Teaching Games for Understanding dalam Meningkatkan Kemampuan Passing Atas Bola Voli
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui seberapa besar pengaruh penggunaan model Teaching Games For Understanding dalam meningkatkan kemampuan passing atas bola voli SMPN 1 Tegalwaru. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode penelitian eksperimen. Penelitian ini dilaksanakan di SMPN 1 Tegalwaru pada tanggal 4 Juli sampai dengan 1 Juli 2021. Populasi penelitian ini adalah seluruh peserta didik SMPN 1 Tegalwaru yang mengikuti kegiatan ekstrakurikuler bola voli yang berjumlah 40 orang. Populasi dalam penelitian diambil dengan menggunakan teknik purposive sampling, sampel berjumlah 20 orang terdiri dari 10 orang putra dan 10 orang putri. Instrumen penelitian ini menggunakan Brady Test dengan tingkat validitas sebesar 0,086 dalam kategori cukup, sementara untuk koefisien validitas passing atas sebesar 0,904 yaitu dalam kategori tinggi. Teknik analisis data menggunakan pretest posttest design. Hasil dari penelitian ini adalah rata – rata pretest sebesar 22,25 dan posttest 30,40. Hasil analisis Paired Sample T Test dengan data yang diperoleh dari penelitian ini adalah nilai signifikansi (2-tailed) = 0,000 kurang dari taraf signifikan (α) = 0,05, maka H0 ditolak dan H1 diterima. Dapat disimpulkan bahwa model Teaching Games For Understanding (TGFU) dapat berpengaruh untuk meningkatkan kemampuan passing atas bola voli SMPN 1 Tegalwaru.
Downloads
References
Achmad, I. Z. (2018). Uji Validitas dan Reliabilitas Tes Passing Atas dan Passing Bawah Pada Cabang Olahraga Bola Voli. Jurnal Speed (Sport, Physical Education, Empowerment), 1(1), 51–57. https://doi.org/10.35706/speed.v1i1.1498
Alfredo, J., Resita, C., & Gustiawati, R. (2020). Motivasi Berprestasi Peserta Ekstrakulikuler Futsal di Kecamatan Cikarang Selatan Kabupaten Bekasi. Jurnal Literasi Olahraga, 1(2), 82–87. https://doi.org/10.35706/jlo.v1i2
Astuti, A. T. (2020). Peningkatan Kompetensi Passing Bawah Bola Voli Melalui Teaching Games for Understanding (TGFU). Jurnal Inovasi Pembelajaran Karakter (JIPK), 5(2), 1–9. http://www.i-rpp.com/index.php/jipk/article/view/1133
Chan, F., & Indrayeni, Y. (2018). Meningkatkan Kemampuan Passing Bawah Dalam Permainan Bola Voli Melalui Pendekatan TGFU Pada Siswi Kelas VIII SMP Negeri 11 Muaro Jambi. Journal Physical Education, Health and Recreation, 2(2), 186–197. https://doi.org/10.24114/pjkr.v2i2.9590
Firdaus, H., & Hidayat, T. (2014). Perbandingan Metode Pembelajaran Bagian (Part-Method) dan Metode Pembelajaran Keseluruhan (Whole-Method) Terhadap Kemampuan Siswa Dalam Melakukan Smash Bolavoli (Studi Pada Kegiatan Ekstrakulikuler di SMA Negeri 1 Kamal). Jurnal Pendidikan Olahraga Dan Kesehatan, 02(02), 363–369. https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/jurnal-pendidikan-jasmani/article/view/9944
Inriyani, Y., Wahjoedi, & Sudarmiatin. (2017). Pengaruh Kegiatan Ekstrakurikuler Terhadap Prestasi Belajar IPS Melalui Motivasi Belajar. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 2(7), 955–962. https://doi.org/10.17977/jptpp.v2i7.9685
Kurniawan, F., Martiani, & Syarif, A. (2021). Analysis Of Down Passing Techniques In Volleyball Games For Extracurricular Participants At SMP Negeri 19 Bengkulu City. Sinar Sport Journal, 1(1), 32–35. https://doi.org/10.53697/ssj.v1i1.87
Laksana, A. A. N. P., Adnyana, I. W., Saputra, I. G. A. A., Pranata, I. K. Y., Kresnayadi, I. P. E., & Susila, G. H. A. (2021). Implementasi Model Kooperatif Tipe Teams Games Tournament Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Teknik Passing Bola Voli. Jurnal Pendidikan Kesehatan Rekreasi, 7(1), 141–149. https://doi.org/10.5281/zenodo.4445059
Lestari, R. Y. (2016). Peran Kegiatan Ekstrakurikuler Dalam Mengembangkan Watak Kewarganegaraan Peserta Didik. Untirta Civic Education Journal, 1(2), 136–152. https://doi.org/10.30870/ucej.v1i2.1887
Lubis, A. E., & Agus, M. (2017). Peningkatan Hasil Belajar Passing Atas Pada Permainan Bola Voli Melalui Variasi Pembelajaran Siswa SMP. Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia, 13(2), 58–64. https://doi.org/10.21831/jpji.v13i2.21028
N, J. (2020). Penerapan Permainan 4 On 4 Dalam Meningkatkan Keterampilan Passing Bawah Bola Voli Pada Peserta Didik Kelas XI MIPA 2 SMA Negeri 2 Parepare. Istiqra: Jurnal Pendidikan Dan Pemikiran Islam, 8(1). http://jurnal.umpar.ac.id/index.php/istiqra/article/view/668
Pane, A., & Dasopang, M. D. (2017). Belajar Dan Pembelajaran. FITRAH: Jurnal Kajian Ilmu-Ilmu Keislaman, 3(2), 333–352. https://doi.org/10.24952/fitrah.v3i2.945
Prayoga, A. S., & Kustiawan, A. A. (2020). Efek Implementasi TGFU (Teaching Game For Understanding) Terhadap Peningkatan Keterampilan Bermain Bola Voli. Jurnal Pendidikan Modern, 06(01), 47–54. https://doi.org/doi.org/10.37471/jpm.v6i1.124
Pujianto, A. (2014). Persepsi Guru Pendidikan Jasmani Terhadap Model Teaching Games for Understanding (TGFU). Journal of Physical Education Health and Sport, 1(2), 79–85. https://doi.org/10.15294/jpehs.v1i2.3206
Rahayu, J. S. (2013). Pemetaan Penelitian Teaching Games For Understanding (TGfU) Tahun 2000 - 2010. Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia, 9(2), 125–133. https://doi.org/doi.org/10.21831/jpji.v9i2.3015
Rasyono. (2019). Pengaruh Latihan Bola Pantul Terhadap Keterampilan Passing Bawah Bola Voli Pada Ekstrakurikuler Smp Negeri 30 Muaro Jambi. Riyadhoh : Jurnal Pendidikan Olahraga, 2(1), 22–26. https://doi.org/10.31602/rjpo.v2i1.2027
Saefuddin, A., & Berdiati, I. (2014). Pembelajaran Efektif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Sundari, S. (2017). Pengaruh Pendekatan Pembelajaran Dan Motivasi Terhadap Hasil Belajar Keterampilan Bermain Bola Voli. Jurnal Kependidikan Jasmani Dan Olahraga, 1(1), 6–15. https://ejournal.stkipnu.ac.id/public_html/ejournal/index.php/jkjo/article/view/3
Supardi. (2013). Sekolah Efektif, Konsep Dasar dan Praktiknya. Jakarta: Rajawali Pers.
Sutisna, D. (2021). Upaya Meningkatkan Keterampilan Passing Dalam Permainan Bola Voli Dengan Menggunakan Media Permodelan Resipokal Di Kelas VII B SMP Negeri 5 Subang Kabupaten Subang. JPG: Jurnal Penelitian Guru FKIP Universitas Subang, 04(01), 1–13. http://www.ejournal.unsub.ac.id/index.php/JPG/article/view/1021
Yudha, I. D. M. K., Artanayasa, I. W., & Spyanawati, N. L. P. (2017). Pengaruh Penerapan Metode Pembelajaran Teacing Games For Understanding (TGFU) Terhadap Hasil Belajar Passing Control Sepak Bola. Jurnal PJKR Universitas Pendidikan Ganesha, 8(2). https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJP/article/view/13096