Desain Video Pembelajaran Blended Learning Mata Kuliah

  • Weny Sasmitha Universitas Negeri Padang
Keywords: Video Ajar, Blended Learning, Pencak Silat

Abstract

Mata kuliah pencak silat merupakan salah satu mata kuliah praktek wajib di FIK UNP. Tidak tersedianya media ajar yang sesuai dengan model dan metode pembelajaran yang digunakan merupakan masalah utama yang akan diselesaikan dalam penelitian ini. Tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan media ajar (video) yang sesuai dengan model pembelajaran yang digunakan saat ini (blended learning) dan bisa digunakan dalam proses kegiatan pembelajaran. Tahapan/metode pelaksanaan penelitian ini menggunakan metode pengembangan ADDIE model yang memiliki 5 fase kegiatan yang saling berkaitan. Penelitian dilaksanakan di program studi pendidikan olahraga fakultas ilmu keolahragaan universitas negeri padang dengan jumlah responden uji coba produk sebanyak 200 orang mahasiswa dan 4 orang dosen pengguna. Teknik pengumpulan data dilakukan secara observasi, wawancara dan menggunakan angket. Data dianalisis secara deskriptif  kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian adalah media ajar dapat digunakan pada pembelajaran pencak silat secara Blended learning (syncromous & asyncronous), terdiri atas 5 buah media audio visual (video) masing-masing berdurasi 5 menit dan telah memenuhi kategori Valid dan Praktis digunakan dalam mata kuliah pencak silat di Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Padang.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Cahyadi, R. A. H. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis ADDIE Model. Halaqa: Islamic Education Journal, 3(1), 35-42.
DAKHI, O., JAMA, J., & IRFAN, D. (2020). Blended Learning: A 21st Century Learning Model At College. International Journal Of Multi Science, 1(08), 50-65.
Hammer, D. (1997). Discovery learning and discovery teaching. Cognition and instruction, 15(4), 485-529.
Johansyah, L., & Hendro, W. (2016). Pencak Silat Edisi Ketiga. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.
Jones, B. A. (2014). ADDIE model (Instructional design).
Rasheed, R. A., Kamsin, A., & Abdullah, N. A. (2020). Challenges in the online component of blended learning: A systematic review. Computers & Education, 144, 103701.
Rodriquez, E. I. S., Dwiyogo, W. D., & Supriyadi, S. (2020). Blended Learning Matakuliah Sepakbola untuk Mahasiswa Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi. Jurnal Pendidikan
Published
2022-06-12
How to Cite
Sasmitha, W. (2022). Desain Video Pembelajaran Blended Learning Mata Kuliah. Jurnal Patriot, 4(2), 170-181. https://doi.org/10.24036/patriot.v4i2.842

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.