PEMBINAAN ATLET RENANG DI PERKUMPULAN RENANG G.S.C KOTA PADANG

PEMBINAAN ATLET RENANG DI PERKUMPULAN RENANG G.S.C KOTA PADANG

  • Jasep Suprada Universitas Negeri Padang
  • Argantos Argantos Universitas Negeri Padang

Abstract

ABSTRAK: Masalah dalam penelitian ini berupa tantangan untuk mempertahakan pencapain prestasi di perkumpulan renang G.S.C swimming club. hal ini seperti masih sulitnya atlet dalam mengikuti event-event pertandingan yang ada dikota Padang. Pada penelitian ini peneliti berusaha mengkaji atau menganilis secara mendalam mengenai pembinaan diperkumpulan renang G.S.C menggunakan pendekatan analisis SWOT. Sehingga tujuan dari pembinaan prestasidi perkumpulan renang G.S.C kota Padang akan tercapai serta menghasilkan atlet yang berkualitas dan membantu atlet untuk mencapai prestasi puncak baik di level daerah maupun Nasional.Metode penelitian adalah penelitian kualitatif.Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi.Informan dalam penelitian ini meliputi pengurus, pelatih, dan atlet.Informan dalam penelitian ini adalah ketua pengurus, pelatih dan atlet.Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis kualitatif yang mencakup tiga kegiatan bersamaan yaitu Reduksi data, penyajian data dan menarik kesimpulan.Berdasarkan penjabaran hasil penelitian menggunakan analisis SWOT dapat disimpulkan faktor ancaman berupa bubar atau tidaknya sebuah club berdasarkan dari keputusan pelatihnya (anggapan orangtua bahwa anak mereka hanya akan sukses dengan pelatih Yudarwan).Faktor pelatih merupakan unsur yang paling utama bagi keberlangsungan perkumpulan renang G.S.C dalam mempertahankan prestasi.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2020-06-20
How to Cite
Suprada, J., & Argantos, A. (2020). PEMBINAAN ATLET RENANG DI PERKUMPULAN RENANG G.S.C KOTA PADANG. Jurnal Patriot, 2(2), 357-368. https://doi.org/10.24036/patriot.v2i1.587

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.