Bagaimana Dampak Permainan Tradisional Pada Perkembangan Motorik Siswa: Systematic Literature Review

  • Siswanto Siswanto Universitas Negeri Malang
  • M E Winarno Universitas Negeri Malang
  • Sapto Adi Universitas Negeri Malang
  • Edi Setiawan Universitas Suryakancana http://orcid.org/0000-0001-7711-002X
Keywords: Permainan Tradisional, Motorik, Systematic Literature Review

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dampak permainan tradisional terhadap keterampilan motorik pada siswa sekolah dasar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu literatur review menggunakan 3 database yang terdiri dari Google Scholar, Eric, dan Sage Journal, pada tahap pengumpulan artikel, peneliti menyertakan kritetia inklusi dengan jenis artikel berupa research article, artikel yang telah terindeks scopus (Q1-Q4) dan sinta (S1-S4), terbitan artikel selama 5 tahun terakhir, dan sampel penelitian berupa sekolah dasar atau usia 6-12 tahun. Hasil analisis artikel yang telah dilakukan terdapat 16 artikel membahas tentang pengaruh permainan tradisional terhadap keterampilan motorik siswa sekolah dasar. Kesimpulan pada penelitian ini yaitu permainan tradisional memberikan pengaruh yang sangat signifikan terhadap perkembangan keterampilan motorik kasar dan keterampilan motorik halus siswa sekolah dasar. Panduan permainan tradisonal dikembangkan untuk pembelajaran motorik yang disesuaikan dengan standar tingkat pencapaian perkembangan siswa. Permainan tradisional merupakan salah satu jenis permainan yang dapat memberikan manfaat untuk perkembangan pertumbuhan siswa. Permainan tradisional mempunyai dampak yang erat dengan perkembangan intelektual, sosial, serta karakter siswa.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adi, B. S., Sudaryanti, S., & Muthmainah, M. (2020). Implementasi permainan tradisional dalam pembelajaran anak usia dini sebagai pembentuk karakter bangsa. Jurnal Pendidikan Anak, 9(1), 33–39. https://doi.org/10.21831/jpa.v9i1.31375
Altinkok, M. (2017). The Effect of Coordinated Teaching Method Practices on Some Motor Skills of 6? Year?Old Children. Eurasian Journal of Educational Research, 17(68), 49–61. https://doi.org/10.14689/ejer.2017.68.3

Amalia, E. F., Setiawan, E., Kastrena, E., Jumareng, H., Rahadian, A., Patah, I. A., & Gani, R. A. (2021). Physical education curriculum model: Can FEM and SEM create participation in physical activity and enjoyment? Journal Sport Area, 6(3), 286–295. https://doi.org/10.25299/sportarea.2021.vol6(3).6851
Anggita, G. M. (2019). Eksistensi Permainan Tradisional sebagai Warisan Budaya Bangsa. JOSSAE : Journal of Sport Science and Education, 3(2), 55. https://doi.org/10.26740/jossae.v3n2.p55-59
Anggraini, M. A., Karyanto, Y., & A.S, W. K. (2018). Pengaruh Permainan Tradisional Lompat Tali terhadap Perkembangan Motorik Kasar Anak Usia 5-6 Tahun. Journal of Early Childhood Care and Education, 1(1), 18. https://doi.org/10.26555/jecce.v1i1.60
Anung Probo. (2019). Pengaruh Permainan Tradisional Terhadap Perkembangan Motorik Anak. 2(2), 35–43.
Arifin, S. (2017). Peran Guru Pendidikan Jasmani Dalam Pembentukan Pendidikan Karakter Peserta Didik. Multilateral Jurnal Pendidikan Jasmani Dan Olahraga, 16(1). https://doi.org/10.20527/multilateral.v16i1.3666
Ariyanto, Triansyah, A., & Gustian, U. (2020). Penggunaan Permainan Tradisional Untuk Meningkatkan Keterampilan Gerak Fundamental Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia, 16(1), 78–91. https://journal.uny.ac.id/index.php/jpji/article/view/30785
Block, B. A., Haneishi, K., Zarco, E., & Prados Megías, E. (2021). Thirdspace Movement Concepts in Physical Education Teacher Education. Quest, 73(4), 323–341. https://doi.org/10.1080/00336297.2021.1957691
Corbin, C. B. (2021). Conceptual physical education: A course for the future. Journal of Sport and Health Science, 10(3), 308–322. https://doi.org/10.1016/j.jshs.2020.10.004
Fadilah, M., & Wibowo, R. (2021). Kontribusi Keterampilan Gerak Fundamental Terhadap Keterampilan Bermain Small-Sided Handball Games. Jurnal Pendidikan Jasmani Dan Olahraga, 3(1), 60. https://doi.org/10.17509/jpjo.v3i1.7667
Fajarwati, Y. E., & Nugrahanta, G. A. (2021). Buku Pedoman Permainan Tradisional untuk Menumbuhkan Karakter Empati Anak Usia 9-12 Tahun. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 4(3), 437. https://doi.org/10.23887/jippg.v4i3.41335
Farida, A. (2016). Farida A. Urgensi perkembangan motorik kasar pada perkembangan anak usia dini. RAUDHAH, IV(2).
Faridah, E. (2016). Mengajar Pendidikan Jasmani Melalui Permainan “Ide Kreatif Mengoptimalkan Aspek Pedagosis.” Jurnal Ilmu Keolahragaan, 15(2), 38–53.
Fitron, M., & Mu’arifin, M. (2022). Survei Tingkat Persepsi Siswa Terhadap Konsep Pendidikan Jasmani Di Sekolah Menengah Atas. Sport Science and Health, 2(5), 264–271. https://doi.org/10.17977/um062v2i52020p264-271
Gea-García, G. M., González-Gálvez, N., Espeso-García, A., Marcos-Pardo, P. J., González-Fernández, F. T., & Martínez-Aranda, L. M. (2020). Relationship Between the Practice of Physical Activity and Physical Fitness in Physical Education Students: The Integrated Regulation As a Mediating Variable. Frontiers in Psychology, 11(July), 1–14. https://doi.org/10.3389/fpsyg.2020.01910
Gümüşdağ, H. (2019). Effects of pre-school play on motor development in children. Universal Journal of Educational Research, 7(2), 580–587. https://doi.org/10.13189/ujer.2019.070231
Hadisaputra, M. ., Wismanadi, H., & Khamidi, A. (2018). Jurnal Mitra Pendidikan ( JMP Online). Jurnal Mitra Pendidikan, 2(1), 1257–1271. http://www.e-jurnalmitrapendidikan.com/index.php/e-jmp/article/view/623


Juliantine, T., Setiawan, E., Jumareng, H., Gani, R. A., & Asnaldi, A. (2022). Do Fundamental Movement Skills, Physical Activity And Enjoyment Among Inactive Student During The Covid-19 Era Improve After Exergame? Journal of Physical Education (Maringa), 33(2), e-3327. https://doi.org/10.4025/jphyseduc.v33i1.3327
Jumesam, & Hariadi, N. (2020). Pengembangan Model Pembelajaran Motorik Untuk Anak Sekolah Dasar. Jurnal Porkes, 3(2), 119–126. https://doi.org/10.29408/porkes.v3i2.2638
Karisman, V. A. (2018). Pengaruh Media Pembelajaran Edukatif Dalam Pembelajaran Pendidikan Jasmani Terhadap Keterampilan Motorik Dasar Siswa Sekolah Dasar. TEGAR: Journal of Teaching Physical Education in Elementary School, 2(1), 53. https://doi.org/10.17509/tegar.v2i1.10573
Kusmiati, A. M., & Sumarno, G. (2018). Pengaruh Permainan Tradisional terhadap Kemampuan Perseptual Motorik Anak di SDN Margawatu II Garut Kota. TEGAR: Journal of Teaching Physical Education in Elementary School, 1(2), 17. https://doi.org/10.17509/tegar.v1i2.11934
Kusnandar, K., Purnamasari, D. U., Nurcahyo, P. J., & Darjito, E. (2019). Pengaruh Permainan Tradisional Banyumas Gol-Golan Terhadap Tingkat Kebugaran Jasmani Siswa Sekolah Dasar Di Kabupaten Banyumas. Physical Activity Journal, 1(1), 18. https://doi.org/10.20884/1.paju.2019.1.1.1996
Kusumawati, O. (2017). Pengaruh Permainan Tradisional Terhadap Peningkatan Kemampuan Gerak Dasar Siswa Sekolah Dasar Kelas Bawah. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar, 4, 124–142.
Mujriah, Siswantoyo, Sukoco, P., Rosa, F. ., Susanto, E., & Setiawan, E. (2022). Traditional Sport Model To Improve Fundamental Movement Skills And Social Attitudes Of Students During Covid-19. Physical Education Theory and Methodology, 22(3), 309–315. https://doi.org/10.17309/tmfv.2022.3.02
Mukherjee, S., Ting Jamie, L. C., & Fong, L. H. (2017). Fundamental Motor Skill Proficiency of 6- to 9-Year-Old Singaporean Children. Perceptual and Motor Skills, 124(3), 584–600. https://doi.org/10.1177/0031512517703005
Munawaroh, H. (2017). Pengembangan Model Pembelajaran dengan Permainan Tradisional Engklek Sebagai Sarana Stimulasi Perkembangan Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(2), 86. https://doi.org/10.31004/obsesi.v1i2.19
Nemec, M., Adamcak, S., Michal, J., & Bartik, P. (2019). Opinions of teachers from the Central Slovak Region on teaching sports games at elementary schools. European Journal of Contemporary Education, 8(1), 157–166. https://doi.org/10.13187/ejced.2019.1.157
Nugraha, B. (2015). Pendidikan Jasmani Olahraga Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak, 4(1), 557–564. https://doi.org/10.21831/jpa.v4i1.12344
Ramdani, L. A., & Azizah, N. (2019). Permainan Outbound untuk Perkembangan Motorik Kasar Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 494. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i1.407
Ranti, S., Maidarman, Hermanzoni, & Mardela, R. (2020). Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga Dan Kesehatan. Jurnal Patriot, 2(4), 1019–1035.
Setiawan, E., Fatah, I. ., Juliantine, T., & Kastrena, E. (2020). Model-model Pembelajaran Dalam Pendidikan Jasmani. Cv. Alfabeta.
Sevik, M. (2020). How do games affect the writing skills of young EFL learners? Educational Research and Reviews, 15(4), 186–193. https://doi.org/10.5897/ERR2019.3879
Singh, P., Hoon, T. S., Md Nasir, A., Md Ramly, A., Md Rasid, S., & Meng, C. C. (2021). Card game as a pedagogical tool for numeracy skills development. International Journal of Evaluation and Research in Education, 10(2), 693–705. https://doi.org/10.11591/ijere.v10i2.20722
Sujarwo, & Widi, C. P. (2015). Kemampuan Motorik Kasar dan Halus Anak Usia 4-6 Tahun. Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia, 11(2), 96–100. https://journal.uny.ac.id/index.php/jpji/article/view/8185/6856
Syarif, A., & Subiyanto. (2021). Pengaruh Metode Multiple Intelligences Berbasis Aktivitas Jasmani Terhadap Kemampuan Motorik Siswa Kelas V Di Sekolah Dasar Se-Kec. Bandongan. Transformasi, 16(2), 277–280. https://doi.org/10.56357/jt.v16i2.229
Thangeda, A., Baratiseng, B., Mompati, T., Medina, R., & Suthers, D. D. (2016). Education for sustainability: Quality education is a necessity in modern day. How far do the educational institutions facilitate quality education? Computer-Supported Collaborative Learning Conference, CSCL, 7(2), 59–66. https://eric.ed.gov/?id=EJ1089752
Vukićević, S., Đorđević, M., Glumbić, N., Bogdanović, Z., & Đurić Jovičić, M. (2019). A Demonstration Project for the Utility of Kinect-Based Educational Games to Benefit Motor Skills of Children with ASD. Perceptual and Motor Skills, 126(6), 1117–1144. https://doi.org/10.1177/0031512519867521
Wardani, G. D., & Mahendra, A. (2017). Perbandingan Pengaruh Aktivitas Lompat Engklek Dengan Aktivitas Lompat Tali Terhadap Kemampuan Lompat Jauh. TEGAR: Journal of Teaching Physical Education in Elementary School, 1(1), 1. https://doi.org/10.17509/tegar.v1i1.8651
Zhang, M., Zhang, X., Zhang, Y., Wang, Z., Liu, W., & liu, H. (2022). Analysis on the Positive and Negative Effects of Science and Technology. Proceedings of the 2021 3rd International Conference on Economic Management and Cultural Industry (ICEMCI 2021), 203(Icemci), 1849–1852. https://doi.org/10.2991/assehr.k.211209.300
Zhou, Y., De Shao, W., & Wang, L. (2021). Effects of feedback on students’ motor skill learning in physical education: A systematic review. International Journal of Environmental Research and Public Health, 18(12). https://doi.org/10.3390/ijerph18126281
Published
2022-12-26
How to Cite
Siswanto, S., Winarno, M., Adi, S., & Setiawan, E. (2022). Bagaimana Dampak Permainan Tradisional Pada Perkembangan Motorik Siswa: Systematic Literature Review. Jurnal Patriot, 4(4), 364-379. https://doi.org/10.24036/patriot.v4i4.886

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.