Koordinasi Mata Tangan Dan Kelentukan Togok Berhubungan Dengan Kemampuan Smash Tenis Meja

Koordinasi Mata Tangan Dan Kelentukan Togok Berhubungan Dengan Kemampuan Smash Tenis Meja

  • Muhammad Ikhsan Universitas Negeri Padang
  • Masrun Masrun Universitas Negeri Padang

Abstract

 Masalah penelitian kurangnya kemampuan smash permainan tenis meja pada persatuan maju jaya bersama kabupaten lima puluh kota. Penelitian  ini jenis  korelasional.  Populasi dalam penelitian 20 orang. Pengambilan sampel di lakukan menggunakan teknik sampling jenuh. Instrumen melalui tes standing trunk flexion untuk kelentukan togok, tes koordinasi mata-tangan dengan tes lempar tangkap bola tenis dan kemampuan smash dilakukan dengan tes kemampuan smash. Teknik analisa data menggunakan teknik analisis korelasi product moment dengan taraf signifikan α = 0,05. Hasil  penelitian  yaitu,  1) Terdapat  hubungan  yang  signifikan  antara koordinasi mata tangan dengan kemampuan smash dengan nilai koefesien korelasi sebesar 0,85, dan koefesien distribusi thitung 6,93> t tabel1,90. 2) Terdapat hubungan yang signifikan antara kelentukan togok dengan kemampuan smash dengan nilai koefesien korelasi sebesar 0,80, dan koefesien distribusi thitung 5,65>t tabel1,90. 3) Terdapat hubungan yang signifikan secara bersama-sama antara koordinasi mata-tangan dan kelentukan togok dengan kemampuan smash dengan nilai koefesien  korelasi sebesar 0,78, dan koefesien distribusi t hitung 3,75 >t tabel 3,59. Berdasarkan hasil penelitian sebaiknya dalam menerapkan program latihan juga harus diperhatikan komponendari kemampuan fisik atlet dan tidak hanya latihan teknik saja.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2020-06-20
How to Cite
Ikhsan, M., & Masrun, M. (2020). Koordinasi Mata Tangan Dan Kelentukan Togok Berhubungan Dengan Kemampuan Smash Tenis Meja. Jurnal Patriot, 2(2), 399-408. https://doi.org/10.24036/patriot.v2i1.553

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.