Penggunaan Media Pembelajaran dalam Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan di Masa Pandemi Covid-19

  • Taufik Tri Cahyono Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Citra Resita Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Abdul Salam Hidayat Universitas Singaperbangsa Karawang
Keywords: penggunaan media, pjok, pandemi covid-19

Abstract

Tujuan dari penelitian lni adalah untuk mengetahui seberapa tinggi tingkat penggunaan media pembelajaran dalam Pembelajaran PJOK selama pandemi covid-19 di Sekolah Menengah Kejuruan Se-Kota Bekasi. Metode yang digunakan dalam penelitian lni adalah metode survei angket dengan instrumen dalam bentuk kuesioner. Subyek dalam penelitian ini adalah Guru dari Sekolah Menengah Kejuruan Negeri di Kota Bekasi yang berjumlah 27 Guru PJOK dengan rincian 24 guru berjenis kelamin laki laki dan 3 guru berjenis perempuan. Teknik analisis data dalam penelitian lni menggunakan analisis deskriptif kuantitatif yang diberikan dalam bentuk persentase.  Hasil dalam penelitian menunjukkan bahwa ditemukan tingkat penggunaan media pembelajaran pada pembelajaran PJOK selama pandemi covid-19 di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri di Kota Bekasi masuk dalam kategori "sangat rendah" sebanyak 3,70% (1 guru), "rendah" adalah sebanyak 33,33% (9 guru), "cukup" adalah sebanyak 25,93% (7 guru), "tinggi" adalah sebanyak 37,04% (10 guru), dan "sangat tinggi" sebanyak 0,00% (0 guru). Berdasarkan skor rata-rata(mean), yaitu 18,48 termasuk dalam kategori cukup dengan frekuensi 7 Guru. Sehingga dapat disimpulkan bahwa tingkat penggunaan media pembelajaran dalam pembelajaran PJOK di masa pandemi covid-19 pada Sekolah Menengah Kejuruan Negeri di Kota Bekasi berada di kategori cukup dengan faktor yang sering digunakan yaitu faktor e-learning, faktor media audio visual dan faktor media komputer.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdulhak, Ishak dan Darmawan, D. (2013). Teknologi Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Andrianto Pangondian, R., Insap Santosa, P., & Nugroho, E. (2019). Faktor - Faktor Yang Mempengaruhi Kesuksesan Pembelajaran Daring Dalam Revolusi Industri 4.0. Sainteks 2019, 56–60.

Arsyad, A. (2014). Media Pembelajaran. Jakarta: Pt. Rajagrafindo Persada.

Asmara, A. P. (2015). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Audio Visual Tentang Pembuatan Koloid. Jurnal Ilmiah Didaktika, 15(2), 156. https://doi.org/10.22373/jid.v15i2.578

Dewi, W. A. F. (2020). Dampak COVID-19 terhadap Implementasi Pembelajaran Daring di Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(1), 55–61. https://doi.org/10.31004/edukatif.v2i1.89

Dwijonagoro, S. (2002). Strategi penguasaan Berbahasa. Yogyakarta: Adicita Karya Nusa.

Hartanto, W. (2016). Penggunaan E-Learning sebagai Media Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Ekonomi, 10(1), 1–18.

Herliandry, L. D., Nurhasanah, N., Suban, M. E., & Kuswanto, H. (2020). Pembelajaran Pada Masa Pandemi Covid-19. JTP - Jurnal Teknologi Pendidikan, 22(1), 65–70. https://doi.org/10.21009/jtp.v22i1.15286

Ismaya, B., Maulana, M., Hidayat, A. S., Studi, P., Jasmani, P., Keguruan, F., … Olahraga, J. L. (2020). Minat Siswi Dalam Pembelajaran Pendidikan Jasmani Senam Lantai Sman 1 Cikampek Student Interest In LearningPhysical Education Gymanastic On The Floor of SMAN 1 Cikampek, 1(August), 66–76.

Joi L.Moore, Camille Dickson, K. G. (2011). e-learning, online learning, and distance learning environments : are they the same? School Of Information Science and Learning Technology, 14, 129–135. https://doi.org/https://doi.org/10.1016/j.iheduc.2010.10.001

Junaidi, J. (2019). Peran Media Pembelajaran Dalam Proses Belajar Mengajar. Diklat Review : Jurnal manajemen pendidikan dan pelatihan, 3(1), 45–56. https://doi.org/10.35446/diklatreview.v3i1.349

Kusuma1, I. J., Nurcahyo2, P. J., W, B. S., & Rifqi Festiawan4, N. K. (2015). Potensi Pengembangan Sport Tourism Sebagai Alternatif Media Pembelajaran Pendidikan Jasmani. Pengaruh Harga Diskon Dan Persepsi Produk Terhadap Nilai Belanja Serta Perilaku Pembelian Konsumen, 7(9), 27–44.

Maulidiyah, Y., Fajar, D., & Puspasari, D. (2021). Jurnal PAJAR ( Pendidikan dan Pengajaran ) Volume 5 Nomor 4 Juli 2021 | ISSN Cetak : 2580 - 8435 | ISSN Online : 2614 - 1337 DOI : http://dx.doi.org/10.33578/pjr.v5i4.8403

Novita, A., & Abdul, H. K. (2015). Penggunaan Media Pembelajaran Online – Offline Dan Komunikasi Interpersonal Terhadap Hasil Belajar Bahasa Inggris. Jurnal Teknologi Informasi & Komunikasi dalam Pendidikan, 2(1).

Pakpahan. (2020). Peran Guru Dalam Memberikan Motivasi Belajar Kepada Siswa Untuk Terlibat Aktif Pada Proses Pembelajaran Daring. Universitas Pelita Harapan.

Prastyo, G. M., Kurniawan, F., & Resita, C. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Blended Learning Dalam Kebugaran Jasmani Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas 12 Sekolah Ma Nurul Huda. Jurnal Literasi Olahraga, 1(1), 60–65. https://doi.org/10.35706/jlo.v1i1.3979

Sardiman. (2011). Interaksi Dan Motivasi belajar mengajar. Jakarta: Pt. Rajagrafindo Persada.

Siregar, H. S., Sugilar, H., & Hambali, H. (2020). Merekonstruksi Alam dalam Kajian Sains dan Agama Studi Kasus pada Masa Pembatasan Sosial Berskala Besar ( PSBB ) Dampak Covid-19. Karya Tulis Ilmiah UIN Sunan Gunung Djjati Bandung.

Sudjana, N., & Rivai, A. (2019). Media Pengajaran. Bandung: Sinar Baru Algesindo.

Suhada, I., Kurniati, T., Pramadi, A., Listiawati, M., Biologi, P. P., Gunung, S., & Bandung, D. (2020). Pembelajaran Daring Berbasis Google Classroom Mahasiswa Pendidikan Biologi Pada Masa Wabah Covid-19. Jurnal Pembelajaran Daring, 2019, 1–9. Diambil dari http://digilib.uinsgd.ac.id/30584/

Sukiman. (2012). Pengembangan Media Pembelajaran. Yogyakarta: Pendagogia Sukintaka.
Susanto, A. (2013). Teori belajar & pembelajaran di sekolah dasar. Jakarta: PRENADAMEDIA GROUP.

Syah, M. (2011). Psikologi belajar. Jakarta: Pt. Rajagrafindo Persada.

Wati, E. R. (2016). Ragam Media pembelajaran. Jakarta: Kata Pena.

Windhiyana, E. (2020). Dampak Covid-19 Terhadap Kegiatan Pembelajaran Online Di Perguruan Tinggi Kristen Di Indonesia. Perspektif Ilmu Pendidikan, 34(1), 1–8. https://doi.org/10.21009/pip.341.1

Wirda Ningsih, M. (2016). Penerapan media audio-visual terhadap keaktifan pada materi hubungan antara sumber daya alam dengan lingkungan siswa kelas IV SD Negeri Pasi Teungoh Kecamatan Kaway XVI. Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 2, 1–14.

World Health Organization. (2020). Retrieved from WHO Director-General’s opening remarksat media briefing on covid-19-11 march 2020. Diambil 15 Maret 2021, dari https://www.worldometers.info/coronavirus/.

Zulkifli, Z. (2018). Upaya Guru Mengembangkan Media Visual dalam Proses Pembelajaran Fiqih di MAN Kuok Bangkinang Kabupaten Kampar. Al-Hikmah: Jurnal Agama dan Ilmu Pengetahuan, 14(1), 18–37. https://doi.org/10.25299/al-hikmah:jaip.2017.vol14(1).1170
Published
2021-09-01
How to Cite
Cahyono, T., Resita, C., & Hidayat, A. (2021). Penggunaan Media Pembelajaran dalam Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Patriot, 3(3), 314-328. https://doi.org/10.24036/patriot.v3i3.806

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.