Pelaksanaan Kegiatan Ekstrakurikuler Sepakbola Sekolah Menengan Pertama (SMP) Negeri 2 Rambatan Kecamatan Rambatan Tanah Datar

  • Agus Salim Universitas Negeri Padang
  • Yanuar Kiram

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah belum terlaksanakan dengan baiknya  kegiatan ekstrakurikuler sepakbola SMP N 2 Rambatan, Kecamatan Rambatan, Kabupaten Tanah Datar, diduga disebabkan oleh kurangnya pembinaan yang dilakukan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahuin pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler sepakbola SMP N 2 Rambatan, Kecamatan Rambatan, Kabupaten Tanah Datar. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Februari 2020. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa yang aktif mengikuti kegiatan ekstrakurikuler sepakbola yang berjumlah 25 orang. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik total sampling, maka jumlah sampel dalam penelitian ini sebanyak 25 orang siswa. Instrument dalam penelitian ini menggunakan angket. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik distribusi frekwensi (statistik deskriptif). Berdasarkan hasil penelitian, maka dapat disimpulkan sebagai berikut: 1) Hasil penelitian tentang pelaksanaan ekstrakurikuler di SMP N 2 Rambatan pada indikator motivasi siswa berada pada kategori cukup dibuktikan dengan nilai capaian responden 67,14%.2) Hasil penelitian tentang pelaksanaan ekstrakurikuler di SMP N 2 Rambatan pada indikator kualitas guru/pelatih berada pada kategori kurang sekali dibuktikan dengan nilai capaian responden 53,14%. 3) Hasil penelitian tentang pelaksanaan ekstrakurikuler di SMP N 2 Rambatan pada indikator sarana dan prasarana berada pada kategori kurang dibuktikan dengan nilai capaian responden 62,40%.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Damanik, Saipul Ambri. "Pramuka ekstrakurikuler wajib di sekolah." Jurnal Ilmu Keolahragaan 13.02 (2014): 16-21.
Djamarah, Syaiful. Bahri. (2010). Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Firdaus, Kamal. (2012). Psikologi Belajar. Jakarta: Bumi Aksara.
Hastuti, Tri Ani. "Kontribusi ekstrakurikuler bolabasket terhadap pembibitan atlet dan peningkatan kesegaran jasmani." Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia 5.1 (2008).
Harsuki H (2003). Perkembangan olahraga terkini. PT Raja Grafindo persada
Hermanto, Hendrik. "Peningkatan Keterampilan Dribbling Dan Passing Dalam Permainan Sepak Bola Melalui Bentuk Latihan Bermain Pada Siswa Kelas Iv Sd Negeri Sekarputih Kecamatan Bagor Kabupaten Nganjuk Tahun Pelajaran 2016/2017."
Inriyani, Yayan, Wahjoedi Wahjoedi, and Sudarmiatin Sudarmiatin. "Pengaruh Kegiatan Ekstrakurikuler terhadap Prestasi Belajar IPS melalui Motivasi Belajar." Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan 2.7 (2017): 955-962.
Joseph A Luxbacher. (2012). Sepakbola. Depok. PT Raja Grafindo Persada
Magrisa, Tisa, Kartina Diah Kusuma Wardhani, and Maksum Ro’is Adin Saf. "Implementasi Metode Smart Pada Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Kegiatan Ekstrakurikuler Untuk Siswa Sma." Informatika Mulawarman: Jurnal Ilmiah Ilmu Komputer 13.1 (2018): 49-55.
Ngolo, Hamid, and Mukhlis Nur Abdul. "Pengembangan Model Pembelajaran Passing Permainan Sepak Bola Di SMP Negeri 7 Wasilei Halmahera Timur." Jp. jok (Jurnal Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan) 2.1 (2018): 30-41.
Nugroho, Tirto Ponco. “Hubungan Antara Kecepatan dan Kelincahan terhadap Ketrampilan Menggiring Bola dalam Sepak Bola pada Siswa Lembaga Pendidikan Sepakbola Atlas Binatama Semarang”. Diss. Universitas Negeri Semarang, 2005.
Riduwan (2012). Skala pengukuran variable-variabel penelitian. Bandung. Alfabeta
Safitri, Anfa, and Sonny Andrianto. "Hubungan antara kohesivitas dengan intensi perilaku agresi pada suporter sepak bola." Psikis: Jurnal Psikologi Islami 1.2 (2015): 11-23.
Sapulete, Janje J. "Hubungan Kelincahan dan Kecepatan dengan Kemampuan Menggiring Bola Pada Permainan Sepakbola Siswa SMK Kesatuan Samarinda." Jurnal ILARA 3.1 (2012): 109.
Syahrastani (2011) .psikologi olahraga. Padang. UNP Press
Syafruddin (1999). Dasar-dasar kepeltihan olahraga. DIP proyek universitas negeri Padang
Undang-undang Republik Indonesia No 3 Tahun 2005. System Keolahragaan Nasional
Wicaksono, Bayu. "Jurnal Kohesifitas Suporter Tim Sepak Bola Persija." (2012).
Published
2020-06-20
How to Cite
Salim, A., & Kiram, Y. (2020). Pelaksanaan Kegiatan Ekstrakurikuler Sepakbola Sekolah Menengan Pertama (SMP) Negeri 2 Rambatan Kecamatan Rambatan Tanah Datar. Jurnal Patriot, 2(1), 48-61. https://doi.org/10.24036/patriot.v2i1.610

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.