ANALISIS KETERAMPILAN GERAK RENANG GAYA DADA KELOMPOK PEMULA ATLET RENANG WOMEN’S SWIMMING CLUB PADANG

  • Fuadi Herfiandi Universitas Negeri Padang
  • Masrun Masrun Universitas Negeri Padang

Abstract

Belum maksimalnya keterampilan gerak renang gaya dada yang dilakukan oleh Atlet Renang Women’s Swimming Club Padang. Variabel dalam penelitian ini adalah keterampilan gerak renang gaya dada. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis keterampilan gerak renang gaya dada. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan menggunakan metode deskriptif. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 13 orang. Teknik pengambilan sampel menggunakan total sampling. Dengan demikian, jumlah sampel di dalam penelitian ini adalah seluruh atlet renang Women’s Swimming Club Padang, yang berjumlah 13 orang. Teknik analisis data yang digunakan adalah persentase. Hasil penelitian menunjukan bahwa analisis keterampilan gerak renang gaya dada pada atlet renang Women’s Swimming Club Padang, berada pada kategori cukup dengan rata-rata 56 atau sekitar (55,50%).

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anam, M. S., Sugiarto, T., & Wahyudi, U. (2017). Pengembangan Variasi Latihan Teknik Dasar Renang Gaya Bebas dan Gaya Dada Melalui Video Compact Disk Pada Kegiatan Ekstrakurikuler Renang di SMP Negeri 8 Malang. Gelanggang Pendidikan Jasmani Indonesia, 1(1).

Kiswantoko, D., & Wijaya, M. (2018). Perbandingan Pemanasan Bermain Dan Pemanasan Classic (Statis Dan Dinamis) Terhadap Minat Dalam Pembelajaran Renang Gaya Dada Pada Kelas VIII di SMP Negeri 3 Kota Sukabumi Tahun 2018. Seminar Nasional Pendidikan Jasmani UMMI.

Rulianto, G., & Mulyanto, R. (2017). Pengaruh Olahraga Renang Gaya Dada Sebagai Hydro Therapy Terhadap Penurunan Intensitas Kambuh Pada Penyakit Asma (Penelitian Eksperimen pada Siswa di Adyas Aquatic Club Sumedang). SpoRTIVE, 1(1), 80-85.

Yanda, Ryska April, Mimi Haetami, and Fitriana Puspa Hidasari, (2017). Pengaruh Metode Drill Pada Renang Gaya Dada Untuk Peserta Didik Tuna Wicara di Sekolah Luar Biasa Dharma Asih Kota Pontianak." Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran 7, no. 7.
Published
2020-06-20
How to Cite
Herfiandi, F., & Masrun, M. (2020). ANALISIS KETERAMPILAN GERAK RENANG GAYA DADA KELOMPOK PEMULA ATLET RENANG WOMEN’S SWIMMING CLUB PADANG. Jurnal Patriot, 2(1), 140-147. https://doi.org/10.24036/patriot.v2i1.592

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.