani, A., & Malina, R. (2019). Pengaruh Konseling Behavioristik Terhadap Sikap Keuletan pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 3 Batukliang Utara. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian Dan Kajian Kepustakaan Di Bidang Pendidikan, Pengajaran Dan Pembelajaran, 5(1), 21. https://doi.org/10.33394/jk.v5i1.1389
Hasmara, P. S. (2022). Hubungan Emotional Quotient (EQ) dengan Hasil Belajar PJOK Siswa Kelas Atas SDN Bakalan Gondang Mojokerto. Corner: Jurnal Pendidikan Jasmani Dan Olahraga, 2(2), 34–43. https://doi.org/10.36379/corner.v2i2.235
Hasmayni, B. (2014). Hubungan antara Kepercayaan Diri dengan Penyesuaian Diri Remaja. Jurnal Analitika, 6(2), 98–104. http://ojs.uma.ac.id/index.php/analitika/article/view/850
Krisno, K., Gustiawati, R., & Iqbal, R. (2021). Tingkat Kepercayaan Diri Siswa dalam Pembelajaran Penjas Di SMP Asrama Al Fath Kota Bekasi. Jurnal Literasi Olahraga, 1(2), 131–140. https://doi.org/10.35706/jlo.v1i2.3893
Masrun, M. (2021). Kompetensi Profesional dan Sosial Sebagai Prediktor Literasi pada Kinerja Guru Pendidikan Jasmani. Jurnal Patriot, 3(4), 419-427. https://doi.org/10.24036/patriot.v3i4.826
McGrane, B., Belton, S. J., Powell, D., Woods, C. B., & Issartel, J. (2016). Physical self-confidence levels of adolescents: Scale reliability and validity. Journal of Science and Medicine in Sport, 19(7), 563–567. https://doi.org/10.1016/j.jsams.2015.07.004
Miftah, F. E. (2019). Hubungan antara Dukungan Sosial Orang Tua dengan Kesadaran Diri pada Siswa Smpn 8 Banjarmasin 8 Banjarmasin. Jurnal Kognisia, 2(1), 61–65. http://ppjp.ulm.ac.id/journals/index.php/kog/article/view/1609
Mirhan, J. B. K. J. (2016). Hubungan antara percaya diri dan kerja keras dalam olahraga dan keterampilan hidup. Jorpres (Jurnal Olahraga Prestasi), 12(1).
Mulya, G., & Agustryani, R. (2020). Hubungan Antara Tingkat Kepercayaan Diri Dengan Prestasi Belajar Pendidikan Jasmani. Gladi : Jurnal Ilmu Keolahragaan, 11(01), 60–67. https://doi.org/10.21009/gjik.111.05
Nopiyanto, Y. E., & Pujianto, D. (2021). Buku ajar penelitian penjas dan olahraga. UNIB Press.
Nopiyanto, Y. E., & Raibowo, S. (2019). Filsafat Pendidikan Jasmani & Olahraga. El Markazi.
Nopiyanto, Y. E., Raibowo, S., Prabowo, A., Ilahi, B. R., & Widodo, L. (2022). Pengaruh Latihan Imagery terhadap Kepercayaan Diri Atlet. Jurnal Patriot, 4(1), 48-57. https://doi.org/10.24036/patriot.v4i1.834
Purnamasari, I., & Novian, G. (2021). Tingkat Kepercayaan Diri dan Kecemasan Atlet PPLP Jawa Barat selama Menjalani Training From Home (TFH) pada Masa Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB). Jurnal Patriot, 3(2), 203–213. https://doi.org/10.24036/patriot.v3i2.784
Purnomo, E., Marheni, E., Soniawan, V., Adnan, A., & Indrawati, F. (2021). Pengaruh Manajemen Stres dan Kepercayaan Diri terhadap Peningkatan Prestasi Olahraga. Jurnal Patriot, 3(4), 452–461. http://patriot.ppj.unp.ac.id/index.php/patriot
Rasimin, R., & Sarman, F. (2023). Hubungan Kepercayaan Diri dengan Motivasi Belajar Intrinsik Siswa di SMAN 6 Kota Jambi. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(1), 347-352.
Reza, E. A., Syafei, M. M., & Achmad, I. Z. (2021). Tingkat Rasa Percaya Diri Siswa pada Pembelajaran Senam Lantai. Gelanggang Olahraga: Jurnal Pendidikan Jasmani Dan Olahraga (JPJO), 4(2), 142–149. https://doi.org/10.31539/jpjo.v4i2.1832
Simorangkir, N. R., Menanti, A., & Aziz, A. (2014). Kontribusi komunikasi persuasif guru terhadap kepercayaan diri dan motivasi belajar. Analitika: Jurnal Magister Psikologi UMA, 6(2), 68-76.
Solihin, A. O. (2015). Pengaruh Metode Permainan Menggunakan Parasut dalam Pembelajaran Penjas terhadap Peningkatan Kepercayaan Diri Siswa Tunarungu. Jurnal Olahraga, 1(2), 74–80. https://doi.org/10.37742/jo.v1i2.48
Solina, W., Erlamsyah, E., & Syahniar, S. (2013). Hubungan Antara Perlakuan Orangtua Dengan Motivasi Belajar Siswa Disekolah. Konselor, 2(1), 289–294. https://doi.org/10.24036/02013211247-0-00
Sparks, C., Dimmock, J., Whipp, P., Lonsdale, C., & Jackson, B. (2015). “Getting connected”: High school physical education teacher behaviors that facilitate students’ relatedness support perceptions. Sport, Exercise, and Performance Psychology, 4(3), 219–236. https://doi.org/10.1037/spy0000039
Stiadi, D., Ma'mun, A., & Juliantine, T. (2020). The Effect of Cooperative Learning Intentionally Structuring Model on Self-Disclosure and Self-Awareness in Physical Education Learning at School. Jurnal Pendidikan Jasmani dan Olahraga, 5(1), 22-28.
Triningtyas, D. A. (2016). Studi Kasus Tentang Rasa Percaya Diri, Faktor Penyebabnya Dan Upaya Memperbaiki Dengan Menggunakan Konseling Individual. Counsellia: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 3(1). https://doi.org/10.25273/counsellia.v3i1.239
Wagiran. (2015). Metodologi Penelitian Pendidikan: Teori dan Implementasi. Yogyakarta.
Published
2023-09-01
How to Cite
Nopiyanto, Y., Insanistyo, B., Raibowo, S., Prabowo, A., Andriyani, M., & Ibrahim, I. (2023). Analisis tingkat kepercayaan diri siswa pada pembelajaran Penjas di SD Negeri 82 Bengkulu Tengah. Jurnal Patriot, 5(3), 165-173. https://doi.org/10.24036/patriot.v5i3.962

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.