Pengembangan Aplikasi Articulate Storyline dalam Pembelajaran Sport Massage
Abstract
Metode konvensional dirasa sudah ketinggalan jaman karena peserta didik menjadi lebih pasif mendengarkan dan mencatat sehingga timbul rasa membosankan sehingga menerapkan teknologi dalam meningkatkan kemampuan peserta didik perlu dilakukan. Penelitian ini memiliki tujuan yaitu sebagai pengembangan media sport massage dengan dasar penerapan alur cerita pada mahasiswa PJKR FIK angkatan 2017, bagi mahasiswa sebagai subjek penelitian berguna untuk mempermudah proses pembelajaran dan pemahaman tentang materi sport massage. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan. Analisis para validator diperoleh dari persentase ahli media, ahli sport massage kemudian dengan menguji cobakan sekelompok kecil dengan nilai paling tinggi, diskusikan uji coba kelompok besar dan ahli pembelajaran. Sehingga dengan demikian dapat ditarik sebuah kesimpulan bahwa produk yang telah dibuat dinyatakan layak untuk digunakan.
Downloads
References
Amiruddin, M. fahmi, & Kurniawan, A. wibowo. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Terapi Massage Berbasis Aplikasi Articulate Storyline. Sport Sience and Health.
Aryani, Y., Masrul, M., & Evareny, L. (2015). Pengaruh Massage pada Punggung Terhadap Intensitas Nyeri Kala I Fase Laten Persalinan Normal Melalui Peningkatan Kadar Endorfin. Jurnal Kesehatan Andalas, 4(1), 70–77. https://doi.org/10.25077/jka.v4i1.193
Darnawati, Batia, L., Irawaty, & Salim. (2019). Pemberdayaan Guru Melalui Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif Dengan Aplikasi Articulate Storyline. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 8–16.
Dewi, putri kumala, & Budiana, N. (2018). Media Pembelajaran Bahasa (1st ed.). UB Press.
Faryadi, Q. (2017). pedoman mengajar efektif teori dan model pembelajaran. PT remaja rosdakarya.
Firdaus, R. I., Kurniawan, A. W., & Heynoek, F. P. (2020). Pengembangan Pembelajaran Kebugaran Jasmani Unsur Kelincahan Berbasis Multimedia Interaktif Di Sma Negeri 1 Turen. Gelanggang Pendidikan Jasmani Indonesia, 3(2), 130. https://doi.org/10.17977/um040v3i2p130-143
Hakim, L. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Pai Berbasis Augmented Reality. Lentera Pendidikan : Jurnal Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan, 21(1), 59–72. https://doi.org/10.24252/lp.2018v21n1i6
Hamid, M. abi, Ramadhani, R., Juliana, M., Safitri, M., Munsarif, M., Jamaludin, & Simarmata, J. (2020). Media Pembelajaran. yayasan kita menulis.
Hanief, yulingga nanda, Indra, ardhi mardiyanto, Junaidi, S., Burstiando, R., Zamawi, muhammad anis, & Warthadi, anugrah nur. (2019). Cara Cepat Kuasai Massage Kebugaran Jasmani Berbasis Aplikasi Android (1st ed.). Kasih Inovasi Mandiri.
Istiqlal, M. (2017). Pengembangan Multimedia Interaktif Dalam Pembelajaran Matematika. JIPMat, 2(1). https://doi.org/10.26877/jipmat.v2i1.1480
Jamun, Y. M. (2018). Dampak teknologi terhadap pendidikan. 10, 48–52.
Karwono, & Mularsih, H. (2018). Belajar dan pembelajaran serta pemanfaatan sumber belajar (2nd ed.). rajawali pers.
Kristiono, I. D., Dwiyogo, W. D., & Hariadi, I. (2019). Pembelajaran Ilmu Gizi Olahraga Berbasis Blended Learning pada Mahasiswa Pendidikan Jasmani ,. 235–241.
Kurniawan, A. wibowo, Wahyudi, U., & Tomi, A. (2019). Pelatihan terapi massage untuk karangtaruna desa sumbermanjing kulon kecamatan pagak kabupaten malang. 2(1).
lee, w. w., & owens, D. L. (2004). multimedia-based instructional design: computer-based training web-based training, distance broadcast training, perfomance-based solutions. Jhon wiley&sons.
Lestari, S. (2018). Peran Teknologi dalam Pendidikan di Era Globalisasi. Edureligia; Jurnal Pendidikan Agama Islam, 2(2), 94–100. https://doi.org/10.33650/edureligia.v2i2.459
Muclish, M. (2018). KTSP Pembelajaran Berbasis Kompetensi dan Konstektual. Jakarta:PT Bumi Aksara, 2(April), 29.
Mustaqim, I. (2016). Pemanfaatan Augmented Reality Sebagai Media Pembelajaran. Proceedings - 2016 IEEE Region 8 International Conference on Computational Technologies in Electrical and Electronics Engineering, SIBIRCON-2016, 13(2), 728–732. https://doi.org/10.1109/SIBIRCON.2010.5555154
Nasution, M. K. (2017). Penggunaan Metode Pembelajaran Dalam Peningkatan Hasil Belajar Siswa. 11(1), 9–16.
Oktaviani.J. (2018). Pengaruh Penggunaan Multimedia Interaktif Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa. Jurnal Pendidikan Matematikan & Matematika, 51(1), 51.
Pane, A., & Darwis Dasopang, M. (2017). Belajar Dan Pembelajaran. FITRAH:Jurnal Kajian Ilmu-Ilmu Keislaman, 3(2), 333. https://doi.org/10.24952/fitrah.v3i2.945
Permana, K. I. A. (2019). PENGEMBANGAN MULTIMEDIA BERBASIS ANDROID DALAM PEMAHAMAN PENCEGAHAN PENANGANAN.
Pratama, R. A. (2018). Media Pembelajaran Berbasis Articulate Storyline 2 pada Materi Menggambar Grafis Fungsi Di SMP PATRA DHARMA 2. Dimensi, 7(1), 19–35.
Rahman, Z., Kurniawan, ari wibowo, & Heynoek, febrita paulnia. (2020). Pengembangan Pembelajaran Kebugaran Jasmani Unsur Kecepatan Berbasis Multimedia Interaktif. 2(5), 254–263.
Rohani. (2019). Diktat Media Pembelajaran. Fakultas ilmu tarbiyah dan keguruan universitas islam negeri sumatera barat.
Sugiarto, T., Kurniawan, A. W., & Sugiyanto, S. (2020). Efektivitas Pembelajaran Sport Massase Berbasis Multimedia Interaktif Untuk Mahasiswa Pendidikan Jasmani, Kesehatan Dan Rekreasi. Gelanggang Pendidikan Jasmani Indonesia, 4(1), 36. https://doi.org/10.17977/um040v4i1p35-43
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan. Alfabeta.
Sulistyorini, & Basoeki, H. (2013). Sport massage. wineka media.
Widayat, W., Kasmui, & Sukaesih, S. (2014). PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF SEBAGAI MEDIA. 3(2), 535–541.
Yaumi, M. (2018). Media & teknologi Pembelajaran. Prenadamedia Group.
Copyright (c) 2022 Jurnal Patriot
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.