PEMBINAAN OLAHRAGA TRADISIONAL SILAT SIKOKA HARIMAU DAMAM

PEMBINAAN OLAHRAGA TRADISIONAL SILAT SIKOKA HARIMAU DAMAM

  • anisa ulhasni - Universitas Negeri Padang
  • Eri Barlian

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan bagaimana bentuk pembinaan olahraga tradisional yang diberikan perguruan silat Sikoka harimau Damam Jorong Lambuak Kab. 50 Kota. Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan metode deskriptif, eksplorasi data menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun responden dalam penelitian ini adalah pengurus perguruan, pelatih dan atlet perguruan silat Sikoka Harimau damam. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan, maka  dapat disimpulkan: (1)Kualitas pelatih di Perguruan Silek Sikoka Harimau Damam Jorong Lambuak Kab. 50 Kota dapat dikategorikan baik, ini dikarenakan adanya pengalaman dari pelatih, tetapi pelatih juga memiliki kekurangan dimana tidak adanya program latihan yang disusun secara sistematis oleh pelatih sebagai pedoman dalam melaksanakan latihan dan lisensi pelatih perguruan. (2) Sarana prasarana di Perguruan Silek Sikoka Harimau damam Jorong Lambuak Kab. 50 Kota secara umum dikategorikan baik, ini terlihat dari peralatan latihan dan tempat latihan yang memadai, tetapi mengenai prasarana terdapat beberapa kekurangan yaitu ketika hari hujan lapangan tersebut tidak dapat digunakan untuk melaksanakan latihan. (3) Sumber pendanaan di Perguruan Silek Sikoka Harimau Damam Jorong Lambuak Kab. 50 Kota dikategorikan belum baik, ini dikarenakan pendanaan di Perguruan Silek Sikoka Harimau Damam hanya mengandalkan uang kas dari atlet, sehingga tidak mencukupi untuk pemenuhan kebutuhan pembinaan.

 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Amrullah. 2019. Pengaruh Latihan Training Resistense Xander Terhadap Kemampuan Tendangan Sabit Pencak Silat. Volume 4 No. 1. Hal 88.

Barlian, Eri. 2016. Metodologi penelitian kualitatif dan kuantitatif. Padang: Sukabina Press.

Halbatullah, Astra Dan Suwiwa. 2019 Pengembangan Model Latihan Fleksibilitas Tingkat lanjut Dalam pembelajaran Pencak Silat. Volume 17 No. 2. Hal 137.

Iswana dan Siswantoyo. 2013 Model Latihan Keterampilan Gerak Pencak Silat Anak usia 9-12 tahun. Jurnal Keolahragaan, Volume 1 No. 1, hal 30.

Mardotillah dan Zein. 2016 Silat: Identitas Budaya, Pendidikan, Seni Bela Diri Dan Pemeliharaan Kesehatan. Jurnal Antropologi. Volume 18 No. 2. Hal 124.

Nasyir Masyitah. 2019 Analisis Manajemen Pembinaan Cabang Olahraga Pencak Silat Pengprov IPSI Sulawesi Selatan. Hal 2.

Pratama Zulni. 2019 Study Kualitatif Pencak Silat Aliran Luncua Di Nagari Pauh Duo Nan Batigo. Jurnal Olahraga Indragiri(JOI) Volume 5 No. 2. hal 140.

Rudiansyah, Soekardi dan Hidayah. 2017. Pembinaan Olahraga Prestasi Unggulan Di Kabupaten Melawi Kalimantan Barat. Volume 4 No. 1. Hal 11.

Sugiyono, 2017. Metode Penelitian Kombinasi. Bandung: Alfabeta.

Widowati 2017. Modal Sosial Budaya dan Kondisi Lingkungan Sehat. Hal 128.
Published
2020-06-20
How to Cite
-, anisa, & Barlian, E. (2020). PEMBINAAN OLAHRAGA TRADISIONAL SILAT SIKOKA HARIMAU DAMAM. Jurnal Patriot, 2(1), 83-95. https://doi.org/10.24036/patriot.v2i1.599

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.