Tinjauan Kondisi Fisik Pemain SSB Puncak Andalas

  • Pieri Sandria FIK UNP
  • John Arwandi

Abstract

Rendahnya prestasi yang diperoleh SSB puncak andalas kabupaten kerinci. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui  tingkat kebugaran Pemain SSB Puncak Andalas Kerinci. Jenis penelitian ini adalah deskriptif.  Penelitian ini dilaksanakan dilapangan sepakbola Puncak Andalas  kerinci.   Populasi dalam penelitian adalah pemain sepakbola klub SSB Puncak Andalas Kerinci Kabupaten Kerinci yang berjumlah 18 orang yang aktif berlatih.  Sampel dalam penelitian ini adalah atlet berjumlah 18 orang. Teknik pengambilan sampel ini adalah secara purposive sampling. Teknik analisis data yaitu distribusi frekuensi. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa   tingkat kekuatan pemain SSB Puncak Andalas Kerinci diperoleh  nilai  rata-rata sebesar  20.06. Hal ini menunjukkan bahwa  tingkat kekuatan pemain  pada kategori sedang karena berada pada interval  19 – 27. Tingkat kelentukan pemain SSB Puncak Andalas Kerinci diperoleh  nilai  rata-rata sebesar  9.11. Hal ini menunjukkan bahwa  tingkat kelentukan pemain  pada kategori sedang karena berada pada interval  (-1.5) – 11.4. Tingkat kecepatan pemain diperoleh  nilai  rata-rata sebesar  8.44. Daya tahan pemain SSB diperoleh  nilai  rata-rata sebesar  8.04. Hal ini menunjukkan bahwa  daya tahan pemain  pada kategori sedang karena berada pada interval  7.46 – 9.01. Tingkat kebugaran pemain diperoleh  nilai  rata-rata sebesar  12.33. Hal ini menunjukkan bahwa  tingkat kebugaran pemain SSB Puncak Andalas Kerinci  pada kategori sedang karena berada pada interval  10.00 - 13.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2018-09-20
How to Cite
Sandria, P., & Arwandi, J. (2018). Tinjauan Kondisi Fisik Pemain SSB Puncak Andalas. Jurnal Patriot, 362-368. https://doi.org/10.24036/patriot.v0i0.56
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.