MINAT BACA MAHASISWA
Abstract
Latar belakang penelitian ini adalah berdasarkan fakta minat baca Mahasiswa Universitas Negeri Padang, (Team Peneliti IKIP Padang) menyatakan: a. Kunjungan mahasiswa untuk membaca ke perpustakaan tampaknya masih rendah, yaitu kurang dari 3 kali seminggu. b. Rata-rata yang membaca hampir separuh mahasiswa hanya sekitar 18.7 jam perminggu atau rata-rata 2.7 jam perhari. c. Ternyata bahwa kurang dari 50 % dari mahasiswa yang membaca buku ilmiah. Maka dari hal ini dapat kita simpulkan masalah dalam penelitian ini adalah kurangnya minat baca Mahasiswa Prodi Pendidikan Kepelatihan Olahraga FIK UNP angkatan 2018. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana minat baca sehari-hari Mahasiswa Prodi Pendidikan Kepelatihan Olahraga FIK UNP angaktan 2018 ditinjau dari aktivitas, minat serta durasi dalam membaca. Jenis penelitian ini adalah deskriptif dengan metode survei. Populasi berjumlah 267 orang Mahasiswa Prodi Pendidikan Kepelatihan Olahraga FIK UNP angkatan 2018. Sampel diambil dengan teknik Simple Random Sampling, dengan jumlah sampel sebanyak 72 orang. Pengumpulan data ini menggunakan kuesioner yang disebarkan kepada seluruh mahasiswa yang dijadikan sampel. Hasil penelitian adalah minat baca mahasiswa diperoleh dengan tingkat pencapaian 50,97% berada pada ketegori kurang, jenis-jenis bacaan dengan tingkat pencapaian sebesar 32,52%, dengan rata-rata mahasiswa membaca pada kategori sangat kurang,tujuan-tujuan membaca dengan tingkat pencapaian 45,66 berada pada ketegori kurang, tempat membaca dengan tingkat pencapaian 33,16% berada pada kategori sangat kurang, dan waktu membaca dengan tingkat pencapaian 28,17% berada pada kategori sangat kurang, dengan rata-rata mahasiswa membaca pada kurun waktu 0-5 jam. Maka dari ini dapat kita simpulkan agar mahasiswa terkhususnya mahasiswa olahraga untuk meningkatkan kualitas membaca dengan memahami baik itu jenis-jenis bacaan, tujuan membaca, tempat membaca dan waktu membaca agar kita sebagai seorang guru ataupun pelatih dapat memahami setiap teori-teori olahraga agar dapat menyampaikan baik itu teknik dan taktik dalam setiap cabang olahraga menjadi lebih mudah dipahami dan dipraktekan.
Downloads
References
Ahmadi,F.(2010).MeningkatkanMinatMembacaSiswaSekolahDasarDenganMetode Glenn Doman Berbasis Multimedia. JurnalPenelitianPendidikan, 27(1).
Ali, M. (2017). Analisis Minat Baca Mahasiswa Universitas Sembilanbelas November Kolaka di Perpustakaan Universitas Sembilanbelas November Kolaka. XW, 1(1).
Carrell, P. (1991). Second Language Reading Ability or Reading Proficiency (6th ed). Cambridge : Cambridge University Press.
Dalman. (2013). Keterampilan Membaca. Jakarta: RajaGrafindo Persada
Faradina, N. (2017). pengaruh program gerakan literasi sekolah terhadap minat baca siswa di SD Islam Terpadu Muhammadiyah An-Najah Jatinom Klaten. Hanata Widya, 6(8), 60-69.
Handayani, Agustin. 2001. Minat Kerja Sebagai Sales Ditinjau dari Jenis Kelamin dan Harga Diri. Majalah Ilmiah Unissula. Vol XIII. No 88. Oktober-Desember. Hal 71. Semarang: Universitas Sultan Agung
Hardianto, D. (2011). Studi tentang minat baca mahasiswa Fakultas Ilmu Pendidikan UNY. Majalah Ilmiah Pembelajaran, 7(1).
Harsono, A. S. R., Fuady, A., & Saddhono, K. (2012). Pengaruh Strategi Know Want To Learn (KWL) Dan Minat Membaca Terhadap Kemampuan Membaca Intensif Siswa SMP Negeri Di Temanggung. Jurnal Penelitian Bahasa, Sastra Indonesia, dan Pengajarannya, 1(1), 142-152.
Haryanto, J., & Welis, W. (2019). Exercising Interest in the Middle Age Group. Jurnal Performa Olahraga, 4(02), 214-223. https://doi.org/10.24036/jpo131019
Kasiyun, S. (2015). Upaya meningkatkan minat baca sebagai sarana untuk mencerdaskan bangsa. Jurnal Pena Indonesia, 1(1), 79-95.
Komarudin, D. (2018). Hubungan Antara Kreativitas Dengan Prestasi Belajar Siswa. Psympathic: Jurnal Ilmiah Psikologi, 4(1), 278–288. https://doi.org/10.15575/psy.v4i1.2196
Musdalifah, S., & Sihaloho, E. D. (2019). Pengaruh Jam Baca Terhadap IPK Mahasiswa FEB UNPAD. JURNAL PENDIDIKAN EKONOMI: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, Ilmu Ekonomi dan Ilmu Sosial, 13(2), 15-26.b
Mitasari, L. S., & Utami, R. D. (2017). Peran Kegiatan Literasi Dalam Meningkatkan Minat Membaca Dan Menulis Siswa Kelas Atas diSDN Gumpang 1 (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta).
Nugraha, K. (2015). PENGARUH INTERNET TERHADAP MINAT BACA MAHASISWA DI UNIVERSITAS WIDYATAMA (Doctoral dissertation, Universitas Widyatama).
Ohoiwutun, V. E. (2014). Pengaruh manajemen koleksi perpustakaan terhadap minat baca mahasiswa jurusan ilmu keperawatan Universitas Katolik De La Salle Manado. ACTA DIURNA KOMUNIKASI, 3(2).
Parmadani, T. S., & Latifah, L. (2016). Pengaruh Minat Baca, Sumber Belajar Dan Lingkungan Teman Sebaya Terhadap Prestasi Belajar Ekonomi. Economic Education Analysis Journal, 5(2), 505-505.
Priyeti, P. (2017). USAha Meningkatkan Minat Baca Mahasiswa. Jurnal Pustaka Budaya, 4(1), 126837.
Purwaningsih, D. C. (2015). Pengaruh Fasilitas Perpustakaan Dan Pelayanan Perpustakaan Terhadap Minat Membaca Siswa Kelas Xi Di Perpustakaan SMK N 1 Kendal (Doctoral dissertation, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG).
Purwanto, Ngalin. 1997. Psikologi Pendidikan. Bandung: PT. Remaja Karya
Rahim, F. (2008). Pengajaran Membaca Di Sekolah Dasar. Jakarta: Bumi Aksara.
Sutarno, N. (2003). Perpustakaan dan Masyarakat. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia.
Team Peneliti IKIP Padang. (1979). Studi Pemanfaatan Perpustakaan Oleh Staf Pengajar Dan Mahasiswa.
Triatma, I. N. (2016). Minat baca pada siswa kelas VI sekolah dasar negeri delegan 2 prambanan sleman Yogyakarta. E-Jurnal Skripsi Program Studi Teknologi Pendidikan, 5(6), 166-178.
Wahadaniyah, H. (1997). Perpustakaan Sekolah Sebagai Sarana Pengembangan Minat Dan Kegemaran Membaca. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.
Widodo, A., Indraswasti, D., Erfan, M., Maulyda, M. A., & Rahmatih, A. N. (2020). Profil minat baca mahasiswa baru PGSD Universitas Mataram. Premiere Educandum: Jurnal Pendidikan Dasar Dan Pembelajaran, 10(1), 34.
Copyright (c) 2020 Jurnal Patriot

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Silahkan temukan hak dan lisensi dalam Jurnal Patriot:
- Lisensi Penggunaan artikel non-komersial akan diatur oleh lisensi Atribusi Creative Commons seperti yang saat ini ditampilkan di Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 Lisensi Atribusi Internasional (tautan: http://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0/ )
- Garansi Penulis. Penulis menjamin bahwa artikel tersebut asli, ditulis oleh penulis lain, belum pernah dipublikasikan sebelumnya, tidak mengandung pernyataan yang tidak valid, tidak melanggar hak orang lain, tunduk pada hak cipta yang dipegang secara eksklusif oleh penulis dan bebas dari setiap hak pihak ketiga, dan bahwa setiap izin tertulis yang diperlukan untuk mengutip dari sumber lain telah diperoleh oleh penulis.
- Pengguna Keberanian untuk mengedarkan artikel yang diterbitkan sebebas mungkin. Di bawah lisensi Creative Commons, ini memungkinkan pengguna untuk menyalin, mendistribusikan, menampilkan, dan bekerja hanya untuk tujuan non-komersial. Pengguna juga perlu mengaitkan penulis dan mendistribusikan karya dalam jurnal.
- Hak Penulis; a) Hak cipta dan hak kepemilikan lainnya yang terkait dengan artikel, seperti paten; b) Hak untuk menggunakan substansi artikel dalam pekerjaannya di masa depan, termasuk kuliah dan buku; c) Hak untuk mereproduksi artikel untuk keperluan sendiri, asalkan salinan tidak ditawarkan untuk dijual; d) Hak untuk mengarsipkan diri sendiri artikel tersebut; e) Hak untuk mengadakan perjanjian kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi artikel yang diterbitkan (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas publikasi awal dalam jurnal ini .
- Co-Authorship Jika artikel ini disusun bersama oleh penulis lain, penandatangan formulir ini menjamin bahwa artikel tersebut telah diotorisasi oleh semua penulis bersama untuk menandatangani perjanjian ini atas nama mereka, dan setuju untuk memberi tahu rekan penulis mereka tentang ketentuan perjanjian ini. .
- Pengakhiran Perjanjian ini dapat diakhiri oleh penulis atau setelah pemberitahuan dua bulan di mana pihak lain telah secara material melanggar perjanjian ini dan gagal untuk memperbaiki pelanggaran dalam waktu satu bulan setelah pemberitahuan oleh pihak penghentian yang meminta pelanggaran untuk diperbaiki. Tidak ada pelanggaran atau pelanggaran perjanjian ini yang akan menyebabkan perjanjian ini atau lisensi apa pun yang diberikan di dalamnya untuk mengakhiri secara otomatis atau mempengaruhi definisi Jurnal patriot.
- Royalti Perjanjian ini memberi penulis hak untuk tidak ada royalti atau biaya lainnya. Sejauh diizinkan oleh hukum, penulis melepaskan haknya untuk mengumpulkan royalti relatif terhadap artikel sehubungan dengan penggunaan artikel oleh atau pemegang lisensinya.
- Pernyataan Privasi, Nama dan alamat email yang dimasukkan di situs web jurnal ini akan digunakan secara eksklusif untuk tujuan jurnal ini dan tidak akan tersedia untuk tujuan lain atau untuk pihak lain. Namun, karena kemajuan dan ketersediaan teknik peretasan dan penambangan data yang ditemukan melalui Internet, Jurnal patriot tidak akan dapat menjamin bahwa pihak lain tidak akan menambang alamat email pengguna kami dengan cara apa pun yang mungkin dapat ditemukan melalui internet.