Pelaksanaan Pembelajaran Pendidikan Jasmani Pada Anak Berkebutuhan Khusus Di SLB YPPLB Kota Padang
Pelaksanaan Pembelajaran Pendidikan Jasmani Pada Anak Berkebutuhan Khusus Di SLB YPPLB Kota Padang
Abstract
Abstrak :Tujuan penelitian ini untuk menganalisis perencanaan pembelajaran dan melihat bentuk pelaksanaan pembelajaran Pendidikan Jasmani pada anak berkebutuhan khusus tunagrahita, serta untuk menganalisis faktor pendorong dan penghambat guru memberikan pembelajaran Pendidikan Jasmani di SLB YPPLB Kota Padang. Pembelajaran Pendidikan Jasmani merupakan pembelajaran yang diajarkan pada setiap jenjang pendidikan, menjadi kewajiban pemerintah dan pihak sekolah untuk memberi pembelajaran Pendidikan Jasmani kepada siswa sesuai dengan keadaan yang dimiliki siswanya. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif yang mengambil lokasi di SLB YPPLB Kota Padang. Informan dalam penelitian ini adalah Kepela Sekolah, Wakil Kurikulum dan Wali Kelas SLB YPPLB Kota Padang. Perencanaan pembelajaran Pendidikan Jasmani di SLB YPPLB diawali dengan langkah-langkah penyusunan perencanaan pembelajaran melalui penyusunan program yang disesuaikan dengan kebutuhan peserta didik yang bersangkutan. Pelaksanaan pembelajarannya 1x seminggu pada hari sabtu untu seluruh peserta didik, dengan pendekatan individual dari wali kelas. Selanjutnya faktor yang menjadi pendorong dan penghambat guru memberikan pembelajaran Pendidian Jasmani di SLB YPPLB diantaranya faktor pendorong adalah kurikulum dan faktor dari dalam diri seorang guru. Faktor penghambatnya ialah pembelajaran harus di lakukan secara berulang-ulang, siswa yang beraneka ragam kebutuhanya dan sarana prasarana yang belum melengkapi kebutuhan siswa sepenuhnya.
Downloads
References
Alimin, Zaenal. 2004. Reorientasi Pemahaman Konsep Pendidikan Khusus Pendidikan Kebutuhan Khusus dan Implikasinya terhadap Layanan Pendidikan‖. Jurnal Asesmen dan Intervensi Anak Berkebutuhan Khusus. Vol. 3 No 1. Hlm 52--63.
Apriyanto, N. (2014). seluk beluk tunagrahita & strategi pembelajarannya. Yogyakarta: Javalitera.
Delphie, B. 2006. Pembelajaran Anak Berkebutuhan Khusus. Bandung :Refika Aditama
Depdiknas, (2006). Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta: Depdiknas
Firdaus, Efendy. 2013. Diktat Perkuliahan Dasar-Dasar Pendidikan Jasmani, Padang: UNP Press
Hartono, Jogiyanto. (2007). Metodologi Penelitian Bisnis: Salah Kaprah dan Pengalaman-Pengalaman. Edisi 2007. BPFE. Yogyakarta.
Irdamurni. (2018). Memahami Anak Berkebutuhan Khusus. Jawa Barat : Goresan Pena
Jusuf, H. 2005. ―Improving Teacher Quality, A Keyword For Improving Education Facing Global Challenges‖. The Turkish Online Journal of Educational Technology., Vol. 4, Issue 1, Article 4
Sumekar ganda. (2009). Anak berkebutuhan khusus. Padang : UNP Press
Surya, moh (1979). Psikologi Pendidikan , Bandung : Publikasi Jurusan PPB FIP UPI Bandung.
Tilaar, H.A.R 2002. Pendidikan Kebudayaan dan Masyarakat Madani Indonesia, Bandung : Remaja Rosdakarya.
Wangid, M. N., Mustadi, A., Erviana, V. Y., & Arifin, S. (2014). Kesiapan guru SD dalam pelaksanaan pembelajaran tematik-integratif pada kurikulum 2013 di DIY. Jurnal Prima Edukasia, 2(2), 175-182.