Effect of Small Sided Game Exercises on Passing Skills of Students of SMAN 4 Sumbar

  • Yongki Gusti
  • Alex Aldha Yudi
Keywords: Small Sided Game Exercise, Passing Skills

Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk melihat apakah ada pengaruh latihan small sided game terhadap keterampilan passing siswa SMAN 4 Sumbar. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu yang dilakukan dilapangan PPLP Sumbar,. Sungai Sapiah, Kota Padang dimulai dari tanggal  15 Maret sampai  22 April 2019. Populasi dalam penelitian ini adalah Siswa SMAN 4 Sumbar yang berjumlah 21 orang. Pengambilan sampel menggunakan teknik total sampling dengan jumlah sampel 21 orang U-17. Pengambilan data  dilakukan dengan Test Short Pass. Tes terdiri dari pre-test terlebih dahulu, selanjutnya diberi perlakuan 16 kali pertemuan dengan menggunakan latihan small sided game dan di akhiri dengan post test. Analisis data dan pengujian hipotesis penelitian menggunakan uji-t dengan taraf signifikan α = 0.05. Dari hasil analisis data diperoleh nilai thitung = 3,25 dan ttabel = 2.110. Dengan demikian (thitung = 3,25 > ttabel = 2.110) maka hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini diterima yaitu terdapat pengaruh latihan small sided game terhadap keterampilan passing Siswa SMAN 4 Sumbar.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2019-07-09
How to Cite
Gusti, Y., & Yudi, A. (2019). Effect of Small Sided Game Exercises on Passing Skills of Students of SMAN 4 Sumbar. Jurnal Patriot, 1(1), 83-88. https://doi.org/10.24036/patriot.v1i1.92

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.