Gaya Mengajar Inklusi untuk Meningkatkan Hasil Belajar Gerak Spesifik Servis Bawah Bola Voli Siswa Kelas VII

  • Ferawati Ferawati universitas lambung mangkurat
  • Mashud Mashud Universitas Lambung Mangkurat
  • Herita Warni Universitas Lambung Mangkurat
Keywords: Gaya mengajar inklus, servis bawah, bolavoli

Abstract

Penelitian ini bertujuan  meningkatkan dan memperbaiki keterampilan servis bawah bolavoli menggunakan gaya mengajar inklusi. Metode pada penelitian ini menggunakan metode Action Research classroom atau disebut juga penelitian tindakan kelas. Rancangan penelitian mengunakan model model Kurt Lewin yang terdiri dari empat tahapan yaitu, perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil dari penelitian menunjukkan ada peningkatan dalam hasil pembelajaran servis bawah bolavoli dengan menggunakan gaya mengajar inklusi. Subyek penelitian peserta didik kelas VII SMP Negeri 3 Danau Panggang berjumlah 27 peserta didik yang terdiri dari 10 laki-laki dan 17 perempuan. Berdasarkan analisis data menunjukkan hasil pembelajaran servis bawah bolavoli siklus I yaitu 44,44% (12 peserta didik) selanjutnya pada siklus II terlihat peningkatan sebesar 81.48% (22 peserta didik) dinyatakan telah  tuntas. Capaian hasil belajar peserta didik saat pembelajaran servis bawah bolavoli secara menyeluruh disiklus I 0 ≤ KKM < 75 dikatakan capaian belajar belum tuntas, kemudian terjadi peningkatan disiklus II mencapai 75 ≥ KKM ≤ 100 capaian belajar dikatakan tuntas belajar, maka capaian hasil keterampilan yang terjadi disiklus II meningkat 62.96% dan penuruan 11.12%. Hasil dari analisis capaian belajar terlihat tuntas hasil belajar servis bawah bolavoli menggunakan gaya mengajar inklusi dari siklus I ke siklus II meningkat belajar baik individual maupun secara keseluruhan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Andibowo, T. (2016). Penggunaan Gaya Mengajar Inklusi Untuk Pembelajaran Shooting Dan Passing Sepakbola Untuk Anak Usia Dini. August, 1–9.
Helmi, B., & Aditya, R. (2017). Penerapan Gaya Mengajar Inklusi Menggunakan Media Yang Dimodifikasi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Tolak Peluru. 5, 1–12. https://doi.org/https://doi.org/10.55081/jsbg.v5i1.453
Hidayat, C. (2008). Vol. 6, No. 1 Agustus 2008. Educare Jurnal Pendidikan Dan Budaya, 6(1), 85–94. https://jurnal.fkip.unla.ac.id/index.php/educare/article/view/73
Idris. (2015). Meningkatkan Keterampilan Bolavoli Mahasiswa Penjas Dengan Metode Latihan. Journal of Physical Education Health and Sport, 2(1), 1–10.
La Kamadi. (2020). Kontribusi Kondisi Fisik Terhadap Kemampuan Servis Bawah Dalam Permainan Bolavoli. Journal Coaching Education Sports, 1(2), 151–160. https://doi.org/10.31599/jces.v1i2.369
Mosston, M., & Ashworth, S. (2008). Teaching physical education. In M. P. D. Goldberger (Ed.), Teaching Physical Education (pp. 1–378). https://doi.org/10.4324/9781315780351
Pambudi, Iqbal, M., Winarno, E, M., & Dwiyogo, Djoko, W. (2019). Pelaksanaan Pembelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 4, 110–116. https://doi.org/10.17977/jptpp.v5i3.13303
Permendikbud. (2018). Permendikbud RI Nomor 37 tahun 2018. JDIH Kemendikbud, 2025, 1–527.
Riko, E., Muhammad, S., & Wawan, S. (2021). Hubungan Kekuatan Otot Lengan dan Koordinasi Mata-Tangan Dengan Kemampuan Servis Bawah Bola Voli Siswa. Jurnal Pendidikan Jasmani Dan Olahraga, 5, 9–21. https://doi.org/10.31539/jpjo.v5i1.2850
Rohman, U., & Wibowo, S. (2018). Upaya Memperbaiki Hasil Belajar Servis Forehand Tinggi Dalam Pembelajaran Bulu Tangkis Dengan penerapan Gaya Mengajar Inklusi Pada Siswa Kelas Ix Smp Negeri 22 Surabaya Tahun Pelajaran 2018-2019. Jurnal Pendidikan Jasmani Dan Olahraga, 17(2), 111–117. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.20527/multilateral.v17i2.5717
Sanjaya, W. (2009). Penelitian Tindakan Kelas. In Penelitian Tindakan Kelas (p. 143).
Sara, I. A. (2016). Penerapan pembelajaran servis atas bolavoli menggunakan gaya mengajar inklusi pada siswa kelas x di smk grafika pgri- pakis igit agus sara & mashud. Jurnal Multilateral, 15, 154–159.
Suryobroto, A. (2001). Penggunaan Gaya Mengajar Inklusi untuk Mengembangkan Demokratisasi Belajar dalam Pembelajaran Pendidikan Jasmani di Sekolah Dasar. Cakrawala Pendidikan, 4, 260–265.
Syaleh, M. (2017). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Servis Atas Bola Voli Melalui Media Pembelajaran Lempar Pukul Bola Kertas Pada Siswa Kelas Vii Smp. Jurnal Prestasi, 1(1), 23–30. https://doi.org/10.24114/jp.v1i1.6494
Syaruddin. (2016). Pengaruh Gaya Mengajar Latihan Dan Gaya Mengajar Komando Terhadap Keterampilan Passing Atas Bola Voli. Jurnal Pedagogik Keolahragaan, 02(01), 11–22. https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/jpor/article/view/4505
Utama, B. . A. . (2011). Pembentukan Karakter Anak Melalui Aktivitas Bermain Dalam Pendidikan Jasmani. Jurnal Pendidikan JAsmani Indonesia, 8(April), 9. https://doi.org/https://doi.org/10.21831/jpji.v8i1.3477
Wahyuningrum, S. (2020). Statistika Pendidikan (M. Wardi (ed.)). https://play.google.com/store/books/details?id=41HWDwAAQBAJ
Yudiana, Y. (2015). Implementasi Model Pendekatan Taktik dan Teknik dalam Pembelajaran Permainan Bola Voli pada Pendidikan Jasmani Siswa Sekolah Menengah Pertama. Kajian Pendidikan, 5(1), 95–114.
Yusuf, M. (2015). Upaya meningkatkan servis bawah bola voli dengan media bola plastik. Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa, 1(1), 35–40.
Zulkifli, Z., Yani, A., Kamarudin, Sasmarianto, Alficandra, & Henjilito, R. (2020). Pengaruh Dua Gaya Mengajar Mosston dan Dukungan Motor Ability Mahasiswa Terhadap Hasil Belajar Teknik Dasar Sepak Takraw. Journal Sport Area, 5(1), 51–64. https://doi.org/10.25299/sportarea.2020.vol5(1).4693
Published
2022-10-21
How to Cite
Ferawati, F., Mashud, M., & Warni, H. (2022). Gaya Mengajar Inklusi untuk Meningkatkan Hasil Belajar Gerak Spesifik Servis Bawah Bola Voli Siswa Kelas VII. Jurnal Patriot, 4(4), 273-286. https://doi.org/10.24036/patriot.v4i4.870

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.