KECANDUAN GAME ONLINE MOBILE LEGENDS DAN EMOSI SISWA SMAN3 BATUSANGKAR
Abstract
Game online merupakan sebuah permainan yang dimainkan melalui koneksi internet atau jaringan yang bertujuan sebagai hiburan game online semakin marak terutama dikalangan pelajar, salah satu game online yang sering dimainkan yaitu game online Mobile Legends. Pada dasarnya, game online Mobile Legends bertujuan sebagai hiburan untuk menghilangkan penat setelah belajar, tapi kenyataannya game online Mobile Legends dijadikan sebagai rutinitas yang dimainkan secara terus menerus dengan intesitas tinggi yang membuat kecanduan atau ketergantungan dan memberikan pengaruh pada emosi siswa. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan bagaimana kecanduan game online Mobile Legends dan emosi siswa SMAN 3 Batusangkar. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Penelitian ini dilaksanakan pada tanggal 21 September 2020 hingga 06 Oktober 2020 di SMAN 3 Batusangkar. Penelitian ini melibatkan 10 orang siswa, 9 orang tua, dan 4 orang guru. Adapun teknik yang digunakan dalam penelitian ini yaitu, pengumpulan data, reduksi data, display data, verifikasi data dan triangulasi. Hasil temuan menujukkan siswa SMAN 3 Batusangkar mengalami kecanduan bermain game online Mobile Legends. Hal ini terbukti dengan lamanya siswa bermain game online dan intesistas waktu yang dimainkan sehingga mempengaruhi emosi sensoris dan emosi psikis siswa. Dalam permasalahan kecanduan game online pada siswa ditemukan bahwa orang tua dan guru ternyata memiliki peran penting untuk mengawasi anak yang kecanduan game online tersebut, dengan cara memberikan arahan atau nasehat serta melakukan pendekatan.
Downloads
References
Anggraini, S., & Alnedral, A. (2019). Hubungan Kebugaran Jasmani Terhadap Kecerdasan Emosional Atlet Pencak Silat. Jurnal JPDO, 2(1), 114-118.
Anhar,R.. 2014). Hubungan Kecanduan Game Online dengan Keterampilan Sosial Remaja di 4 Game Centre di Kecamatan Klojen Kota Malang (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim).
Arwandi, J. (2016). Kontribusi Motivasi Berprestasi terhadap Kinerja Guru Sekolah Dasar Negeri Kecamatan Padang Utara. Performa, 1(02), 107-120.
Atradinal, A. A. (2017). Hubungan Motivasi Kerja dengan Kinerja Guru Penjasorkes Padang Utara Kota Padang. Jurnal Performa Olahraga, 2(02), 112-119.
Baidawi, T. (2019). Minat Siswa Terhadap Pembelajaran Bolavoli. Jurnal Patriot, 2(5), 1300-1306.
Cahyani, F. I., & Marheni, E. (2018). Karakter dan Motivasi Terhadap Prestasi Atlet Usia Muda PASI. Jurnal Patriot, 152-159.
Febriandari, D., & Nauli, F. A. (2016). Hubungan Kecanduan Bermain Game Online terhadap Identitas Diri Remaja. Jurnal Keperawatan Jiwa, 4(1), 50-56.
Inarta, G. U., & Aziz, I. (2020). Pelaksanaan Pembelajaran Pendidikan Jasmani Pada Anak Berkebutuhan Khusus Di SLB YPPLB Kota Padang. Jurnal Patriot, 2(1), 336-344.
Indra, P., & Marheni, E. (2020). Pengaruh Metode Latihan dan Motivasi Berlatih terhadap Keterampilan Bermain Sepak Bola Ssb Persika Jaya Sikabau. Jurnal Performa Olahraga, 5(1), 39-47.
Kharisma, A. C., Fitryasari, R., & Rahmawati, P. D. (2020). Online Games Addiction and the Decline in Sleep Quality of College Student Gamers in the Online Game Communities in Surabaya, Indonesia. International Journal of Psychosocial Rehabilitation, 24(7).
Kurniawan, D. E. (2017).Pengaruh Intensitas Bermain Game Online terhadapPerilaku Prokrastinasi Akademik Pada Mahasiswa Bimbingan Dan Konseling Universitas PGRI Yogyakarta. Jurnal KonselingGUSJIGANG, 3(1).
Lesmana, I. P. M., & Sin, T. H. (2019). Hubungan Emosional Dan Koordinasi Mata-Tangan Terhadap Kemampuan Passing Atas Bolavoli. Jurnal Patriot, 2(4), 810-819.
Marheni, Eddy, Apriyanti Rahmalia, Rinia Nelavani. 2012. Bullying Versus Tawuran (Studi Tentang Kematangan Emosional Siswa SMK Kota Padang). Padang, Sumatera Barat: Pasca sarjana Universitas Negeri Padang, Laporan Akhir Penelitian Profesor.
Moleong, Lexy J. 2009. Metodologi penelitian kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Pande, N. P. A. M., &Marheni, A. (2015).Hubungan Kecanduan Game Online dengan Prestasi Belajar Siswa SMP Negeri 1 Kuta. Jurnal Psikologi Udayana, 2(2), 163-171.
Purnomo, E. (2018). Kepribadian Mahasiswa Kepelatihan: Perspektif Psikologi Olahraga. Performa, 3(02), 100-100.
Rahayu, S. P., & Marheni, E. (2020). Perilaku Masyarakat terhadap Anak Berkebutuhan Khusus Sekolah Luar Biasa Perwari Padang. Jurnal Performa Olahraga, 5(1), 54-58.
Rosyati, T., Purwanto, M. R., Gumelar, G., Yulianti, R. T., & Mukharrom, T. (2020). Effects of Games and How Parents Overcome Addiction to Children. Journal of Critical Reviews, 7(1), 65-67.
Sl Chang, Chiy Chen, (2008). An exploration of the tendency to online game addiction due to user’s liking of design features. Asian journal of health and information sciences, 2008, 3.1-4: 38-51.
Ulfa, M., & Risdayati, R. (2017). Pengaruh Kecanduan Game Online Terhadap Perilaku Remaja Di Mabes Game Center Jalan Hr. subrantas Kecamatan Tampan Pekanbaru (Doctoral dissertation, Riau University).
Van Rooij, A. J., Schoenmakers, T. M., Vermulst, A. A., Van Den Eijnden, R. J., & Van De Mheen, D. (2011). Online video game addiction: identification of addicted adolescent gamers. addiction, 106(1), 205-212.
Xu, Z., Turel, O., & Yuan, Y. (2012). Online game addiction among adolescents: motivation and prevention factors. European Journal of Information Systems, 21(3), 321-340.
Yasmitika, Y., Sin, T. H., & Asnaldi, A. (2020). Tinjauan Minat Latihan Karateka Dojo Polres Inkanas Bukittinggi. Jurnal Patriot, 2(3), 782-795.
Yuliani, R. (2013). Emosi Negatif Siswa Kelas XI SMAN 1 Sungai Limau. Jurnal Ilmiah Konseling, 2(1), 151-155.