PERBEDAAN PENGARUH LATIHAN KELINCAHAN SHUTTLE RUN DENGAN LATIHAN LATERAL RUN TERHADAP KEMAMPUAN MENGGIRING BOLA SISWA U-14 SSB PUTRA WIJAYA FC PADANG

  • Ai Syah Putri Wardani Univesitas Negeri Padang
  • Hendri Irawadi

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan pengaruh latihan kelincahan shuttle run dan lateral run terhadap kemampuan menggiring SSB Pura Wijaya FC Padang. Dalam penelitian ini, metode latihan kelincahan menggunakan latihan shuttle run dan lateral run dengan latihan yang terprogram. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan November sampai bulan Desmber 2019 di lapangan sepakbola Kompi Senapan A Lapai dilaksanakan pada 17 November sampai 13 Desember 2019. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa SSB dengan kelompok usia U-14 dengan sampel berjumlah 22 orang laki-laki. Pengambilan sampel menggunakan teknik total sampling, penelitian ini dilakukan selama 4 minggu (16 kali pertemuan). Dalam satu minggu latihan dilaksanakan sebanyak 4 kali pertemuan. Berdasarkan analisi data dalam penelitian ini menggunakan uji t-test. Hasil pengolahan data dalam penelitian ini adalah thitung (7,02) > ttabel (2,22) pada latihan shuttle run dan thitung (15,24) > ttabel (2,22)  pada latihan lateral run terdapat peningkatan hasil antara tes awal dengan tes akhir. Berarti latihan kelincahan shuttle run dan lateral run memberikan pengaruh yang signifikan terhadap peningkatan kemampuan menggiring siswa SSB Putra Wijaya FC Padang, artinya penerepan  latihan kelincahan shuttle run dan lateral run memberikan pengaruh untuk peningkatan kemampuan menggiring. Dengan demikian latihan Lateral run lebih signifikan dibandingan dengan latihan shuttle run.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Amiq, Fahrial dkk.2016. -Pengaruh Latihan Ladder Drills Terhadap Peningkatan Kelincahan Siswa U-17 Di Persatuan Sepakbola Jajag Kabupaten BAYUWANGI. Jurnal Pendidikan Jasmani. 1 (26)

Aprianova dan Hariadi, Imam. 2016. -Metode Drill Untuk Meningkatkan Teknik Dasar Menggiring Bola (Dribbling) Dalam Permainan Sepakbola Pada Siswa Sekolah Sepakbola Putra Zodiac Kabupaten BOJONEGORO Usia 13-15 Tahun. Jurnal Kepelatihan Olahraga. 1 (1).

Hariyoko, dkk. 2019. -Pengaruh Model Latihan Ladder Drill Lateral Dan Zig-Zag Hops Terhadap Peningkatan Kelincahan. Indonesia Journal Of Sport And Physical Education.1 (1)

Hartanto, Dwi. 2015. -Pengaruh Latihan Menggiring Bola Menggunakan Bola Berbeda Ditinjau Dari Koordinasi Mata-Kaki Terhadap Peningkatan Kemampuan Menggiring Bola. Jurnal Pendidikan Olahraga. 1 (4)

Irawadi, Hendri. 2017. Kondisi Fisik Dan Pengukurannya. Padang : FIK.UNP

M, Madri. (2016). The Basic Learning Basketball Technique. Padang : Sukabina Press

Malasari, Azhariat. 2019. - Pengaruh Latihan Shuttle Run Dan Zig-Zag Run Terhadap Kelincahan Atlet Taekwondo. Jurnal Pendidikan Jasmani Dan Olahraga. 1 (3)

Mappaompo, Adam. 2011. -Kontribusi Koordinasi Mata-Kaki Dan Kelincahan Terhadap Keterampilan Menggiring Bola Dalam Permainan Sepak Bola Club Bilopa Kabupaten Sinjai. Jurnal Ilara. 1 (11).

Nurhasan. 2007. Tes dan Pengukuran Dalam Pendidikan Jasmani. Jakarta Pusat : Ditjen Olahraga

Sapulete, J. 2012. - Hubungan Kelincahan Dan Kecepatan Dengan Kemampuan Menggirng Bola Pada Permainan Sepakbola Siswa Kesatuan Samarinda. Jurnal Ilara. 1 (3)

Setiawan, Deni. 2013. -Kondisi Fisik Pemain Sepakbola Klub Asyabab Di Kabupaten Sidoarjo. Jurnal UNESA. 1 (1).

Syafruddin. (2017). Perangkat Pembelajaran Ilmu Melatih Dasar. Padang : FIK.UNP
Published
2020-06-20
How to Cite
Wardani, A. S., & Irawadi, H. (2020). PERBEDAAN PENGARUH LATIHAN KELINCAHAN SHUTTLE RUN DENGAN LATIHAN LATERAL RUN TERHADAP KEMAMPUAN MENGGIRING BOLA SISWA U-14 SSB PUTRA WIJAYA FC PADANG. Jurnal Patriot, 2(1), 62-72. https://doi.org/10.24036/patriot.v2i1.512

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.