PENGARUH KEKUATAN OTOT LENGAN DAN DAYA LEDAK OTOT TUNGKAI TERHADAP KEMAMPUAN SMASH BOLAVOLI

PENGARUH KEKUATAN OTOT LENGAN DAN DAYA LEDAK OTOT TUNGKAI TERHADAP KEMAMPUAN SMASH BOLAVOLI

  • Wismiarti - - Universitas Negeri Padang
  • Hermanzoni - Universitas Negeri Padang
Keywords: Bolavoli, Kekuatan, Daya Ledak, Kemampuan Smash

Abstract

Rendahnya prestasi atlet Bolavoli diduga karena kemampuan smash yang kurang baik, dimana saat melakukan smash belum menghasilkan lompatan yang maksimal, belum bisa mengarahkan bola pada sasaran, dimana bola mudah diblok oleh lawan, bola sering keluar dan menyangkut di net serta bola mudah diterima oleh lawan. Bolavoli merupakan salah satu cabang olahraga Bolabesar yang membutuhkan kondisi fisik, teknik, tektik dan mental dalam penerapannya. Salah satu teknik yang menunjang yaitu smash. Untuk menunjang kemampuan  smash yang baik dibutuhkan kondisi fisik, yaitu kekuatan dan daya ledak. Kekuatan otot lengan dan daya ledak otot tungkai merupakan kondisi fisik yang dibutuhkan dalam penguasaan teknik smash. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh kekuatan otot lengan dan daya ledak otot tungkai terhadap kemampuan smash bolavoli. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Literatur Review. Disini akan dijabarkan kondisi fisik yang menunjang dalam kemampuan smash serta instrumen yang biasa digunakan untuk mengukur kondisi fisik tersebut.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2020-07-12
How to Cite
-, W., & -, H. (2020). PENGARUH KEKUATAN OTOT LENGAN DAN DAYA LEDAK OTOT TUNGKAI TERHADAP KEMAMPUAN SMASH BOLAVOLI. Jurnal Patriot, 2(2), 654-668. https://doi.org/10.24036/patriot.v2i2.644

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.