Efek Metode Pelatihan Blocked dan Random terhadap Peningkatan Teknik Dasar Bolavoli Pada Atlet Level Pemula
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh dari metode pelatihan blocked dan random untuk meningkatkan teknik dasar bolavoli pada atlet level pemula. Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen dengan the static group pre-test–post-test design dan penelitian dilakukan selama 14 kali pertemuan dengan rincian seminggu tiga kali yaitu pada hari Selasa, Kamis dan Sabtu. Subjek dalam penelitian ini merupakan atlet bolavoli sebanyak 20 orang dari Universitas Muhammadiyah Malang yang dipilih dengan menggunakan teknik purposive sampling. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes servis, passing atas, passing bawah dan smash. Analisis data pre-test dan post-test menggunakan IBM SPSS 25 dengan taraf signifikansi 0.05. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa kedua metode pelatihan antara blocked dan random terbukti mempunyai efek yang signifikan untuk meningkatkan teknik dasar bolavoli pada atlet level pemula. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa metode pelatihan blocked dan random mempunyai karakteristik latihan yang berbeda, namun keduanya dapat digunakan sebagai solusi untuk meningkatkan teknik dasar bolavoli pada atlet level pemula.
Downloads
References
Arifin. (2018). Pengaruh Random Practice Method terhadap Hasil Belajar Keterampilan Bola Voli dan Berpikir Kritis. Khazanah Akademia, 2(1), 10–18.
Fazeli, D., Taheri, H. R., & Saberi Kakhki, A. (2017). Random Versus Blocked Practice to Enhance Mental Representation in Golf Putting. Perceptual and Motor Skills, 124(3), 674–688. https://doi.org/10.1177/0031512517704106
Fraenkel, Jack. R., & Norman E. Wallen. (2012). How to Design and Evaluate Research in Education. Edition. Boston: McGraw-Hill Higher Education.
Harsono. (2015). Kepelatihan Olahraga. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Horbacewicz, J. (2018). Effect of Blocked Versus Random Practice on Physical Therapy Students’ Manual Force Modulation. Perceptual and Motor Skills, 125(6), 1173–1185. https://doi.org/10.1177/0031512518797845
Juniar, D. T. (2019). The Effect of Motor Ability Level on Taekwondo Kick Learning Outcome through Reciprocal Teaching Style. Jurnal Pendidikan Jasmani Dan Olahraga, 4(1), 79–85. https://doi.org/10.17509/jpjo.v4i1.14044
Kaipa, R., Robb, M., & Jones, R. (2018). The Effectiveness of Constant, Variable, Random, and Blocked Practice in Speech-Motor Learning. Journal of Sport Rehabilitation, 29, 622–627.
Kusuma, L. S. W. (2019). Penerapan Metode Blocked Practice Dan Media Footwork Berbasis Teknologi Dalam Upaya Meningkatkan Keterampilan Bermain Bulutangkis. JUPE : Jurnal Pendidikan Mandala, 4(4), 193–202. https://doi.org/10.36312/jupe.v4i4.932
Mahendra, A. (2017). Model Pendidikan Gerak Implementasi Pendidikan Jasmani di Skolah Dasar. Bandung: Prodi PGSD Penjas-FPOK UPI.
Medina, S.-S., Elvis, H. J. J., Baba, Jatong, A., & Thomas, S. (2019). Assessment of Random and Blocked Practice Schedules on Motor Skills’ Acquisition, Retention and Transfer Among Selected Senior High School Students. American Journal of Sports Science, 7(1), 26. https://doi.org/10.11648/j.ajss.20190701.15
Merbah, S., & Meulemans, T. (2011). Learning a motor skill: Effects of blocked versus random practice a review. Psychologica Belgica, 51(1), 15–48. https://doi.org/10.5334/pb-51-1-15
Rajidin. (2016). Meningkatkan Keterampilan Service Atas Bolavoli Melalui Metode Bermain. Jurnal Pendidikan Olahraga, Vol. 5, No. 1.
Rouhollahi, V., Rozan, M., & Mehrotra, A. (2014). Effect of Different Practice Schedules on Learning and Performance in Handball Task. American Journal of Sports Science, 2(4), 71. https://doi.org/10.11648/j.ajss.20140204.11
Sabbaghian Rad, L., Babolhavaeji, F., & Babolhavaeji, E. (2012). A comparison of blocked and random practice on acquisition of swimming skills. Pelagia Research Library European Journal of Experimental Biology, 2012(6), 2073–2076. Retrieved from www.pelagiaresearchlibrary.com
Sadri, K., Mohammadzadeh, H., & Khani, M. (2013). The Effect of Contextual Interference on Acquisition and Learning Badminton Skills among Children aged from 10 to 12. Annals of Applied Sport Science, 1(3), 39–46.
Scheiner, L. R., Sadagopan, N., & Sherwood, D. E. (2014). Effects of Blocked Versus Random Practice on Speech Motor Skill Acquisition and Retention. Journal of Motor Learning and Development, 2(2), 29–36. https://doi.org/10.1123/jmld.2013-0028
Setiawan, E., Patah, Ihsan, A., Jumareng, H., & Kastrena, E. (2020). Model-Model Pembelajaran dalam Pendidikan Jasmani. Bandung: Alfabeta.
Setiawan, E., Patah, Ihsan, A., Jumareng, H., Budiarto & Kastrena, E. (2021). Tes, Pengukuran dan Evaluasi dalam Pendidikan Jasmani dan Olahraga. Bandung: Alfabeta.
Sharp, M., Sharp, M. H., Gheith, R. H., Reber, D. A., Stefan, M. W., LoDuca, S., … Wilson, J. M. (2020). The effect of blocked versus random practice on dominant and non-dominant baseball swing. Journal of Sport and Human Performance, 8(1), 0–8. https://doi.org/10.12922/jshp.v8i1.163
Zetou, E., Michalopoulou, M., Giazitzi, K., & Kioumourtzoglou, E. (2007). Contextual interference effects in learning volleyball skills. Perceptual and Motor Skills, 104(3), 995–1004. https://doi.org/10.2466/PMS.104.3.995-1004