Kontribusi Motivasi Dan Body Mass Index (BMI) Terhadap Hasil Belajar Penjaskes Siswa SMK Negeri 6 Padang
Abstract
Masalah yang penulis temukan di lapangan masih ada siswa yang memiliki motivasi belajar yang rendah sehingga berpengaruh terhadap hasil belajar Penjaskes, disamping itu Body Mass Index (BMI) yang kurang ideal ikut mempengaruhi hasil belajar Penjaskes. Penlitian ini bertujuan untuk mengetahui kontribusi Motivasi dan Body mass index (BMI) sebagai variabel bebas terhadap hasil belajar Penjaskes di SMK Negeri 6 Padang sebagai variabel terikat.Populasi penelitian ini adalah siswi kelas XI (sebelas) SMK Negeri 6 Padang tahun ajaran 2018/2019 sebanyak 228 orang. Sampel penelitian ini siswi kelas XI (sebelas) Kuliner 3 sebanyak 25 orang dengan teknik proporsive sampling. Pengambilan data motivasi dan Body mass index (BMI) serta hasil belajar Penjaskes. Pengujian hipotesis penelitian menggunakan teknik analisis korelasi sederhana dan korelasi ganda dengan taraf signifikan α=0,05 dengan hasil analisis data yaitu : 1) terdapat kontribusi motivasi terhadap hasil belajar Penjaskes sebesar 23%. 2) terdapat kontribusi Body mass index (BMI) terhadap hasil belajar Penjaskes sebesar 52%. 3) terdapat kontribusi positif motivasi dan Body mass index (BMI) terhadap hasil belajar Penjaskes siswi dengan perolehan sebesar: 12,19 > 3,39 dengan kontribusi sebesar 53% dua variabel ini secara bersamaan mempengaruhi hasil belajar Penjaskes siswi SMK Negeri 6 Padang.