Minat Peserta Didik Kelas XI terhadap Proses Pembelajaran Renang

  • Syifa Fahmi Ramadhan Universitas Negeri Padang
  • Heru Syarli Lesmana Universitas Negeri Padang
  • Tjung Hauw Sin Universitas Negeri Padang
  • Naluri Denay Universitas Negeri Padang
Keywords: renang, minat belajar, deskriptif

Abstract

 Olahraga renang dalam proses pendidikan diartikan sebagai upaya yang diberikan pada peserta didik  untuk mengembangkan potensi yang dimiliki peserta didik. Permasalahan yang terdapat pada penelitian ini adalah rendahnya minat peserta didik kelas XI di SMA Negeri 7 Padang dalam kegiatan pembelajaran olahraga renang. Tujuan dari penelitian ini untuk melihat seberapa minat dari setiap peserta didik dalam pembeajaran olahraga renang. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 7 Padang pada bulan Agustus dan September 2020. Jumlah populasi adalah 324 orang pada tahun ajaran 2020/2021. Teknik pengambilan data yang digunakan ialah teknik simple random sampling. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 65 orang peserta didik yang dijadikan sampel dari setiap kelas XI IPA dan IPS. Instrumen pengambilan data dilakukan melalui pembagian angket pada peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan minat peserta didik dalam pembelajaran olahraga renang termasuk di klasifikasi “kuat/baik” (78,20%). Hal ini sejalan dengan hasil wawancara dimana peserta didik memiliki minat yang tinggi terhadap pembelajaran renang. Namun nilai yang didapatkan masih berada dibawah KKM dikarenakan beberapa faktor seperti kurangnya pemahaman peserta didik terhadap materi dan kurang tepatnya metode pembelajaran yang digunakan guru pada proses pembelajaran. Olah karena itu, dalam penelitian ini diharapkan proses pembelajaran dapat meningkat minat dari peserta didik dalam belajar olahraga renang. 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Alnedral. (2016). Strategi Pembelajaran Pendidikan Jasmani, Olaharga dan Kesehatan. 2.
Arikunto, S. (2006). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Parktik. Rineka Cipta.
Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Rineka Cipta.
Baidawi, T. (2019). Minat Siswa Terhadap Pembelajaran Bolavoli Thoriq. Jurnal Patriot, 1300–1306.
Barrett, P. (2013). Nursing Education in Waterless Swimming Practice: A critical perspective on mental health experiences for adult nursing students. 13, 487–491. https://doi.org/10.1016/j.nepr.2013.05.002
Denay, N. (2019). Kontribusi Kemampuan Daya Ledak Otot Tungkai Terhadap Kecepatan Renang 50 Meter Gaya Dada Atlet Renang Kota Padang Naluri. Sain Olahraga Dan Pendidikan Jasmani, 19(2), 101–108.
Diet, A. (2019). Keterampilan Profesional; Penilaian & Diagnosis Nutrisi; Terapi Nutrisi Medis Pelatihan,. 119(September), 2019. https://doi.org/10.1016/j.jand.2019.06.086
Ilham. (2016). Latihan Poliometrik terhadap Kemampuan dan Keterampilan Shooting Free Throw Bolabasket (Studi Eksperimen Pada Mahasiswa FIK Univ. Jambi). Performa Olahraga, 1(2), 187–204.
Krisna, B. (2008). Contribution of Arm Muscle Strength and Leg Muscle Strength to FIK Students’ 50 Meter Freestyle Swimming Ability. 131–138.
Lankia, T., Neuvonen, M., & Pouta, E. (2019). Effects of water quality changes on the recreation benefits of swimming in Finland: Combined travel cost and contingent behavior model. Water Resources and Economics, 25, 2–12. https://doi.org/10.1016/j.wre.2017.10.002
Lesmana, H. S. (2017). Olahraga Sebagai Upaya Preventif Osteoporosis Dini. Jurnal Performa Olahraga, 32–41.
Lesmana, H. S. (2018). Profil Glukosa Darah Sebelum , Setelah Latihan Fisik Submaksimal dan Selelah Fase Pemulihan Pada Mahasiswa FIK. 8.
Maidarman. (1999). Kontribusi Kekuatan Otot Tungkai, Kelentukan Pinggang, Dan Keseimbangan Terhadap Kemampuan Start Renang Gaya Kupu-Kupu Pada Mahasiswa. Performa, 147–156.
Maidarman. (2010). Evaluasi Pelaksanaan Program Pendidikan Jasmani Sekolah Lanjutan Tingkat Pertama di Kota Padang. Performa, 49–59.
Mardela, R. (2016). Keterampilan Gerak Dasar Siswa Paud Kota Padang. Performa, 206–222.
Masrun. (2016). Pengaruh Mental Toughness Dan Motivasi Berprestasi Terhadap Prestasi Olahraga Atlit PPLP Sumbar. Jurnal Performa Olahraga, 1–11.
Maulani, I. (2011). Minat Siswa Belajar Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan Ihsan. Jurnal Patriot, 1077–1086.
Moya, A. (2019). Renang berkelanjutan meningkatkan kapilasi otot putih dan pertumbuhan dengan hiperplasia pada ikan air tawar gilthead (Sparus aurata) fi omelan. 501, 397–403. https://doi.org/10.1016/j.aquaculture.2018.10.062
Neldi, H. (2018). Kontribusi Status Gizi Terhadap Kesegaran Jasmani. Performa, 60–69.
Noor, M. (2019). Guru Profesional dan Berkualitas. ALPRIN.
Putra, A. Y., & Lesmana, H. S. (2016). Perbedaan Pengaruh Pemulihan Aktif Dan Pemulihan Pasif Di Air Hangat Terhadap Penurunan Kadar Asam Laktat Setelah Aktivitas Fisik Submaksimal. Jurnal Performa Olahraga, 1((02)), 93–106.
Riduwan. (2011). Pengantar Statistik Untuk Penelitian Pendidikan, Sosial, Ekonomi, Komunikasi, dan Bisnis. Alfabeta.
Sato, D. D. (2020). Brain Research Superior Sensorimotor Behavior in Aquatic Environments. 395, 1–11. https://doi.org/10.1016/j.bbr.2020.112835
Sin, T. H., & Hudayani, F. (2020). S tudi motivasi siswa dalam mengikuti pembelajaran pendidikan jasmani olahraga kesehatan. 5, 30–34. https://doi.org/10.23916/08588011
Siregar, G., & Syahara, S. (2019). Perbandingan Tes Vertical Jump Dan Standing Broad Jump Terhadap Jarak Luncuran Pada Start Renang Gaya Bebas. Patriot, 139–144.
Sudijono, anas. (2012). Pengantar Statistik Pendidikan. Rajawali Pres.
Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung:Alfabeta.
Sugiyono. (2014). Cara Mudah Menyusun Skripsi, Tesis, dan Disertasi. Alfabeta.
Suharyat, Y. (2009). Hubungan Anatara Sikap, Minat dan Perilaku Manusia. Region, vol 1.
Syahputra, N., & Arwandi, J. (2014). Persepsi Masyarakat Kota Padang Terhadap Olahraga Renang di Kota Padang. Patriot, 164–170.
Tavakolizadeh, J. (2012). The effect of swimming on the self-concept of female high school students. 69, 1226–1233. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2012.12.055
Wahyudi, D. (2019). Motivasi Berprestasi Atlet Sepakbola Jordus FC Kota Batusangkar. Pendidikan Olahraga, 2(1), 126–130.
Wickersham, A., Sugg, H. V., Epstein, S., Stewart, R., Ford, T., & Downs, J. (2020). Systematic Review and Meta-Analysis: The Association Between Child and Adolescent Depression and Later Educational Attainment. In Journal of the American Academy of Child & Adolescent Psychiatry. American Academy of Child & Adolescent Psychiatry. https://doi.org/10.1016/j.jaac.2020.10.008
Published
2021-08-18
How to Cite
Ramadhan, S., Lesmana, H., Sin, T., & Denay, N. (2021). Minat Peserta Didik Kelas XI terhadap Proses Pembelajaran Renang. Jurnal Patriot, 3(3), 223-232. https://doi.org/10.24036/patriot.v3i3.736

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.