Status Sosial Ekonomi, Status Pendidikan, Kemampuan Kondisi Fisik, dan Kemampuan Teknik Tinju

  • umi marisa Universitas Negri Padang
  • Umar -

Abstract

Masalah dalam penilitian ini adalah masih rendahnya prestasi atlet tinju PERTINA Kabupaten Padang Pariaman, diduga karena beberapa faktor yaitu status sosial ekonomi, status pendidikan, kemampuan kondisi fisik, dan kemampuan teknik. Jenis penelitian ini adalah deskriptif yang bertujuan untuk mengungkapkan tentang profil atlet tinju PERTINA Kabupaten Padang Pariaman. Sampel dalam penelitian ini adalah seluruh atlet tinju PERTINA Kabupaten Padang Pariaman yang berjumlah 15 orang terdiri dari 11 atlet putra dan 4 atlet putri. Instrumen yang digunakan untuk mengukur status sosial ekonomi dan status pendidikan diukur dengan wawancara, kemampuan kondisi fisik dengan tes fisik, dan kemampuan teknik dengan penilaian judge. Data dianalisis dengan menggunakan rumus distribusi frekuensi dalam bentuk persentase. Berdasarkan analisis data, diperoleh hasil penelitian sebagai berikut (1) status sosial ekonomi keluarga atlet 100% bekerja; (2) status pendidikan atlet diperoleh rata-rata mahsiswa terdapat sebanyak 9 orang (60%); (3) kemampuan kondisi fisik diperoleh nilai rata-rata 50 dikategorikan sedang terdapat 6 orang (54%) pada putra dan nilai rata-rata 50 dikategorikan kurang terdapat 2 orang (50%); dan (4) kemampuan teknik diperoleh nilai rata-rata 91,76 dikategorikan baik terdapat sebanyak 3 orang (27%) pada putra dan nilai rata-rata 77,34 dikategorikan sedang terdapat sebanyak 2 orang (18%).

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2020-06-22
How to Cite
marisa, umi, & -, U. (2020). Status Sosial Ekonomi, Status Pendidikan, Kemampuan Kondisi Fisik, dan Kemampuan Teknik Tinju. Jurnal Patriot, 2(2), 576-589. https://doi.org/10.24036/patriot.v2i1.563

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.