Faktor internal dan ekternal apakah berkaitan dengan minat siswa dalam pembelajaran bola voli?
Abstract
Masalah: Rendahnya minat belajar bola voli pada siswa merupakan permasalahan utama dalam penelitian ini.
Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap faktor-faktor yang berkaitan dengan minat siswa dalam belajar bola voli.
Metode: Dalam penelitian ini mengadaptasi jenis survey. 80 siswa yang menjadi sampel dalam penelitian ini berasal dari MAN 1 Kota Bekasi. Instrumen dalam penelitian ini menggunakan angket minat. Semua data hasil pengisian angket di analisis menggunakan MS. Excel 2013 untuk mencari frekuensi dan persentase dari setiap indikator minat.
Hasil: Temuan penelitian ini menunjukan bahwa indikator daya tarik sebanyak 48 siswa menyatakan sangat setuju, 23 siswa setuju, 5 siswa cukup setuju, 2 siswa kurang setuju dan 1 siswa tidak setuju dengan persentase 88%. Indikator perhatian sebanyak 26 siswa menyatakan sangat setuju, 40 siswa setuju, 9 siswa cukup setuju, 4 siswa kurang setuju dan 1 siswa tidak setuju dengan persentase 81%. Indikator partisipasi sebanyak 26 siswa menyatakan sangat setuju, 37 siswa setuju, 10 siswa cukup setuju, 5 siswa kurang setuju dan 2 siswa tidak setuju dengan persentase 80%. Indikator dukungan keluarga sebanyak 39 siswa menyatakan sangat setuju, 28 siswa setuju, 8 siswa cukup setuju, 3 siswa kurang setuju dan 2 siswa tidak setuju dengan persentase 84%. Indikator fasilitas sebanyak 50 siswa menyatakan sangat setuju, 25 siswa setuju, 4 siswa cukup setuju, 1 siswa kurang setuju dan 0 siswa tidak setuju dengan persentase 91%..
Kesimpulan: Kesimpulan dalam penelitian ini adalah bahwa faktor-faktor yang berkaitan erat dengan tingkat minat siswa dalam mengikuti proses pembelajaran bola voli yaitu factor internal dan ekternal yang meliputi daya tarik pembelajaran, perhatian/kosentrasi, partisipasi, dukungan keluarga dan fasilitas belajar
Downloads
References
Amaruddn, M. T., Setiawan, E., Kastrena, E., Amrulloh, A., Amalia, E. F., Pratama, A. K., & Rahadian, A. (2021). Mengeksplorasi Minat Siswa Penyandang Disabilitas Terhadap Aktivitas Fisik di masa Pandemi Covid-19. Jurnal Patriot, 3(4), 408–418. https://doi.org/10.24036/patriot.v3i4.820
Asmi, A., Neldi, H., & FIK-UNP, K. (2018). Meningkatkan Minat Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga Dan Kesehatan Melalui Metode Bermain Pada Kelas Viii-4 Sekolah Menengah Pertama Negeri 2 Batusangkar. Jurnal MensSana, 3(1), 33. https://doi.org/10.24036/jm.v3i1.64
Baidawi, T., & Maidarman. (2019). Minat Siswa Terhadap Pembelajaran Bolavoli. Jurnal Patriot, 42(4), 1. http://patriot.ppj.unp.ac.id/index.php/patriot/article/view/420/199
Br Tarigan, K. E., Wijaya, M. A., & Dartini, N. P. D. S. (2021). Minat Belajar Peserta Didik dalam Pembelajaran PJOK Secara Daring. Jurnal Ilmu Keolahragaan Undiksha, 9(3), 173. https://doi.org/10.23887/jiku.v9i3.39522
Dewi, R. P., & Sepriadi, S. (2021). Minat Siswa SMP Terhadap Pembelajaran PJOK Secara Daring Pada Masa New Normal. Physical Activity Journal, 2(2), 205. https://doi.org/10.20884/1.paju.2021.2.2.3988
Hendra, P. ., Martiani, & Sumantri, A. (2022). Minat Terhadap Pembelajaran Penjas Di Smp Negeri 25 Bengkulu Selatan. Educative Sportive - EduSport, 3(1), 21–26.
Imawati, V., & Maulana, A. (2021). Minat Belajar Siswa dalam Mengikuti Proses Pembelajaran PJOK. Patria Educational Journal, 1(1), 87–93.
Kahar, I. (2022). Pengaruh Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar Passing Sepak Bola Menggunakan Kaki Bagian Dalam. Jurnal MensSana, 7(1), 1–11.
Maulani, I., & Adnan, A. (2019). Minat Siswa Belajar Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan. Jurnal Patri, 1(3), 1077–1086.
Muliadi, M., Firdaus, F., & Adz Dzikru, A. U. S. (2022). Hubungan Dukungan Orang Tua dengan Motivasi Belajar Penjas Siswa Kelas Tinggi. JPPSD: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 2(3), 448. https://doi.org/10.26858/pjppsd.v2i3.34660
Nazirum, N., Gazali, N., & Fikri, M. (2019). Minat Siswa Terhadap Pembelajaran Pendidikan Jasmani Di Smp Ylpi Pekanbaru. Jurnal Penjakora, 6(2), 119–126. novianz@edu.uir.ac.id,
Nur, H. W., Nirwandi, N., & Asmi, A. (2018). Hubungan Sarana Prasarana Olahraga Terhadap Minat Siswa Dalam Pelaksanaan Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga Dan Kesehatan Di Sma N 1 Batipuah Kabupaten Tanah Datar. Jurnal MensSana, 3(2), 93. https://doi.org/10.24036/jm.v3i2.82
Ramadhan, S. F., Lesmana, H. S., Sin, T. H., & Denay, N. (2021). Minat Peserta Didik Kelas XI terhadap Proses Pembelajaran Renang. Jurnal Patriot, 3(3), 223–232. https://doi.org/10.24036/patriot.v3i3.736
Safitri, E., Usra, M., & Yusfi, H. (2022). Peran Guru Penjaskes dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa terhadap Pembelajaran PJOK. Jendela Olahraga, 7(1), 27–34. https://doi.org/10.26877/jo.v7i1.8835
Saleh, M. S., & Malinta, S. S. (2020). Survei Minat Belajar Siswa Dalam Mengikuti Pembelajaran Pendidikan Jasmani Di Smpn 30 Makassar. Kinestetik, 4(1), 55–62. https://doi.org/10.33369/jk.v4i1.10347
Simbolon, A. B., & Hendrawan, D. (2022). Pengaruh Minat Olahraga Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V Pada Mata Pelajaran Pendidikan Jasmani. Jurnal Dunia Pendidikan, 2(2), 28–32. https://doi.org/10.55081/jurdip.v2i2.628
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian (Bandung: Alfabeta, 2013). Metode Penelitian, 3(1), 4.
Suhesti, H., & Maidarman. (2020). Studi Minat Mahasiswa Program Studi Pendidikan Kepelatihan Olahraga Terhadap Senam Aerobik. Jurnal Patriot, 2(1), 278–290.
Yunitasari, R., & Hanifah, U. (2020). Pengaruh Pembelajaran Daring terhadap Minat Belajar Siswa pada Masa COVID 19. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(3), 232–243. https://doi.org/10.31004/edukatif.v2i3.142
Copyright (c) 2023 Jurnal Patriot
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.