Pelaksanaan Pembelajaran PJOK di Kelas XII SMA N 1 Batusangkar Dilihat dari Sudut Perencanaan, Proses, dan, Evaluasi
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah belum terlaksananya dengan baik pelaksanaan pembelajaran PJOK di Kelas XII SMA Negeri 1 Batusangkar. Tujuan penelitian ini hanya mengungkapkan bagaimana Pelaksanaan Pembelajaran PJOK di Kelas XII SMA Negeri 1 Batusangkar dilihat dari sudut Perencanaan, Proses, dan Evaluasi. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan November 2019 di SMA Negeri 1 Batusangkar. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XII SMA Negeri 1 Batusangkar yang berjumlah 245 orang. teknik pengambilan sampel menggunakan teknik Random Sampling, maka jumlah sampel dalam penelitian ini adalah sebanyak 41 orang siswa. Instrument dalam penelitian ini menggunakan kuesioner yang dibagikan kepada siswa. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif persentatif. Hasil penelitian tentang pelaksanaan pembelajaran di SMA Negeri 1 Batusangkar adalah sebagai berikut: 1) Pelaksanaan Pembelajaran PJOK di SMA Negeri 1 Batusangkar dilihat dari sudut Perencanaan Pembelajaran adalah 70,73%, berada pada klasifikasi “Cukup”. 2) Pelaksanaan Pembelajaran PJOK di SMA Negeri 1 Batusangkar dilihat dari sudut Proses Pembelajaran adalah 63,41, berada pada klasifikasi “Cukup”. 3) Pelaksanaan Pembelajaran PJOK di SMA Negeri 1 Batusangkar dilihat dari sudut Evaluasi Pembelajaran adalah 61,46%, berada pada klasifikasi “Cukup”.
Downloads
References
Huri, Nisyam. 2015. Tinjauan Pelaksanaan Proses Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga Dan Kesehatan Di Sd Negeri 06 Malepang Tapan Kab. Pesisir Selatan. Jurnal Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi. Volume 1 Nomor 1
Pambudi, Muhammad Iqbal., Winarno, M. E dan Dwiyogo, Wasis Djoko. 2019. Perencanaan dan Pelaksanaan Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga Kesehatan. Jurnal Pendidikan. Volume 4 Nomor 1
Prilanji, Fito Bakdo., Simanjuntak, Victor Gaperius dan Haetami, Mimi. 2019. Evaluasi Pembelajaran Penjasorkes. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa. Volume 8 Nomor 2
Rokim, Moh dan Nurhayati, Faridha. 2016. Survei Keterlaksanaan Kurikulum 2013 Pada Guru PJOK Di SMA Negeri Se Kabupaten Nganjuk. Jurnal Pendidikan Olahraga dan Kesehatan. Volume 04 Nomor 01
Sofiarini, Anna Mariam. 2016. Hubungan Antara Pembelajaran Penjas Dengan Perilaku Sosial Siswa. Jurnal Pendidikan Jasmani dan Olahraga. Volume 1 Nomor 1
Surahni. 2017. Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan (PJOK) sebagai Sarana Pendidikan Moral. Proceding The 6th University Research Colloquium. Magelang : Universitas Muhammadiyah Magelang
Syahril. 2014. Evaluasi Model Cipp Pada Implementasi Ktsp Pembelajaran Pendidikan Jasmani. Jurnal Sport Pedagogy. Volume 4 Nomor 1
Taufik, Muhammad dan Pardijono. 2013. Efektivitas Pembelajaran Pendidikan Jasmani Di Sma Negeri Surabaya Tentang Pemanfaatan Sarana Dan Prasarana Dalam Kegiatan Ekstrakurikuler Tahun Pelajaran 2012/2013. Jurnal Pendidikan Olahraga dan Kesehatan. Volume 01 Nomor 02
Yuniartik, Hera., Hidayah, Taufiq dan Nasuka. 2017. Evaluasi Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan di SLB C Se-Kota Yogyakarta. Journal of Physical Education and Sports. Volume 6 Nomor 2
Yuslaini. 2015. Pemahaman Dan Penerapan Guru Pendidikan Jasmani Tentang Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan Kabupaten Bireuen Tahun 2011. Jurnal Administrasi Pendidikan Volume 3 Nomor 1