VO2MAX, DAYA LEDAK OTOT TUNGKAI, KELINCAHAN DAN KELENTUKAN UNTUK KEBUTUHAN KONDISI FISIK ATLET TAEKWONDO

VO2MAX, DAYA LEDAK OTOT TUNGKAI, KELINCAHAN DAN KELENTUKAN UNTUK KEBUTUHAN KONDISI FISIK ATLET TAEKWONDO

  • Sovia Wahyuni Universitas Negeri Padang
  • Donie - Universitas Negeri Padang
Keywords: Taekwondo, VO2max, Daya ledak, Kelincahan, Kelentukan

Abstract

Taekwondo adalah salah satu cabang olahraga beladiri yang membutuhkan komponen teknik, taktik, mental dan kondisi fisik. Dan taekwondo adalah adalah olahraga beladiri modern yang berakar pada beladiri tradisional korea, dan taekwondo juga merupakan seni beladiri yang menggunakan teknik kaki dan tangan kosong. Dan kondisi fisik adalah sebagai salah satu komponen penting bagi atlet taekwondo. Dan ada beberapa pertandingan yang dipertandingkan di dalam taekwondo di antaranya poomsae dan kyorugi. Ada beberapa kondisi fisik yang sangat dibutuhkan oleh atlet taekwondo yaitu: VO2max, daya ledak otot tungkai, kelincahan dan kelentukan, yang mana kondisi tersebut berperan penting terhadap kondisi fisik atlet taekwondo. Dan taekwondo adalah olahraga beladiri yang menggabungkan teknik kaki dan tangan kosong. Beberapa kondisi fisik tersebut akan dijelaskan di dalam artikel ini oleh penulis, didalam tulisan ini kami akan mencoba menguraikan beberapa kebutuhan kondisi fisik yang dibutuhkan tersebut dan akan menjelaskan juga instrumen yang digunakan untuk mengukur komponen kondisi fisik tersebut.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2020-07-12
How to Cite
Wahyuni, S., & -, D. (2020). VO2MAX, DAYA LEDAK OTOT TUNGKAI, KELINCAHAN DAN KELENTUKAN UNTUK KEBUTUHAN KONDISI FISIK ATLET TAEKWONDO. Jurnal Patriot, 2(2), 640-653. https://doi.org/10.24036/patriot.v2i2.639

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.