Persepsi Siswa Terhadap Penggunaan Media Online Pada Pembelajaran PJOK Di Masa Pandemi Covid-19

  • Asilva Mutia Hernawati Universitas Singaperbangsa Karawang
Keywords: Persepsi; Pembelajaran PJOK; Media Online

Abstract

Pembelajaran PJOK di rumah membuat persepsi baru terhadap siswa, perbedaan persepsi dapat terbentuk juga dari pengalaman, kehidupan, daya tarik siswa itu dalam pembelajaran PJOK. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana persepsi siswa di SMPIT AL-Mustofa dengan menggunkaan pendekatan kuantitatif dan metode yang di gunakan adalah metode survey dan dikarnakan dalam penelitian ini teknik pengolahan data dengan observasi, dokumentasi dan angket/kuesioner. Dengan begitu peneliti menyebar angket/kuesioner kepada sampel sebanyak 24 butir pertanyaan akan dihitung menggunakan skala Likert. Menggunakan populasi 36 dan menggunakan total sampel. Total sampel artinya menggunakan seluruh populasi yang ada yaitu 36 dengan laki-laki 23 dan perempuan 16 di kelas VIII. Hasil dari penelitian ini yang di hitung menggunakan TCR ( Tingkat Capaian Responden ) menggunakan Microsoft Excel 2010 yang meliputi indikator hal-hal baru, proses belajar, kepribadian, kemampuan dan menyenangkan menunjukan bahwa persepsi siswa terhadap penggunaan media online pada pembelajaran PJOK di masa pandemi covid-19 untuk kelas VIII di SMPIT Al-Mustofa dengan prestasi pencapaian baik dan dengan kriteria (68,00%). 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ahmad Rifa’i, M. K. dan M. (2021) ‘Persepsi Guru PJOK Sekolah Dasar Terhadap Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi Covid-19 di Kecamatan Simpang Empat Kabupaten Tanah Bumbu’, 2(3), pp. 118–122.
Atsani, K. L. G. M. Z. (2020) ‘Transformasi Media Pembelajaran Pada Masa Pandemi Covid-19’, Jurnal Studi Islam, 1, pp. 82–93.
Cahyono, T. T., Resita, C. and Hidayat, A. S. (2021) ‘Penggunaan Media Pembelajaran dalam Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan di Masa Pandemi Covid-19’, Jurnal Patriot, 3(3), pp. 314–328. doi: 10.24036/patriot.v3i3.806.
Haryanto, H. Y. and Arif, S. (2021) ‘Persepsi Siswa Terhadap Pembelajaran Daring Mata Pelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan’, Journal of Physical Activity and Sports (JPAS), 2(2), pp. 1–6. doi: 10.53869/jpas.v2i2.131.
Hidayat, C., Mulya, G. and Agustryani, R. (2015) ‘Pengaruh Sertifikasi Terhadap Efektivitas Pembelajaran Guru PJOK Menurut Persepsi Siswa (Studi pada SMA Negeri di Kota Tasikmalaya)’, Jurnal Siliwiangi, 1(1), pp. 63–74.
Irawati, R. and Santaria, R. (2020) ‘Persepsi Siswa SMAN 1 Palopo Terhadap Pelaksanaan Pembelajaran Daring Mata Pelajaran Kimia’, Studi Guru dan Pembelajaran, 3(2),p.265.Availableat:https://doi.org/10.30605/jsgp.3.2.2020.286.
Isra, R. and Umar, U. (2018) ‘Persepsi Bahaya Merokok Terhadap Kesehatan’, Jurnal Patriot, pp. 240–246. doi: https://doi.org/10.24036/patriot.v0i0.38.
Juhanis, J. and Jaya, A. M. (2021) ‘Persepsi Pembelajaran Daring Guru PJOK di Masa Pandemi Covid-19 di SD Negeri se Kecamatan Manggala Kota Makassar’, Seminar Nasional LP2M UNM, pp. 2521–2529.
Kirom, A. (2017) ‘Peran Guru Dan Peserta Didik Dalam Proses Pembelajaran’, Al Murabbi, 3(1), pp. 69–80. doi: https://doi.org/10.35891/amb.v7i2.
Mastura & Rustan Santaria (2020) ‘Dampak Pandemi Covid-19 terhadap Proses Pengajaran bagi Guru dan Siswa (The Impact of the Covid-19 Pandemic on the Teaching Process for Teachers and Students)’, Jurnal Studi Guru dan Pembelajaran, 3(2), pp. 289–295. doi: doi.org/10.30605/jsgp.3.2.2020.293.
Melyza, A. and Aguss, R. M. (2021) ‘Persepsi Siswa Terhadap Proses Penerapan Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga Dan Kesehatan Pada Pandemi Covid-19’, Journal Of Physical Education, 2(1), pp. 8–16.
Muttaqin, M., Listyarini, I. and Agustini, F. (2020) ‘Pengaruh Pembelajaran Online Di Tengah Pandemi Covid-19 Terhadap Hasil Belajar Tema 9 Kelas V Sd Negeri Cempaka 01 Tegal’, pp. 2–6.
Nelius Harefa, S. (2020) ‘Persepsi Siswa terhadap Google Classroom sebagai LMS pada masa’, http://jurnalpendidikan.unisla.ac.id/index.php/SEAJ September, 2(2). doi: https://doi.org/10.30736/seaj.v2i2.270.
Pemdiansyah, Y., Gani, R. A. and Nasution, N. S. (2021) ‘Persepsi Siswa Kelas VIII Terhadap Pembelajaran Aktivitas akuatik’, Jurnal Penjakora, 8(1), p. 34. doi: 10.23887/penjakora.v8i1.31186.
Pratiwi, K. S. and Parwata, I. G. L. A. (2021) ‘Persepsi Peserta Didik Terhadap Pembelajaran Daring PJOK’, Jurnal Ilmu Keolahragaan Undiksha, 9(2), p. 121. doi: 10.23887/jiku.v9i2.37268.
Rahman, I., Gani, R. A. and Achmad, I. Z. (2020) ‘Persepsi siswa pada pembelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan tingkat sma’, pp. 144–154. doi: 10.31571/jpo.v9i2.1898.
Sahuri, M., Priatna, O. S. and Asmahasanah, S. (2022) ‘Pengaruh Media Pembelajaran Audio Visual Terhadap Hasil Belajar Online PAI di SDN Cijayanti 06’, 3(1), pp. 66–76.
Saputra, R. (2018) ‘Persepsi Siswa Tentang Keterampilan Mengajar Mahasiswa Program Pengalaman Lapangan Kependidikan FIK UNP dalam Proses Pembelajaran Penjas’, Jurnal Patriot, pp. 54–55. doi: https://doi.org/10.24036/patriot.v1i1.171.
Sembiring, A. B. and Oktavianti, R. (2021) ‘Persepsi Siswa SMA Selama Pembelajaran Daring Saat Pandemi Covid-19’, Koneksi, 5(1), p. 120. doi: 10.24912/kn.v5i1.10191.
Sugiyono (2014) Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: ALFABETA, CV.
Syariful Anam and Elya Umi Hanik (2020) ‘Problematika Kebijakkan Pendidikan di Tengah Pandemi dan Dampaknya Terhadap Proses Pembelajaran di Sekolah Dasar’, Jurnal Qiroah, 10(2), pp. 73–81. doi: 10.33511/qiroah.v10n2.73-81.
Turmuzi, M. et al. (2021) ‘Persepsi Guru Sekolah Menengah Pertama terhadap Penggunaan Aplikasi WhatsApp dalam Pembelajaran Online Selama Pandemi COVID-19’, Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(6), pp. 4847–4857. doi: 10.31004/edukatif.v3i6.1571.
Wahyu Nanda Eka Saputra, H. P. (2018) ‘Meningkatkan Percaya Diri Siswa melalui Teknik Cognitive Defusion’, Jurnal Kajian Bimbingan dan Konseling, 3(2), pp. 87–98. doi: 10.17977/um001v3i22018p087.
Published
2022-12-10
How to Cite
Hernawati, A. (2022). Persepsi Siswa Terhadap Penggunaan Media Online Pada Pembelajaran PJOK Di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Patriot, 4(4), 333-343. https://doi.org/10.24036/patriot.v4i4.881

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.