Media Audio Visual Berkontribusi terhadap Motivasi dan Minat Belajar PENJASKES di Era Pendemi Covid-19
Abstract
Penelitian yang dilakukan di Pondok Pesantren Modern Muhammadiyah Al-Furqan Banjarmasin ini bertujuan mencari tahu besaran kontribusi yang disumbangkan oleh media audio visual terhadap motivasi semangat dan minat pelajar PJOK pada peserta didik ketika program pembelajatan jarak jauh dimasa pandemi covid-19. Penelitian ini menggunakan metode survey dengan pendekatan kuantitatif, sedangkan populasi dari penelitian ini adalah seluruh peserta didik yang ada di Pondok Pesantren Modern Muhammadiyah Al-Furqan Banjarmasin yang berjumlah 1.752, sedangkan sampel berjumlah 291 peserta didik, pengambilan jumlah sampel ini menggunakan teknik Sampling Insidental. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan kuisioner dengan hasil yang berupa angka dan dianalisis menggunakan metode statistika dengan bantuan program SPSS21. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel audio visual berkontribusi terhadap motivasi belajar pendidikan jasmani sebesar 40,2%, kemudian audio visual berkontribusi terhadap semangat belajar pendidikan jasmani sebesar 35,3%, kemudian audio visual berkontribusi terhadap minat belajar pendidikan jasmani sebesar 38,9% dan audio visual berkontribusi terhadap motivasi semangat dan minat belajar pendidikan jasmani secara bersamaan sebesar 41,7%.
Downloads
References
Arifin, Z. (2014). Penelitian Pendidikan Metode dan Paradigma Baru. PT Remaja Rosdakarya.
Aristiani, R. (2016). Meningkatkan Percaya Diri Siswa Melalui Layanan Informasi Berbantuan Audio Visual. Jurnal Konseling Gusjigang, 2(2), 182–189. https://doi.org/10.24176/jkg.v2i2.717
Asmara, A. P. (2015). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Audio Visual Tentang Pembuatan Koloid. Jurnal Ilmiah Didaktika, 15(2), 156. https://doi.org/10.22373/jid.v15i2.578
Basuki, S. (2020). Supervisi Pendidikan Jasmani. PT LKiS Pelangi Aksara.
Busyaeri, A., Udin, T., & Zaenudin, A. (2016). Pengaruh Penggunaan Video Pembelajaran Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Mapel Ipa Di Min Kroya Cirebon. Al Ibtida: Jurnal Pendidikan Guru MI, 3(1), 116–137. https://doi.org/10.24235/al.ibtida.snj.v3i1.584
Iqbal, M., Latifah, S., & Irwandani. (2019). Pengembangan Video Blog (Vlog) Channel Youtube Dengan Pendekatan Stem Sebagai Media Alternatif Pembelajaran Daring. Inovasi Pembangunan – Jurnal Kelitbangan |.
Jamaluddin, D., Ratnasih, T., Gunawan, H., & Paujiah, E. (2020). Pembelajaran Daring Masa Pandemik Covid-19 Pada Calon Guru : Hambatan, Solusi dan Proyeksi. Karya Tulis Ilmiah UIN Sunan Gunung Djjati Bandung, 1–10. http://digilib.uinsgd.ac.id/30518/
Jamaludin, A. (2018). Analisis Kualitas Pelayanan Dan Produk Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Rumah Makan Padang Sederhana Karawang. Jurnal Manajemen & Bisnis Kreatif, 4(1). https://doi.org/10.36805/manajemen.v4i1.369
Jauhari, M. I. (2018). Peran Media Pembelajaran dalam Pendidikan Islam. Journal Piwulang, 1(1), 54. https://doi.org/10.32478/ngulang.v1i1.155
Jayul, A., & Irwanto, E. (2020). Model Pembelajaran Daring Sebagai Alternatif Proses Kegiatan Belajar Pendidikan Jasmani di Tengah Pandemi Covid-19 Achmad. Jurnal Pendidikan Kesehatan Rekreasi.
Kemendikbud. (2020). Tentang Pelaksanaan Kebijakan Pendidikan Dalam Masa Darurat Penyebaran Coronavirus Disesase (Covid-19).
Mashud. (2015). Pendekatan pembelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan di Era abad 21. Jurnal Multilateral, 14(2), 89–114.
Nomleni, F. T., & Manu, T. S. N. (2018). Pengembangan Media Audio Visual dan Alat Peraga dalam Meningkatkan Pemahaman Konsep dan Pemecahan Masalah. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 8(3), 219–230. https://doi.org/10.24246/j.js.2018.v8.i3.p219-230
Purnomo, J. (2014). Penggunaan Media Audio-Visual Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Di Sekolah Menengah Pertama Negeri. Jurnal Teknologi Pendidikan Dan Pembelajaran, 2(2), 127–144.
Purwanti, B. (2015). Pengembangan Media Video Pembelajaran Matematika dengan Model Assure. Jurnal Kebijakan Dan Pengembangan Pendidikan, 3(1), 42–47. http://ejournal.umm.ac.id/index.php/jmkpp/article/view/2194
Sahari, S., & Wahyudi. (2020). Pengembangan Media Tata Surya Berbasis Macromedia Flash Sebagai Inovasi Pembelajaran DARING Untuk Siswa SD. Jurnal Pendidikan Dasar Nusantara. https://doi.org/10.29407/jpdn.v6i1.14711
Saihu, S. (2019). Konsep Manusia Dan Implementasinya Dalam Perumusan Tujuan Pendidikan Islam Menurut Murtadha Muthahhari. Andragogi: Jurnal Pendidikan Islam Dan Manajemen Pendidikan Islam, 1(2), 197–217. https://doi.org/10.36671/andragogi.v1i2.54
Sardi, Nooryan Lafti. Ayriza, Y. (2020). Pengaruh Dukungan Sosial Teman Sebaya Terhadap Subjective Well-Being Pada Remaja yang Tinggal di Pondok Pesantren. Acta Psychologia, 2(1), 80–91.
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Pendidikan. Penerbit Alfabeta.
Wirasasmita, R. H., & Putra, Y. K. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Video Tutorial Interaktif menggunakan Aplikasi Camtasia Studio dan Macromedia Flash. Edumatic: Jurnal Pendidikan Informatika, 1(2), 35. https://doi.org/10.29408/edumatic.v1i2.944
Yunida, S., Harlie, M., & Husnurrofiq. (2016). Pengaruh Disiplin, Semangat Kerja Dan Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Pada Klinik Insani Muara Teweh. Jurnal Komunikasi Bisnis Dan Manajemen, 3(6), 108–118.