MINAT BACA MAHASISWA

  • Fajri Ferbrian Universitas Negeri Padang
  • *Hendri Irawadi Universitas Negeri Padang
  • Ishak Aziz Fakultas Ilmu Keolahragaan, Universitas Negeri Padang
  • Romi Mardela Fakultas Ilmu Keolahragaan, Universitas Negeri Padang

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah berdasarkan fakta minat baca Mahasiswa Universitas Negeri Padang, (Team Peneliti IKIP Padang) menyatakan: a. Kunjungan mahasiswa untuk membaca ke perpustakaan tampaknya masih rendah, yaitu kurang dari 3 kali seminggu. b. Rata-rata yang membaca hampir separuh mahasiswa hanya sekitar 18.7 jam perminggu atau rata-rata 2.7 jam perhari. c. Ternyata bahwa kurang dari 50 % dari mahasiswa yang membaca buku ilmiah. Maka dari hal ini dapat kita simpulkan masalah dalam penelitian ini adalah kurangnya minat baca Mahasiswa Prodi Pendidikan Kepelatihan Olahraga FIK UNP angkatan 2018. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana minat baca sehari-hari Mahasiswa Prodi Pendidikan Kepelatihan Olahraga FIK UNP angaktan 2018 ditinjau dari aktivitas, minat serta durasi dalam membaca. Jenis penelitian ini adalah deskriptif dengan metode survei. Populasi berjumlah 267 orang Mahasiswa Prodi Pendidikan Kepelatihan Olahraga FIK UNP angkatan 2018. Sampel diambil dengan teknik Simple Random Sampling, dengan jumlah sampel sebanyak 72 orang. Pengumpulan data ini menggunakan kuesioner yang disebarkan kepada seluruh mahasiswa yang dijadikan sampel. Hasil penelitian adalah minat baca mahasiswa diperoleh dengan tingkat pencapaian 50,97% berada pada ketegori kurang, jenis-jenis bacaan dengan tingkat pencapaian sebesar 32,52%, dengan rata-rata mahasiswa membaca pada kategori sangat kurang,tujuan-tujuan membaca dengan tingkat pencapaian 45,66 berada pada ketegori kurang, tempat membaca dengan tingkat pencapaian 33,16% berada pada kategori sangat kurang, dan waktu membaca dengan tingkat pencapaian 28,17% berada pada kategori sangat kurang, dengan rata-rata mahasiswa membaca pada kurun waktu 0-5 jam. Maka dari ini dapat kita simpulkan agar mahasiswa terkhususnya mahasiswa olahraga untuk meningkatkan kualitas membaca dengan memahami baik itu jenis-jenis bacaan, tujuan membaca, tempat membaca dan waktu membaca agar kita sebagai seorang guru ataupun pelatih dapat memahami setiap teori-teori olahraga agar dapat menyampaikan baik itu teknik dan taktik dalam setiap cabang olahraga menjadi lebih mudah dipahami dan dipraktekan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ahira, Anne. 2009.Mengenal Teori Motivasi [online]. http:// www.anneahira.com/ motivasi/ teori-motivasi.html (di akses tanggal 26 Agustus 2016)

Ahmadi,F.(2010).MeningkatkanMinatMembacaSiswaSekolahDasarDenganMetode Glenn Doman Berbasis Multimedia. JurnalPenelitianPendidikan, 27(1).

Ali, M. (2017). Analisis Minat Baca Mahasiswa Universitas Sembilanbelas November Kolaka di Perpustakaan Universitas Sembilanbelas November Kolaka. XW, 1(1).

Carrell, P. (1991). Second Language Reading Ability or Reading Proficiency (6th ed). Cambridge : Cambridge University Press.

Dalman. (2013). Keterampilan Membaca. Jakarta: RajaGrafindo Persada

Faradina, N. (2017). pengaruh program gerakan literasi sekolah terhadap minat baca siswa di SD Islam Terpadu Muhammadiyah An-Najah Jatinom Klaten. Hanata Widya, 6(8), 60-69.

Handayani, Agustin. 2001. Minat Kerja Sebagai Sales Ditinjau dari Jenis Kelamin dan Harga Diri. Majalah Ilmiah Unissula. Vol XIII. No 88. Oktober-Desember. Hal 71. Semarang: Universitas Sultan Agung

Hardianto, D. (2011). Studi tentang minat baca mahasiswa Fakultas Ilmu Pendidikan UNY. Majalah Ilmiah Pembelajaran, 7(1).

Harsono, A. S. R., Fuady, A., & Saddhono, K. (2012). Pengaruh Strategi Know Want To Learn (KWL) Dan Minat Membaca Terhadap Kemampuan Membaca Intensif Siswa SMP Negeri Di Temanggung. Jurnal Penelitian Bahasa, Sastra Indonesia, dan Pengajarannya, 1(1), 142-152.

Haryanto, J., & Welis, W. (2019). Exercising Interest in the Middle Age Group. Jurnal Performa Olahraga, 4(02), 214-223. https://doi.org/10.24036/jpo131019

Kasiyun, S. (2015). Upaya meningkatkan minat baca sebagai sarana untuk mencerdaskan bangsa. Jurnal Pena Indonesia, 1(1), 79-95.

Komarudin, D. (2018). Hubungan Antara Kreativitas Dengan Prestasi Belajar Siswa. Psympathic: Jurnal Ilmiah Psikologi, 4(1), 278–288. https://doi.org/10.15575/psy.v4i1.2196

Musdalifah, S., & Sihaloho, E. D. (2019). Pengaruh Jam Baca Terhadap IPK Mahasiswa FEB UNPAD. JURNAL PENDIDIKAN EKONOMI: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, Ilmu Ekonomi dan Ilmu Sosial, 13(2), 15-26.b

Mitasari, L. S., & Utami, R. D. (2017). Peran Kegiatan Literasi Dalam Meningkatkan Minat Membaca Dan Menulis Siswa Kelas Atas diSDN Gumpang 1 (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta).

Nugraha, K. (2015). PENGARUH INTERNET TERHADAP MINAT BACA MAHASISWA DI UNIVERSITAS WIDYATAMA (Doctoral dissertation, Universitas Widyatama).

Ohoiwutun, V. E. (2014). Pengaruh manajemen koleksi perpustakaan terhadap minat baca mahasiswa jurusan ilmu keperawatan Universitas Katolik De La Salle Manado. ACTA DIURNA KOMUNIKASI, 3(2).

Parmadani, T. S., & Latifah, L. (2016). Pengaruh Minat Baca, Sumber Belajar Dan Lingkungan Teman Sebaya Terhadap Prestasi Belajar Ekonomi. Economic Education Analysis Journal, 5(2), 505-505.

Priyeti, P. (2017). USAha Meningkatkan Minat Baca Mahasiswa. Jurnal Pustaka Budaya, 4(1), 126837.

Purwaningsih, D. C. (2015). Pengaruh Fasilitas Perpustakaan Dan Pelayanan Perpustakaan Terhadap Minat Membaca Siswa Kelas Xi Di Perpustakaan SMK N 1 Kendal (Doctoral dissertation, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG).

Purwanto, Ngalin. 1997. Psikologi Pendidikan. Bandung: PT. Remaja Karya

Rahim, F. (2008). Pengajaran Membaca Di Sekolah Dasar. Jakarta: Bumi Aksara.

Sutarno, N. (2003). Perpustakaan dan Masyarakat. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia.

Team Peneliti IKIP Padang. (1979). Studi Pemanfaatan Perpustakaan Oleh Staf Pengajar Dan Mahasiswa.

Triatma, I. N. (2016). Minat baca pada siswa kelas VI sekolah dasar negeri delegan 2 prambanan sleman Yogyakarta. E-Jurnal Skripsi Program Studi Teknologi Pendidikan, 5(6), 166-178.

Wahadaniyah, H. (1997). Perpustakaan Sekolah Sebagai Sarana Pengembangan Minat Dan Kegemaran Membaca. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.

Widodo, A., Indraswasti, D., Erfan, M., Maulyda, M. A., & Rahmatih, A. N. (2020). Profil minat baca mahasiswa baru PGSD Universitas Mataram. Premiere Educandum: Jurnal Pendidikan Dasar Dan Pembelajaran, 10(1), 34.
Published
2020-12-30
How to Cite
Ferbrian, F., Irawadi, *Hendri, Aziz, I., & Mardela, R. (2020). MINAT BACA MAHASISWA. Jurnal Patriot, 2(4), 1076-1091. https://doi.org/10.24036/patriot.v2i4.716

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.