Metode Drill Menggunakan Media Flipper Float sebagai Upaya Meningkatkan Keterampilan Renang Gaya Bebas
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurangnya penguasaan keterampilan renang gaya bebas perenang pemula usia 5 – 10 tahun yang tidak sesuai dengan teknik yang benar di Athariz aquatic club Majalengka. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh metode drill menggunakan media flipper float terhadap keterampilan renang gaya bebas untuk pemula di Athariz aquatic club Majalengka. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimen, dengan menggunakan Pre-experimental desaigns dalam bentuk One-Group Pretest-Posttest Design. Populasi dalam penelitian ini adalah perenang pemula usia 5 – 10 tahun di Athariz aquatic club Majalengka dengan berjumlah 10 siswa, dan pengambilan Sampel yang digunakan adalah Total Sampling, sebanyak 10 Siswa. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah Tes Penilaian Keterampilan Renang Gaya Bebas. Data selanjutnya diolah dan dianalisis dengan menggunakan Paired Sample Test. Data yang diperoleh dari pretest dan posttest dari output SPSS 25 diperoleh Thitung = 11,500 > Ttabel 2,262. Jika dilihat dari signifikan, bahwa nilai sig (2-tailed) sebesar 0,000. Karena nilai signifikansi kurang dari (α=0,05), maka H0 ditolak dan Ha diterima. Jadi dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan metode drill menggunakan media flipper float terhadap keterampilan renang gaya bebas untuk pemula di Athariz aquatic club Majalengka. Maka dari itu peneliti menyarankan agar penelitian ini dapat digunakan pada saat proses latihan renang khususnya renang gaya bebas.
Downloads
References
Arhesa, S., Badriah, D. L., & Mulyani, S. (2019). The effect of jigsaw cooperative learning model on students ’ result breaststroke skill at tenth grade social science of senior high school 3 Cirebon city. Journal Pf Physiology, Nutrition and Physical Education, 4(2), 437–439.
Arhesa, S., Sofyan, D., & Ramadhan, M. F. (2020). Identifikasi Faktor-Faktor Penghambat Belajar Renang. Journal Respecs, 2(2), 57. https://doi.org/10.31949/jr.v2i2.2252
Armen, M. (2018). The effects of six beat kick technique training on swimming speed for the 50 meters freestyle. SHS Web of Conferences, 42, 00057. https://doi.org/10.1051/shsconf/20184200057
Badruzaman, B. (2019). The Increase of Swimming Distance Ability Using Tools for Flippers & Back Buoys and Kickboard on Freestyle Swimming Learning for Sports Science Students Beginners. 11(Icsshpe 2018), 352–358. https://doi.org/10.2991/icsshpe-18.2019.97
Heinlein, S. A., & Cosgarea, A. J. (2010). Biomechanical considerations in the competitive swimmer’s shoulder. Sports Health, 2(6), 519–525. https://doi.org/10.1177/1941738110377611
Mashud, M., Tangkudung, J., & Widiastuti, W. (2018). Swimming Lesson Based on Interactive Multimedia. International Journal of Sports Science, 8(3), 91–96. https://doi.org/10.5923/j.sports.20180803.04
Muscutt, L. E., Dyke, G., Weymouth, G. D., Naish, D., Palmer, C., & Ganapathisubramani, B. (2018). The four-flipper swimming method of plesiosaurs enabled efficient and effective locomotion. Proceedings of the Royal Society B: Biological Sciences, 284(1861), 6–11. https://doi.org/10.1098/rspb.2017.0951
Nursalam, H., & Aziz, I. (2020). Kontribusi Daya Tahan Kekuatan Otot Tungkai dan Daya Tahan Kekuatan Otot Lengan terhadap Kecepatan Renang 100 Meter Gaya Bebas. Jurnal Patriot, 2(1), 233–243.
Potdevin, F., Jomin-Moronval, S., Pelayo, P., & Dekerle, J. (2019). What is the best swimming stroke to master for beginners in water safety tests? European Physical Education Review, 25(1), 174–186. https://doi.org/10.1177/1356336X17713665
Premana, D. D., Rahayu, T., & Rustiadi, T. (2020). The Effect of Training Methods and Arm Power on Freestyle Swimming Speed of Tirta Taruna Swimmers. Journal of Physical Education and Sports, 9(1), 26–31.
Ramadhan, S. F., Lesmana, H. S., Sin, T. H., & Denay, N. (2021). Minat Peserta Didik Kelas XI terhadap Proses Pembelajaran Renang. Jurnal Patriot, 3(3), 223–232. https://doi.org/10.24036/patriot.v
Sin, T. H., & Hudayani, F. (2020). The influence of swimming learning method using swimming board towards students’ interest in freestyle. Jurnal Keolahragaan, 8(2), 216–221. https://doi.org/10.21831/jk.v8i2.34412
Siregar, G., & Syahara, S. (2019). Perbandingan Tes Vertical Jump Dan Standing Broad Jump Terhadap Jarak Luncuran Pada Start Renang Gaya Bebas. Patriot, 139–144.
Slawson, S. E., Justham, L. M., Conway, P. P., Le-Sage, T., & West, A. A. (2012). Characterizing the swimming tumble turn using acceleration data. Proceedings of the Institution of Mechanical Engineers, Part P: Journal of Sports Engineering and Technology, 226(1), 3–15. https://doi.org/10.1177/1754337111428395
Suprada, J., & Argantos. (2020). Pembinaan Atlet Renang di Perkumpulan Renang G.S.C Kota Padang. Jurnal Patriot, 2(2), 357–368.
Weimar, W., Sumner, A., Romer, B., Fox, J., Rehm, J., Decoux, B., & Patel, J. (2019). Kinetic analysis of swimming flip-turn push-off techniques. Sports, 7(2). https://doi.org/10.3390/sports7020032
Wen, Y., Peng, Y., Zhao, F., & Zhen, K. (2016). The effects of specific drills on the flip turns of freestyle swimmers based on a kinesiology analysis. Journal of Human Kinetics, 52(1), 165–173. https://doi.org/10.1515/hukin-2016-0004
Yosucipto, A., & Mardela, R. (2019). Kontribusi Body Mass Index dan Panjang Tungkai Terhadap Kecepatan Renang 50 Meter Gaya Bebas Atlet Women’s Swimming Club Padang. Jurnal Patriot, 1(2), 676–686.
Zhang, P. (2014). Running Head : LAND DRILLS FOR SWIMMING Basic Land Drills for Swimming Stroke Acquisition. JTRM in Kinesiology.