Pengaruh Aktivitas Sosial Media Terhadap Kesadaran Brand dan Loyalitas Brand Olahraga
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan aktifitas sosial media terhadap kesadaran brand dan loyalitas brand. Metode penelitian menggunakan kuantitatif dengan pendekatan korelasional. Sampel diambil dengan non-probabilitas jenis snowball. Oleh karena itu diperoleh responden sebanyak 154, yang merupakan mahasiswa Jurusan Kepelatihan FIK UNP. Hasil penelitian menjelaskan bahwa terdapat sebuah hubungan antara aktifitas sosial media terhadap kesadaran brand dan loyalitas brand. Hasil penelitian ini memberikan sebuah implikasi penting untuk dijelaskan bahwa penggunaan sosial media merupakan pengaruh penting untuk meningkatkan kesadaran dan juga loyalitas seseorang terhadap brand. Penelitian ini hanya sebatas mengetahui hubungan fitas sosial media terhadap kesadaran brand dan loyalitas brand dengan menggunakan angket sebagai alat ukurnya. Sehingga sangat direkomendasikan untuk masa depan dapat dilakukan penelitian lebih mendalam seperti studi kasus untuk mengetahui dan memperdalam hasil temuan yang diperoleh.
Downloads
References
Akbar, I. R., Erlangga, H., Jasmani, J., Oktarini, R., & Yusuf, A. (2021). Pengaruh Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Sepatu Nike Pada Mahasiswa Universitas Pamulang. Jurnal Ilmiah PERKUSI, 1(1), 94–100. https://doi.org/10.32493/j.perkusi.v1i1.9986
Aris Munandar, Y. E. (2020). Identifikasi Brand Loyalty (Studi Pada Motor Honda Merek Mega Pro). International Journal Administration, Business & Organization, 1(1), 25–31. https://ijabo.a3i.or.id
Bìlgìn, Y. (2018). The Effect of Social Media Marketing Activities on Brand Awareness, Brand Image and Brand Loyalty. Business & Management Studies: An International Journal, 6(1), 128–148. https://doi.org/10.15295/bmij.v6i1.229
Brennan, B. S., Yiheng, L., & Song, H. (2020). Online Marketing And Electronic Commerce Integration: A Case Study Examining An International Wine Festival. The Journal of Internet Electronic Commerce Research, 20(2), 1–20. https://doi.org/10.37272/JIECR.2020.04.20.2.1
Chee, V. S. (2019). The Relationship of Service Quality , Customer Satisfaction , Customer Loyalty and Customer Retention in Telecommunication Industry : A Conceptual Framework. International Journal of Innovation and Business Strategy (IJIBS), 12(2), 27–35.
Choi, E., & Lee, K. C. (2019). Effect of Trust in Domain-Specific Information of Safety, Brand Loyalty, and Perceived Value for Cosmetics on Purchase Intentions in Mobile E-Commerce Context. Sustainability, 11(6257), 1–24. https://doi.org/doi:10.3390/su11226257
Dharmanto, A., & Rositasari, I. D. (2005). Implementasi Strategi Promosi Dan Digital Marketing Melalui Instagram Dalam Keputusan Pembelian Produk Sepatu Olahraga Saat Pandemi Covid 19 Di Ifootball Store Kota Bekasi. Conference on Economic and Business Innovation, 7(2), I–14. https://doi.org/10.1016/s1366-0071(05)00043-4
Ervina, & Kurniawati, M. (2022). Pengaruh citra merek dan kepercayaan merek terhadap loyalitas merek peralatan kebersihan rumah tangga merek X. Seri Seminar Nasional Ke-IV Universitas Tarumanagara, 703–708.
Fasha, H. F., & Madiawati, P. N. (2019). Pengaruh Brand Image, Kualitas Produk dan Harga Terhadap Loyalitas Konsumen melalui Kepuasan Konsumen sebagai Variabel Intervening Produk ZARA di Kota Bandung. E-Proceeding of Management, 6(2), 4060–4080.
Hatta, H., & Adrenanus, R. (2019). Pengaruh Influencer, Membership Program, dan Instagram Ads Terhadap Minat Pembelian Ulang Customer Brand Coach (Studi Kasus Coach, Plaza Senayan ). Journal of Entrepreneurship, Management, and Industry (JEMI), 2(2), 79–89. http://jurnal.bakrie.ac.id/index.php/JEMI/article/view/1892
Hatta, M., Hardiyono, B., & Widiyanti, M. (2020). Pengaruh Viral Marketing dan Word of Mouth terhadap Brand Image Aisan games 2018. Equator Journal of Management and Entrepreneurship, 08(02), 105–116. https://doi.org/10.29259/jmbt.v17i2.12264
Jung, J., & Mittal, V. (2020). Political Identity and the Consumer Journey : A Research Review. Journal of Retailing, 96(1), 55–73. https://doi.org/10.1016/j.jretai.2019.09.003
Juniantari, N. K. A., & Sulistyawati, E. (2019). Analisis Perbandingan Brand Equity Produk Olahraga Merek Nike Dengan Merek Adidas. E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana, 8(12), 7154–7176. https://doi.org/10.24843/ejmunud.2019.v08.i12.p13
Kalejahi, H. K., & Ramezani, M. (2019). Impact of social media on brand commitment: testing the mediation role of perceived value and brand image. Int. J. Business Environment, 10(3), 191–208. https://doi.org/10.1504/IJBE.2019.10019346
Kezia Sinta Sharon Ngongoloy, & Luschied, S. (2018). 30 Tahun Perayaan Nike Gandeng Atlet Kontroversial NFL # BoycottNike # JustBurnIt Menjadi Trend Di Sosial Media ( Analisis Krisis Komunikasi ). Conference on Dynamic Media, Communications, and Culture, 1, 151–164.
Khoiriyah, S., & Munandar, A. I. (2020). The Use of Online Social Media In Conducting Relationship Marketing On Tourist Decision to Visit (Case Study Tourism in the West Coast Regency of Lampung). Journal of Strategic and Global Studies, 3(1), 42–53. https://doi.org/10.7454/jsgs.v3i1.1027
Kim, B., & Jung, J. (2020). The effect of commercial sports center employees ’ empathy on job satisfaction , customer orientation , service quality , and organization loyalty. Korean Journal of Sport Science, 31(2), 230–244. https://doi.org/10.24985/kjss.2020.31.2.230
Liem, S. K., Hadi, I. P., & Yogatama, A. (2021). Strategi Organization-Public Relationship Manchester City dalam Akun Twitter @ ManCity. Jurnal E-Komunikasi, 09(2), 1–10. http://publication.petra.ac.id/index.php/ilmu-komunikasi/article/view/11475/10083
Mukminin, M. A., & Latifah, F. N. (2020). Pengaruh Citra Merek dan Kepercayaan Terdahap Loyalitas Nasabah Bank Syariah di Sidoarjo (The Influence of Brand Image and Trust on Sharia Bank Customer Loyalty in Sidoarjo). Perisai : Islamic Banking and Finance Journal, 4(1), 54–72. https://doi.org/10.21070/perisai.v4i1.525
Nasib, & Bashira. (2019). Pengaruh Brand Awareness dan Loyalitas Merek terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Yamaha Matic. Jurnal Manajemen Dan Keuangan, 8(1), 34–42.
Ni’mah, A., Robustin, T. P., & Hidayat, Z. (2019). Pengaruh Brand Image dan Brand Trust Terhadap Brand Loyalty Wardah Kosmetik Studi Kasus Pada Mahasiswi STIE Widya Gama. Progress Conference, 2, 549–556. http://proceedings.stiewidyagamalumajang.ac.id/index.php/progress
P, N. E. P., & Ferdinand, A. T. (2022). Pengaruh Social Media Advertising Dengan Brand Awareness Dan Internal Self-Congruity Sebagai Variabel Intervening Untuk Mengukur Customer Purchase Intention. Diponegoro Journal Of Management, 11(1), 1–14. https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/djom/index
Permatasari, D. N. C. (2022). Strategi Peningkatan Brand Awareness Dan Aktifitas Promosi Dalam Sport Event (Studi Kasus: Event Maybank Bali Marathon). Jurnal Kepariwisataan, 21(1), 1–18. https://doi.org/10.52352/jpar.v21i1.697
Poerdiarti, S., & Widodo, H. P. (2019). Strategi Branding Pacitan Paradise of Java dalam Membangun Sektor Pariwisata di Kabupaten Pacitan. Jurnal Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik, 8(1), 20–28. www.publikasi.unitri.ac.id
POTURAK, M., & Sumeja SOFTIĆ. (2019). Influence of Social Media Content on Consumer Purchase Intention: Mediation Effect of Brand Equity. Eurasian Journal of Business and Economics, 12(23), 17–43. https://doi.org/10.17015/ejbe.2019.023.02
Pratiwi, M., Arsyah, U. I., Rahma, R. L. G. A. A., & Aldi, F. (2019). Efektifitas Penerapan Customer Relationship Management (CRM) pada Toko Nil Maizar Sport Apparel. Jurnal BIT (Budi Luhur Information Technology), 16(2), 7–12. https://journal.budiluhur.ac.id/index.php/bit
Putri, G. S., & Amalia, A. M. C. (2020). Model Komunikasi Pemasaran Terpadu Sport Tourism di Kabupaten Malang. Expose: Jurnal Ilmu Komunikasi, 3(1), 1–20. https://doi.org/10.33021/exp.v3i1.968
Ramadhan, A. F., & Zuliestiana, D. A. (2019). Analisis Pemanfaatan Youtube Sebagai Social Media Marketing Go-Jek Dalam Mempengaruhi Minat Beli Dan Loyalitas Terhadap Brand. Jurnal Mitra Manajemen, 3(5), 628–637. https://doi.org/10.52160/ejmm.v3i5.238
Ridwan, A., & Listiani, E. (2020). Hubungan Brand Image dengan Loyalitas Pelanggan di Kota Bandung. Prosiding Manajemen Komunikasi, 6(1), 92–97.
Saputra, I. K. A., & Widagda K, I. G. N. J. A. (2020). Brand Image, Product Knowledge, Dan Electronic Word of Mouth Berpengaruh Terhadap Purchase Intention. E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana, 9(3), 1129–1148. https://doi.org/10.24843/ejmunud.2020.v09.i03.p16
Savitri, J. D., & Wibisono, D. (2022). Analisis Iklan Di Sosial Media Dan Komunikasi Word Of Mouth Terhadap Brand Image ( Studi Kasus Pada Monokrom Store Yogyakarta ). Perspektif: Jurnal Ekonomi & Manajemen Universitas Bina Sarana Informatika, 20(2), 137–141. https://doi.org/https://doi.org/10.31294/jp.v17i2
Scheidt, S., Gelhard, C., & Henseler, J. (2020). Old Practice , but Young Research Field : A Systematic Bibliographic Review of Personal Branding. Frontiers in Psychology, 11(1809), 1–18. https://doi.org/10.3389/fpsyg.2020.01809
Shuailah, A. S., Soewardikoen, D. W., & Lukito, W. (2022). Perancangan Brand Identity Dan Media Promosi Tim Sepakbola Psb Bogor Design Of Brand Identity And Promotional Media For Psb Bogor Football Team. E-Proceeding of Art & Design, 9(3), 1516–1544.
Steven, & Purwianti, L. (2022). Analisis Pengaruh Aktivitias Media Sosial Terhadap Niat Membeli Dengan Mediasi Citra Merek. Jurnal Wawasan Manajemen, 10(2), 96–106. https://doi.org/10.20527/jwm.v10i2.204
Susanti, F., & Saputra, D. (2020). Pengaruh Country Of Origin, Brand Image dan Desain Produk Terhadap Keputusan Pembelian Sepatu Olahraga Merek Nike Pada Siswa/I SMKN 1 Painan. Jurnal Valuasi: Jurnal Ilmiah Ilmu Manajemen Dan Kewirausahaan, 2(2), 1318–1331. https://doi.org/10.46306/vls.v2i2.161
Tayuyung, A. C., Lapian, S. L. H. V. J., & Tielung, M. V. J. (2021). Analisis Perbandingan Di Ekuitas Merek Antara Promosi Penjualan Dan Pemasaran Media Sosial Terhadap Perlengkapan Olahraga Di Manado. Jurnal EMBA, 9(4), 428–435.
Tresnawati, Y. (2021). Aktivitas Branding Cinema XXI Melalui Media Sosial Instagram di Masa Pandemi. Jurnal Spektrum Komunikasi, 9(1), 105–116. https://doi.org/10.37826/spektrum.v9i1.161
Widaningsih, T. T., Santoso, B., & Fahmi, H. A. (2021). Representasi Nasionalisme sebagai Personal Branding Suporter Bulutangkis Haryanto di Media Sosial. Jurnal Ilmu Komunikasi, 19(1), 42. https://doi.org/10.31315/jik.v19i1.4568
Copyright (c) 2022 Jurnal Patriot
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.