Studi Kondisi Fisik Bolavoli

  • Willy Eko Prasetyo Uiversitas Negri Padang
  • umar nawawi

Abstract

 Masalah dalam penelitian ini yaitu belum maksimalnya prestasi yang dimiliki atlet bolavoli klub Padang Adios. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat kondisi fisik  atlet bolavoli klub Padan Adios seperti komponen daya ledak otot tungkai, daya ledak otot lengan, koordinasi mata tangan, kelentukan pinggang, dan kelincahan. Jenis penelitian ini adalah deskriptif yang bertujuan untuk mengungkapkan tentang gambaran kondisi fisik atlet bolavoli klub Padang Adios. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 11 orang dengan teknik penarikan sampel total sampling. Instrumen yang digunakan untuk mengukur daya ledak otot tungkai dengan vertical jump test, daya ledak otot lengan dengan one hand medicine ball put, koordinasi mata-tangan dengan lempar tangkap bola tenis, kelentukan pinggang dengan bridge up test, dan kelincahan dengan agility t-test. Teknik analisis data yang digunakan adalah persentase. Hasil penelitian diperoleh sebagai berikut: (1) Daya ledak otot tungkai tergolong pada kategori sedang dengan rata-rata 119 kg-m/second sekitar 54,55%, (2) Daya ledak otot lengan tergolong pada kategori sedang dengan rata-rata 7,9 m sekitar 9,09%, (3) Koordinasi mata tangan pada kategori sedang dengan rata-rata 13 kali sekitar 45,45%, (4) Kelentukan pinggang tergolong pada kategori sedang dengan rata-rata 10 cm sekitar 9,09%, (5) Kelincahan tergolong pada kategori baik dengan rata-rata 9,9 detik sekitar 54,54%.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2020-06-22
How to Cite
Prasetyo, W., & nawawi, umar. (2020). Studi Kondisi Fisik Bolavoli. Jurnal Patriot, 2(2), 590-603. https://doi.org/10.24036/patriot.v2i1.615

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.