Motivasi Siswa Dalam Proses Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga Kesehatan Di SMAN 1 Padang Sago Padang Pariaman
MOTIVASI SISWA DALAM PROSES PEMBELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI OLAHRAGA KESEHATAN
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah diduga masih kurangnya motivasi siswa dalam pembelajaran penjasorkes, terbukti dengan kurang berjalan dengan baiknya pembelajaran Penjasorkes di SMAN 1 Padang Sago Padang. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar motivasi siswa SMAN 1 Padang Sago (X1) dalam mengikuti pembelajaran Penjasorkes (X2). Jenis penelitian ini adalah kuantitatif. Penelitian ini terbagi kedalam 2 penelitian: 1) penelian uji coba angket dilaksanakan pada bulan Desember 2019 di SMAN 1 kampung dalam, 2) penelitian angket setelah uji coba dilaksanakan pada bulan januari 2020 di SMAN 1 Padang Sago. Populasi dalam penelitian ini seluruh siswa kelas XII SMAN 1 Padang Sago yang berjumlah 192 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik random sampling, maka jumlah sampel dalam penelitian ini adalah sebanyak 29 orang siswa. Instrument penelitian ini adalah dengan menggunakan angket/ kuesioner penelitian. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif persentatif. Hasil penelitian ini adalah: 1) Motivasi siswa dalam proses pembelajaran pendidikan jasmani olahraga kesehatan di SMAN 1 Padang Sago Padang Pariman pada indikator motivasi instrinsik adalah 78,90%, berada pada klasifikasi “Baik”. 2) Motivasi Siswa Dalam Proses Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga Kesehatan di SMAN 1 Padang Sago Padang Pariman Pada Indikator Motivasi Ekstrinsik pada sub indikator motivasi ekstrinsik adalah 60,28%, berada pada klasifikasi “Cukup Baik”.
Downloads
References
Endrawan dan Gunawan, I Bagus Feri Aji. 2017. Survei Motivasi Belajar Siswa Mata Pelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga Dan Kesehatan Melalui Permainan Tradisional. Jurnal Ilmiah BINA EDUKASI. Volume 10 Nomor 1
Fattahilah, M.Thariq. 2015. Motivasi Siswa Terhadap Pembelajaran Penjas Orkes Di Sekolah Dasar Negeri 08 Koto Gadang Padang Gantiang Kabupaten Tanah Datar. PKP ejurnal.unp.ac.id
Harmono, Setyo. 2017. Pengaruh Model Pembelajaran Quantum Dan Gaya Belajar Terhadap Pemahaman Konseptual Dan Ketrampilan Gerak Pada Mata Pelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga Dan Kesehatan Siswa Sma Kota Kediri. Jurnal Pembelajaran Olahraga. Volume 3 Nomor 1
Manalu, Warti. 2017. Pengaruh Metode Pembelajaran Dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Lari Cepat. Jurnal Pendidikan Jasmani dan Olahraga. Volume 2 Nomor 2
Munandar, Aris dan Hartati, Sasminta Christina Yuli. 2016. Perbandingan Motivasi Siswa Dalam Mengikuti Pembelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga Dan Kesehatan Pada Siswa Kelas 3 Dan Kelas 5 Di Sdn Jatilangkung Mojokerto. Jurnal Pendidikan Olahraga dan Kesehatan. Volume 04 Nomor 01
Nur, Lutfi., Suherman, Adang., Subarjah, Herman dan Budiana, Dian. 2019. Physical Education Learning Motivation: A Gender Analysis. Jurnal Pendidikan Jasmani dan Olahraga. Volume 4 Nomor 1
Riwu , Benslapece. 2017. Kinerja Guru Pendidikan Jasmani Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Pada Pendidikan Jasmani Olahraga Dan Kesehatan. Prosiding Seminar Nasional Profesionalisme Tenaga Profesi Pjok
Sari, Anggun Permata., Umar dan Khairuddin. 2019. Pengaruh Motivasi Belajar, Perhatian Orang Tua, Dan Kebugaran Jasmani Terhadap Hasil Belajar Pendidikan Jasmani Olahraga Dan Kesehatan. Docplayer.info
Subakti. 2018. Motivasi Siswa Dalam Mengikuti Mata Pelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga Dan Kesehatan. Jurnal Ilmiah IKIP Mataram Volume 3 Nomor 2
Wibowo, Harry dan Gani, Ruslan Abdul. 2018. Motivasi Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Pendidikan Jasmani Materi Ajar Passing Bawah Dalam Permainan Bolavoli Pada Siswa Kelas Vii Smp Negeri 2 Majalaya. Jurnal Speed. Volume 1 Nomor 1
Wibowo, Tri dan Ferianto, Bambang. 2017. Survei Motivasi Belajar Siswa Dalam Mengikuti Pembelajaran Jasmani, Olahraga Dan Kesehatan Pada Siswa Sma/Ma/Smk Negeri Kelas Xi Se-Kecamatan Kota Ponorogo. Jurnal Pendidikan Olahraga dan Kesehatan Volume 05 Nomor 01