PELAKSANAAN PEMBELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI OLAHRAGA DAN KESEHATAN
Abstract
Masalah dalam penelitian ini peneliti menduga kurang terlaksananya pembelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan di SMA Negeri 2 Batang Kapas. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan di SMA Negeri 2 Batang. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 2 Batang Kapas. Waktu penelitian ini dilaksanakan pada bulan Oktober 2020. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SMA Negeri 2 Batang Kapas yang berjumlah 142 orang siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik random sampling, maka jumlah sampel dalam penelitian ini sebanyak 36 orang siswa. Instrument dalam penelitian ini menggunakan kuesioner penelitian berskala Guttman. Teknik analis data menggunakan analisis statistik deskriptif persentatif. Hasil penelitian: 1) Pelaksanaan pembelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan di SMA N 2 Batang Kapas dilihat dari sudut perencanaan pembelajaran pada kategori sangat baik dengan persentase 87,37%. 2) Pelaksanaan pembelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan di SMA N 2 Batang Kapas dilihat dari sudut proses pelaksanaan pembelajaran pada kategori sangat baik dengan persentase 86,26%. 3) Pelaksanaan pembelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan di SMA N 2 Batang Kapas dilihat dari sudut evaluasi yang digunakan pada kategori sangat baik dengan persentase 82,50%.
Downloads
References
Ali. 1992. Strategi Penelitian Pendidikan. Bandung: Angkasa Anggota IKAPI
Aziz, I. (2016). PELAKSANAAN STANDAR NASIONAL PENDIDIKAN PADA SEKOLAH DASAR DAN IBTIDAIYAH KOTA BUKITTINGGI. Jurnal Performa Olahraga, 1(02), 131-146. https://doi.org/10.24036/jpo81019
Dwiyogo, W. D., & Cholifah, P. S. (2016). Continuing Professional Development for Physical Education Teacher in Elementary School through Blended Learning. International Conference on Education, (14), 948–955.
Hermiyanty, H., Hasanah, H., & Setiawan, H. (2016). Implementasi Pendidikan Kesehatan Reproduksi Remaja dalam Kurikulum Pendidikan Jasmani Olahraga dan
Kesehatan di Sekolah Menengah Atas Kota Palu. Healthy Tadulako Journal (Jurnal Kesehatan Tadulako), 2(1).
Hendri, G., & Aziz, I. (2020). Motivasi Siswa Dalam Proses Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga Kesehatan Di SMAN 1 Padang Sago Padang Pariaman. Jurnal Patriot, 2(1), 171-181. https://doi.org/10.24036/patriot.v2i1.533.
hermanzoni, hermanzoni. (2016). TINJAUAN IQ DAN MOTIVASI BERPRESTASI ATLET BOLAVOLI PRA-PON SUMATERA BARAT. Jurnal Performa Olahraga, 1(01), 13-26. https://doi.org/10.24036/jpo73019
Ishak Aziz. 2006. Dasar-Dasar Penelitian Olahraga. Jakarta: Kencana.
Jahanian, R. (2012). Educational Evaluation: Functions and Applications in Educational Contexts. International Journal of Academic Research in Economics and Management Sciences, 1 (2), 2226–3624.
Koc, Y. (2017). The Effect of “Physical Education and Sport Culture” Course on the Attitudes of Preservice Classroom Teachers towards Physical Education and Sports. International Journal of Higher Education, 6(4), 200. https://doi.org/10.5430/ijhe.v6n4p200.
Lesmana, H., & Broto, E. (2017). OLAHRAGA SEBAGAI UPAYA PREVENTIF OSTEOPOROSIS DINI. Jurnal Performa Olahraga, 2(01), 32-41. https://doi.org/10.24036/jpo65019
Maidarman, M. (2017). Evaluasi Pembelajaran Pada Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Padang Tahun 2016. Jurnal Performa Olahraga, 2(02), 143-151. https://doi.org/10.24036/jpo54019.
Maidarman, M. (2018). Evaluasi Pelaksanaan Program Pendidikan Jasmani Sekolah Lanjutan Tingkat Pertama di Kota Padang. Jurnal Performa Olahraga, 3(01), 49. https://doi.org/10.24036/jpo40019
Masrun, M. (2016). PENGARUH MENTAL TOUGHNESS DAN MOTIVASI BERPRESTASI TERHADAP PRESTASI OLAHRAGA ATLET PPLP SUMBAR. Jurnal Performa Olahraga, 1(01), 1-11. https://doi.org/10.24036/jpo72019
Mustofa, R., Irawadi, H., Lesmana, H., & Ridwan, M. (2020). AKTIVITAS LATIHAN MAHASISWA PRODI PENDIDIKAN KEPELATIHAN OLAHRAGA FIK UNP. Jurnal Patriot, 2(3), 743-756. https://doi.org/10.24036/patriot.v2i3.659
Orlando, I., & -, M. (2018). Hubungan Tingkat Kebugaran Jasmani Terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Patriot, 187-193. https://doi.org/10.24036/patriot.v0i0.30.
Qoulbi, G., & Alnedral, A. (2020). Pelaksanaan Pembelajaran PJOK di Kelas XII SMA N 1 Batusangkar Dilihat dari Sudut Perencanaan, Proses, dan, Evaluasi. Jurnal Patriot, 2(1), 148-158. https://doi.org/10.24036/patriot.v2i1.551
Rahman, hendriko, & -, A. (2019). Motivasi Siswa Dalam Mengikuti Ekstrakurikuler Pencak Silat. Jurnal Patriot, 1(3), 896-909. https://doi.org/10.24036/patriot.v1i3.384
Ryan, T., & Poirier, Y. (2012). Secondary Physical Education Avoidance and Gender: Problems and Antidotes. International Journal of Instruction, 5 (2), 173–194.
Saputra, A., & _, A. (2020). Evaluasi Kebijakan Pembinaan Prestasi PSTI Kota Pariaman. Jurnal Performa Olahraga, 5(1), 1-5. https://doi.org/10.24036/jpo132019
Sepriadi, sepriadi, & Neldi, H. (2018). KONTRIBUSI STATUS GIZI TERHADAP KESEGARAN JASMANI. Jurnal Performa Olahraga, 3(01), 60. https://doi.org/10.24036/jpo9019
Taqwim, R. I., Winarno, M. E., & Roesdiyanto, R. (2020). Pelaksanaan Pembelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 5(3), 395-400.