Kesiapan Belajar Mahasiswa Penjas Pada Perkuliahan Tatap Muka Semester Genap 2021/2022

  • Yahya Eko Nopiyanto Universitas Bengkulu
  • Dian Pujianto Universitas Bengkulu
  • Septian Raibowo Universitas Bengkulu
  • Andika Prabowo Universitas Bengkulu
  • Ibrahim Ibrahim Universitas Cenderawasih
  • Alimuddin Alimuddin Universitas Negeri Padang
Keywords: kesiapan, belajar, penjas.

Abstract

Mengetahui tingkat kesiapan belajar mahasiswa penjas pada perkuliahan tatap muka semester genap 2021/2022 merupakan tujuan dalam penelitian ini. Untuk mencapai tujuan tersebut digunakan metode penelitian deskriptif kuantitatif. Penelitian ini melibatkan populasi sebanyak 128 mahasiswa. Total sampling untuk menentukan banyak sampel. Berdasarkan karakteristik tersebut diketahui sebanyak 128 mahasiswa ditetapkan sebagai sampel penelitian. Data diambil menggunakan angket yang terdiri dari 5 indikator yaitu: kesiapan fisik, kesiapan mental, kesiapan emosional, kebutuhan belajar, dan pengetahuan. Teknik analisis data menggunakan standar deviasi dan mean ideal untuk mengetahui tingkat kesiapan belajar mahasiswa. Hasil analisis data mendeskripsikan bahwa kesiapan belajar mahasiswa penjas pada aspek fisik sebesar 7,55 dengan kategori sangat tinggi; aspek mental sebesar 6,98 dengan kategori tinggi; aspek emosional sebesar 7,27 dengan kategori sangat tinggi; aspek kebutuhan belajar 6,88 dengan kategori tinggi, aspek pengetahuan sebesar 7,38 dengan kategori sangat tinggi. Disimpulkan bahwa kesiapan belajar mahasiswa penjas berada pada kategori sangat tinggi.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adawiyah, R., Isnaini, N. F., Hasanah, U., & Faridah, N. R. (2021). Kesiapan Pelaksanaan Pembelajaran Tatap Muka pada Era New Normal di MI At-Tanwir Bojonegoro. Jurnal Basicedu, 5(5), 3814–3821.
Alfiriani, A. (2017). Analisis Kebutuhan Belajar Mahasiswa Pada Mata Kuliah Strategi Pembelajaran TI. Pros. Seminar Pend. IPA Pascasarjana UM, 2, 1–12. http://pasca.um.ac.id/conferences/index.php/ipa2017/article/view/1034/704
Alhadi, S., & Nanda Eka Saputra, W. (2017). The Relationship between Learning Motivation and Learning Outcome of Junior High School Students in Yogyakarta. January 2017. https://doi.org/10.2991/yicemap-17.2017.23
Andini, N. (2021). Efektivitas Pembelajaran Daring Di Masa Pandemi Covid 19 Bagi Mahasiswa Stkip Ahlussunnah Bukittinggi. Jurnal Kepemimpinan Dan Pengurusan Sekolah, 6(2), 218–225. https://doi.org/10.34125/kp.v6i2.637
Anggresta, V. (2016). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Prestasi Universitas Negeri Padang. Economica, 4(1), 19–29.
Anggriana, T. M. (2015). Kreativitas Pengembangan Media Layanan Bk Ditinjau Dari Kesiapan Belajar Pada Mahasiswa Program Studi Bimbingan Dan Konseling Ikip Pgri Madiun. Counsellia: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 5(2), 59–71. https://doi.org/10.25273/counsellia.v5i2.452
Asmah, S. (2021). Hubungan Antara Kecerdasan Emosional Dan Kesiapan Belajar Dengan Hasil Belajar Biologi Kelas Xi Sma Negeri 8 Bulukumba. JUPE : Jurnal Pendidikan Mandala, 6(1), 40–48. https://doi.org/10.36312/jupe.v6i1.2338
Damayanthi, A. (2020). Efektivitas Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid 19 pada Perguruan Tinggi Keagamaan Katolik. JURNAL SOSIAL :Jurnal Penelitian Ilmu-Ilmu Sosial, 21(3), 53–56. http://sosial.unmermadiun.ac.id/index.php/sosial/article/view/61
Dewantara, J. A., & Nurgiansah, T. H. (2020). Efektivitas Pembelajaran Daring di Masa Pandemi COVID 19 Bagi Mahasiswa Universitas PGRI Yogyakarta. Jurnal Basicedu, 5(1), 367–375. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i1.669
Grandinetti, M. (2015). Predictors of Self-Directed Learning Readiness of Nursing Students. US-China Education Review A, 5(7), 443–456. https://doi.org/10.17265/2161-623X/2015.07.001
Hadiningrum, I. (2018). Analisis Kesiapan Belajar Mahasiswa dalam Mengikuti Mata Kuliah Pragmatics. Prosiding Seminar Nasional Dan Call for Papers, 14–15(November), 222–229. http://jurnal.lppm.unsoed.ac.id/ojs/index.php/Prosiding/article/view/644
Harmini, T. (2017). Pengaruh Kesiapan Belajar Terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa Pada Pembelajaran Kalkulus. M A T H L I N E : Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 2(2), 145–158. https://doi.org/10.31943/mathline.v2i2.42
Hulu, F. (2020). Pengaruh Kreativitas Belajar Dan Soft Skill Mahasiswa Terhadap Kesiapan Kerja Mahasiswa Pendidikan Bisnis 2016. Niagawan, 9(3), 263. https://doi.org/10.24114/niaga.v9i3.20327
Indrawati, N., & Nurmiati, N. (2017). Hubungan Kecerdasan Emosi Dengan Prestasi Belajar Pada Mata Kuliah Microteaching Mahasiswa Pendidikan Matematika Universitas Sulawesi Barat. MaPan, 5(2), 251–258. https://doi.org/10.24252/mapan.v5n2a7
Indrawati, I. (2018). Hubungan Kesiapan Belajar Dengan Prestasi Belajar Mata Kuliah Microteaching Mahasiswa Pendidikan Matematika Universitas Sulawesi Barat. Konselor, 1(1), 43–48. https://doi.org/10.24036/0201321729-0-00
Kumalasari, D., & Akmal, S. Z. (2020). Resiliensi akademik dan kepuasan belajar daring di masa pandemi COVID-19: Peran mediasi kesiapan belajar daring. Persona:Jurnal Psikologi Indonesia, 9(2), 353–368. https://doi.org/10.30996/persona.v9i2.4139
Mandasari, L., Rahmadhani, E., & Wahyuni, S. (2020). Efektivitas Perkuliahan Daring Pada Mata Kuliah Analisis Kompleks Selama Pandemi Covid 19. Jurnal As-Salam, 4(2), 269–283. https://doi.org/10.37249/as-salam.v4i2.205
Nurmayanti, N., & Ferdiansyah, H. (2021). Efektifitas Media Pembelajaran Daring di masa Pandemi Covid-19. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 5(1), 71–77. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v5i1.1123
Nopiyanto, Y. E., & Ibrahim. (2021). Tanggapan mahasiswa pendidikan jasmani terhadap pembelajaran online. Altius: Jurnal Ilmu Olahraga Dan Kesehatan, 10(2), 169–180.
Nurkamiden. (2021). Kebijakan Pendidikan Di Indonesia Era Pandemi Covid-19. Tadbir: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 9(2), 164–169. https://doi.org/10.51275/alim.v3i2.218
Putri, D. C. Y. (2021). Perkuliahan Daring di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal PTK Dan Pendidikan, 6(2), 57–60. https://doi.org/10.18592/ptk.v6i2.4151
Qorimah, E. N.,& Rahman, I. N. (2021). Pembelajaran Tatap Muka Pada Masa Pandemi Covid-19 Di Sd Muhammadiyah. Seminar Nasional Kependidikan, 136–141.
Ratnawati, D. (2016). Hubungan Prestasi Belajar, Persepsi Dunia Kerja, Dan Jiwa Kewirausahaan Dengan Kesiapan Kerja Mahasiswa Ptm. Dianna Ratnawati VANOS Journal Of Mechanical Engineering Education, 1(1), 12–22.
Sari, Y. I., & Trisnawati, N. (2021). Analisis Pengaruh E-Learning dan Kesiapan Belajar Terhadap Minat Belajar Melalui Motivasi Belajar Sebagai Variabel Intervening Mahasiswa Program Beasiswa FLATS di Surabaya pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian Dan Kajian Kepustakaan Di Bidang Pendidikan, Pengajaran Dan Pembelajaran, 7(2), 346. https://doi.org/10.33394/jk.v7i2.3736
Setiawan, A. (2019). Pengaruh Minat dan Lingkungan Belajar terhadap Kesiapan Belajar Dimediasi oleh Motivasi Belajar. Jurnal Psikologi, 6(2), 94–113.
Shavira, L. E., Phasa, L. I., Muchlishin, M., & Putranto, S. (2022). Analisis Kesiapan Belajar Matematika Siswa Secara Blended Learning Dalam Masa Transisi. Range: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(2), 174-180. https://doi.org/10.32938/jpm.v3i2.2016
Sirait, E. D. (2018). Pengaruh Gaya dan Kesiapan Belajar terhadap Pemahaman Konsep Matematika Siswa. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 7(3), 207–218. https://doi.org/10.30998/formatif.v7i3.2231
Sutamrin, S., & Khadijah, K. (2017). Pengaruh Kesiapan Belajar Mahasiswa Berdasarkan Pemilihan Jurusan Terhadap Hasil Belajar Matakuliah Kalkulus. Seminar Nasional LP2M UNM, 2(1), 112–115. https://scholar.google.com/citations?view_op=view_citation&hl=en&user=KS__h5sAAAAJ&pagesize=100&citation_for_view=KS__h5sAAAAJ:u-x6o8ySG0sC
Wibowo, G. V., Putro, K. Z., & Khotimah, I. A. Y. (2022). Pembelajaran Online Pada Mata Kuliah Sosial-Emosional Aud Bagi Mahasiswa Selama Pandemi Covid-19. Research And Development Journal of Education, 8(1), 25-34. http://dx.doi.org/10.30998/rdje.v8i1.10086
Yarmani, Y., Nopiyanto, Y. E., Raibowo, S., Pujianto, D., Saputro, D. P., & Dongoran, M. F. (2022). Academic Stress Levels of Physical Education Students in Attending Odd Semester Classes 2021/2022. Kinestetik: Jurnal Ilmiah Pendidikan Jasmani, 6(1), 23-31.
Published
2022-07-29
How to Cite
Nopiyanto, Y., Pujianto, D., Raibowo, S., Prabowo, A., Ibrahim, I., & Alimuddin, A. (2022). Kesiapan Belajar Mahasiswa Penjas Pada Perkuliahan Tatap Muka Semester Genap 2021/2022. Jurnal Patriot, 4(3), 217-224. https://doi.org/10.24036/patriot.v4i3.862

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.