AKTIVITAS SEHARI-HARI MAHASISWA KEPELATIHAN FAKULTAS ILMU KEOLAHRAGAAN UNIVERSITAS NEGERI PADANG
AKTIVITAS SEHARI-HARI MAHASISWA KEPELATIHAN FAKULTAS ILMU KEOLAHRAGAAN UNIVERSITAS NEGERI PADANG
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah keterlibatan kegiatan aktivitas sehari-hari mahasiswa kepelatihan dalam melakukan kegiatan olahraga mahasiswa masih sedikit dalam memanfaatkan fasilitas dan sarana dan prasarana di lingkungan fakultas Ilmu Keolahragaan dan kegiatan tentang aktivitas mahasiswa sehari-hari jurusan kepelatihan Fakultas Ilmu Keolahragaan angkatan 2017 belum diketahui, maka peneliti perlu untuk mengetahui apa saja kegiatan mahasiswa sehari-hari jurusan Kepelatihan prodi Pendidikan Kepelatihan Olahraga Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Padang. Jenis penelitian ini adalah deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah semua mhasiswa kepelatihan olahraga berjumlah 261 mahasiswa, Sedangkan teknik pengambilan sampel menggunakan teknik simple random sampling maka jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 72 orang mahasiswa. Instrument dalam penelitian menggunakan angket yang telah di validasi oleh para ahli. Hasil penelitian ini adalah untuk variabel tentang aktivitas sehari-hari tentang indikator Sholat 69,25 % ,indikator membaca Al-qur’an 51,39%, indikator mendengar ceramah 58,86% , indikator kegitan sosial 82,14%, indikator kegiatan individu 81,94%, indikator membaca 51,85%, indikator mengerjakan kewajiban belajar 90,63% dan indikator latihan 85,83%.
Downloads
References
Axlnejad. 2008. “Hakikat Mahasiswa”. Diakses dari (https://axlnejad.wordpress.com/ 2008/12/16/hakikat-mahasiswa/), pada tanggal 25 Oktober 2019.
Afrizal. (2017). Hubungan Antara Kecepatan Dan Kekuatan Otot Tungkai Terhadap Kemampuan Tendangan Sepak Bola. Jurnal Performa, volume 2, No 1.
Barlian, Eri. (2016). Metodologi Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif. Padang: Sukabina Press.
Bagus Takwin. 2008. Menjadi Mahasiswa. Diakses dari (http://bagustakwin.multiply.com/ journal/item/18/Menjadi Mahasiswa), pada tanggal 25 Oktober 2019.
Dendy Sugono. (2008). Kamus Besar Bahasa Indonesia Edisi IV. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.
Haryanto J, Wilda W. (2019). Minat Berolahraga Kelompok Usia Middle Age. Jurnal performa. Volume 4, No 2, Hal. 222.
Hidayat K, Argantos. (2020). Peran Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) Sebagai Proses Prilaku Hidup Bersih Dan Sehat Peserta Didik. Jurnal Patriot, volume 2, no 2, hal. 637.
Irawadi H, Yusuf M J. (2019). Metode Latihan Drill Berpengaruh Terhadap KemampuanGroundstroke Tenis Lapangan. Jurnal Performa, volume 4, no 2, hal. 165.
Kim B, Kim Y. (2019). Growing As Social Beings: How Social Media Use For College Sport Is Associated With College Students’ Group Identity And Collective Self-esteem. Jurnal Computers In Human Behavior, Volume 97, Halaman 241-249.
Lord R, Lorimer R, Babraj J, dan Richardson A. (2019). The Role Of Mock Job Interviews In Enhancing Sport Students’ Employability Skill: An Exsample From The UK. Jurnal Of Hospitality, Laisure, Sport & Taorism Education, Volume 25, Halaman 100-195.
Noor, Juliansyah. (2011). Metodologi Penelitian: Skripsi, Tesis, Disertasi, dan Karya Ilmiah. Jakarta: Kencana.
Maulana G, Irawan R. (2020). Pengaruh metode bentuk permainan dalam bentuk latihan terhadap kemampuan shooting pemain SSB balai baru U-15 kota Padang. Jurnal patriot, volume 2, no 1, hal.321.
Mardatilah I, Hermanzoni. (2020). Faktor penyebab rendahnya mahasiswa kepelatihan terhadap kewirausahaan. Jurnal patriot, volume 2, no 1, hal. 333.
Prasetyo, Bambang & Jannah, Lina Miftahul. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif: Teori dan Aplikasi. Jakarta: Rajawali Pers.
Rikson Damanik, “Pengertian Aktivitas Menurut Para Ahli”, http://sondix.blogspot.com, diakses 22 Oktober 2013.
Pinar S, Ozdol Y dan Ozer M K. (2012). Investigation Of Physical Activity Levels Of Male Students During School Time: Does Participation In Reguler Sport Activities Affect On Physical Activity Levels Of Students?, Jurnal Procedia – Social And Behavioral Sciences, Volume 49, Halaman 1609 – 1613.
Silva A G, Queiros A, Neto M dan Rocha N P. (2016). Type And Quanty Of Physical Activity And Screen Based Activities Of Students From The 7th To The 12th Grades: Characterization And Association, Jurnal Rev Port Saude Publica, Volume 34(3), halaman 236 – 243.
Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta.
Siregar, Amran. (2006). Manajemen Sumber Daya Manusia. Malang: UMM Press.
Sin Tjung H. (2016). Persiapan mental training atlet dalam menghadapi pertandingan, Jurnal performa, volume 1, no 1, hal. 66.
Syafruddin. 2011. Ilmu Kepelatihan Olahraga. Padang: UNP Press.
Soulliard Z A, Kauffman A A, Harris H F F, Perry J E dan Ross M J. (2019). Examining Positive Body Image, Sport Confidence, Flow State, And Subjective Performance Among Student Athletes And Non-athletes, Jurnal Body Image, Volume 28, Halaman 93 – 100.
Umar, Fadilla N. (2019). Pengaruh latihan daya tahan aerobik terhadap kemampuan menembak, Jurnal performa, volume 4, no 2, hal. 97.
Wardani, Ai Syah P., Irawadi H. (2020). Perbedaan pengaruh latihan kelincahan Sutlle Run dengan latihan Lateran Run terhadap kemampuan menggiring bola siswa U-14 SSB putra wijaya FC Padang, Jurnal Patriot, volume 2, no 1, hal. 70.
Wahyuni S, Donie. (2020). Vo2max daya ledak otot tungkai, kelincahan dan kelentukan untuk kebutuhan kondisi fisik altet taekwondo, Jurnal Patriot, volume 2, no 2, hal. 09.
Yusuf G, Padli. (2020). Tinjauan Kondisi Fisik Atlet BolaBasket SMAN 01 Matur, Jurnal Patriot, Volume 2, no 1, Hal. 160.