Modifikasi Instrument Mengoper Bola Rendah Untuk Tes Passing Futsal

Modifikasi Instrument Mengoper Bola Rendah Untuk Tes Passing Futsal

  • wirya wiriawan Universitas Negeri Padang
  • Roma Irawan Universitas Negeri Padang
Keywords: Mengoper Bola Rendah, Passing Futsal.

Abstract

Masalah dalam penelitian ini belum adanya tes yang akurat untuk mecari validitas dan reliabilitas keterampilan passing pada atlet futsal. Penelitian ini bertujuan untuk membuat tes keterampilan passing pada futsal yang tepat digunakan untuk para atlet dan pemain futsal dengan cara menentukan tingkat validitas dan reliabilitas tes. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian deskriptif. Populasi penelitian ini adalah mahasiswa tingkat pedalaman Universitas Negeri Padang yang terdiri dari sebanyak 32 orang. Sampel penelitian adalah sebagian anggota populasi yang berjumlah 30 orang dengan teknik penarikan sampel purposive sampling. Instrumen tes keterampilan passing futsal yang dirancang. Teknik analisis data menggunakan formula rumus korelasi produc moment dari Pearson.Hasil penelitian: (1) Tingkat validitas tes keterampilan passing pada mahasiswa  tingkat pedalaman Universitas Negeri Padang berada pada tingkat baik dengan koefisien validitas 0,71. (2) Tingkat reliabilitas tes keterampilan passing pada mahasiswa  tingkat pedalaman Universitas Negeri Padang berada pada tingkat dapat diterima dengan koefisien reliabilitas 0,79.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2019-12-17
How to Cite
wiriawan, wirya, & Irawan, R. (2019). Modifikasi Instrument Mengoper Bola Rendah Untuk Tes Passing Futsal. Jurnal Patriot, 1(2), 438-451. https://doi.org/10.24036/patriot.v1i2.505

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.