Video Pembelajaran pada Materi Teknik Dasar Footwork Bulutangkis
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk membuat model pembelajaran berbasis video materi teknik dasar footwork bulutangkis bagi mahasiswa program studi pendidikan jasmani dan kesehatan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sriwijaya. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan (Research and Development). Prosedur penelitian dengan mengadopsi tahapan-tahapan penelitian dari Borg and Gall. Prosedur penelitian dan pengembangan menurut Borg and Gall yaitu sepuluh langkah-langkah. Prosedur dalam penelitian ini memiliki empat langkah yaitu pengumpulan informasi di lapangan, melakukan analisis terhadap informasi yang telah dikumpulkan, membuat draft model, dan validasi ahli. Produk penelitian dilakukan validasi pada ahli permainan bulutangkis dan ahli media. Subjek penelitian adalah mahasiswa program studi Penjaskes FKIP Universitas Sriwijaya. Hasil validasi ahli permainan bulutangkis diperoleh rata-rata persentase sebesar 76,78 dengan kategori layak. Hasil penelitian dari validasi ahli media diperoleh persentase sebesar 74,38 dengan kategori layak. Implikasi dalam penelitian ini adalah produk penelitian berupa model pembelajaran berbasis video materi teknik dasar footwork bulutangkis telah dinyatakan valid sehingga dapat digunakan.
Downloads
References
Arikunto, S. (2019). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Aryanata, I. W. Y., Jampel, I. N., & Mahadewi, L. P. P. (2020). Media video pembelajaran teknik dasar bermain bola voli pada pelajaran Penjaskes. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 4(2), 186. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJL.
Aryanti, S., Bayu, W. I., Victorian, A. R., & Azhar, S. (2021) The implementation using video for learning of sepak sila technique. Journal Physical Education, Health and Recreation, 5(2). https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/jpehr.
Aryanti, S., Solahuddin, S., & Azhar, S. (2021). Learning forehand service badminton using teaching games for understanding (tgfu) students. Halaman Olahraga Nusantara (Jurnal Ilmu Keolahragaan), 4(2), 305-317. https://jurnal.univpgri-palembang.ac.id/index.php/hon/index. DOI Prefix. 10.31851.
Aryanti, S., Victorian, A. R., & Bayu, W. I. (2021). Learning of sepak sila technique based video for sepak takraw course. https://eudl.eu/doi/10.4108/eai.16-10-2020.2305202. http://dx.doi.org/10.4108/eai.16-10-2020.2305202.
Budiwanto, S. (2013). Dasar-dasar Teknik dan Taktik Bermain Bulutangkis. Malang: Universitas Negeri Malang.
Chen, C. (2014). Footwork teaching of college badminton elective course. Proceedings of the 3rd International Conference on Science and Social Research, 1(Icssr), 281–283.
Dlis, F., Haqiyah, A., Hidayah, N., & Riyadi, D. (2019). Application of sport science on development of exercise model strokes badminton based on footwork. Journal of Education, Teaching and Learning, 4(2), 251-256. https://journal.stkipsingkawang.ac.id/index.php/JETL/index.
Fuad, N. M., Zubaidah, S., Mahanal, S., & Suarsini, E. (2017). Improving junior high schools' critical thinking skills based on test three different models of learning. International Journal of Instruction, 10(1), 101-116. http://www.e-iji.net/.
Gall, M. D., Borg, W. R., & Gall, J. P. (2003). Educational research: An introduction. Longman Publishing.
Hidayat, K. (2011). Penggunaan Model Pembelajaran Reciprocal Untuk Meningkatkan Keterampilan Passing Bawah Permainan Bola Voli Mini Pada Siswa Kelas V Sekolah Dasar Negeri Sinom Widodo 02 Kabupaten Pati Tahun Pembelajaran 2010-2011. Skripsi. Jurusan Pendidikan Kepelatihan Olahraga. FIK. Universitas Negeri Semarang.
Hung, M. H., Chang, C. Y., Lin, K. C., Hung, C. L., & Ho, C. S. (2020). The applications of landing strategies in badminton footwork training on a backhand side lateral jump smash. Journal of Human Kinetics, 73, 19. http://www.johk.pl/.
Kastrena, E., Setiawan, E., Patah, I. A., & Nur, L. (2020). Pembelajaran Peer teaching berbasis zoom video sebagai solusi untuk meningkatkan hasil belajar passing bawah bola voli saat situasi COVID-19. Indonesian Journal of Primary Education, 4(1), 69-75. https://ejournal.upi.edu/index.php/IJPE.
Nugroho, A. T. (2015). Meningkatkan hasil belajar bola voli melalui modifikasi peraturan dengan menggunakan media video. ACTIVE: Journal of Physical Education, Sport, Health and Recreation, 4(12). https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/peshr.
Prasetyo, A., & Habibi, A. I. (2018). Pengembangan video pembelajaran bulutangkis teknik dasar langkah kaki Antonius Prasetyo Hadi 1 Dan Ahmad Ilham Habibi 2 Program Studi Pendidikan Jasmani Kesehatan Dan Rekreasi IKIP Budi Utomo Malang PENDAHULUAN Keolahragaan adalah segala aspek yang berkai. SPORTIF : Jurnal Penelitian Pembelajaran, 4. https://ojs.unpkediri.ac.id/index.php/pjk.
Prastowo, M. H. (2021). Implementasi video pembelajaran dalam meningkatkan hasil belajar siswa sekolah dasar pada cabang olahraga lompat jauh gaya jongkok. Jurnal Pendidikan Indonesia, 2(3), 445-458.
https://japendi.publikasiindonesia.id/index.php/japendi/article/view/122.
Putra, G. I., & Sugiyanto, F. X. (2016). Pengembangan pembelajaran teknik dasar bulu tangkis berbasis multimedia pada atlet usia 11 dan 12 tahun. Jurnal Keolahragaan, 4(2), 175–185. https://journal.uny.ac.id/index.php/jolahraga. DOI Prefix 10.21831.
Sumbodo, P. P. (2016). Penerapan metode kooperatif tipe teams games tournament (tgt) untuk meningkatkan hasil belajar keterampilan bolavoli pada siswa kelas xi tsm smk murni 1 surakarta tahun pelajaran 2015/2016. Skripsi. Jurusan Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi. FKI. Universitas Sebelas Maret. Surakarta.
Tri Suryani, E. (2021). Efektivitas pembelajaran penjas di smp negeri 5 kota jambi melalui video pada masa pandemi covid-19. Univesitas Jambi.
Yuanta, F. (2020). Pengembangan media video pembelajaran ilmu pengetahuan sosial pada siswa sekolah dasar. Trapsila: Jurnal Pendidikan Dasar, 1(02), 91–100. https://journal.uwks.ac.id/index.php/trapsila/article/view/816.