HUBUNGAN ANTARA KEMAMPUAN VO2MAX DAN STATUS GIZI DENGAN HASIL BELAJAR PENJASORKES SISWA DI SMA NEGERI 2 KERINCI

HUBUNGAN ANTARA KEMAMPUAN VO2MAX DAN STATUS GIZI DENGAN HASIL BELAJAR PENJASORKES SISWA DI SMA NEGERI 2 KERINCI

  • Randi Asmilyadi Universitas Negeri Padang
  • Yendrizal - Universitas Negeri Padang

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat sejauhmana hubungan Vo2Max dan status gizi terhadap hasil belajar siswa SMA Negeri 2 Kerinci. Penelitian ini bersifat korelasional yaitu untuk mengetahui seberapa besar hubungan variabel satu dengan yang lainnya. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa SMA Negeri 2 Kerinci yaitu kelas II IPA sebanyak 132 orang, dan sampelnya berjumlah 40 orang siswa yang dilaksanakan di SMA Negeri 2 Kerinci dengan menggunakan teknik random sampling. Instrumen penelitian Vo2Max diperoleh dari bleep test, status gizi diperoleh berdasarkan pengukuran antropometri yaitu indek masa tubuh (IMT) dan hasil belajar Penjasorkes siswa di peroleh dari nilai rapor. Berdasarkan perhitungan korelasi product moment, 1) Terdapat hubungan yang signifikan Vo2Max dengan hasil belajar siswa yang diperoleh rhitung = 0,414>rtabel = 0,312. 2) Terdapat hubungan yang signifikan status gizi dengan hasil belajar yang diperoleh rhitung = -0,374>rtabel = 0,312. 3)  Terdapat hubungan yang signifikan antara kemampuan Vo2Max dan status gizi terhadap hasil belajar Penjasorkes pada siswa SMA Negeri 2 Kerinci yang diperoleh Rhitung = 0,581 yang diperoleh Fhitung = 9,29>Ftabel = 3,25.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2020-06-22
How to Cite
Asmilyadi, R., & -, Y. (2020). HUBUNGAN ANTARA KEMAMPUAN VO2MAX DAN STATUS GIZI DENGAN HASIL BELAJAR PENJASORKES SISWA DI SMA NEGERI 2 KERINCI. Jurnal Patriot, 2(2), 537-548. https://doi.org/10.24036/patriot.v2i1.656

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.