Perbedaan Pengaruh Metode Bentuk Latihan dan Bermain Terhadap Peningkatan Kelincahan Atlet Pelatihan Tenis Lapangan UNP

  • Fahrul Azmi FIK UNP
  • Muhammad Ridwan

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat perbedaan pengaruh metode latihan dan bermaian tersebut dalam meningkatkan kelincahan ATLET PTL UNP, dan membandingkan kedua metoda latihan tersebut.  Penelitian ini merupakan eksperimen semu. Populasi dalam penelitian ini atlet PTL UNP 26 orang. Sampel menggunakan teknik Purposive Sampling berjumlah 18 orang putera. Data diolah dengan menggunakan prosedur statistic deskriptif dan inferensial dengan menggunakan rumus uji-t. Hasil pengolahan data dalam penelitian ini adalah 1) rata-rata (8,46) menjadi (7,90), artinya penerapan metode bentuk latihan dapat meningkatkan kelincahan, 2) rata-rata (9,28) menjadi (9,04), artinya penerapan metode bentuk bermain dapat meningkatkan kelincahan, 3) terdapat perbedaan pengaruh dimana pada metoda bentuk latihan diperoleh peningkatan rata-rata sebesar (0,56) sedangkan metoda bentuk bermain sebesar (0,24) dan ditandai dengan diperoleh thitung (3,542) > ttabel (2,306), artinya penerapan metode bentuk latihan dan metode bentuk bermain dapat meningkatkan kelincahan, dimana metode bentuk latihan menunjukkan hasil yang lebih baik dalam meningkatkan kalincahan.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2018-09-20
How to Cite
Azmi, F., & Ridwan, M. (2018). Perbedaan Pengaruh Metode Bentuk Latihan dan Bermain Terhadap Peningkatan Kelincahan Atlet Pelatihan Tenis Lapangan UNP. Jurnal Patriot, 32-37. https://doi.org/10.24036/patriot.v0i0.9
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.