Perbedaan Pengaruh Latihan Sasaran Diam dan Sasaran Bergerak Terhadap Ketepatan Long Passing

  • Haris - Sudana Universitas Negeri Padang
  • Sayuti Syahara

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh latihan sasaran diam dengan latihan sasaran bergerak serta perbedaan keduanya terhadap ketepatan long passing pemainSSB Muspan U14-U17 Kota Padang.Jenis penelitian ini adalah Quasi-Eksperimendengan rancangan Matched Subject Design.Penelitian dilakukan dilapangan sepakbola SSB Muspan yang bertempat di depan Gedung TVRI Sumatera Barat dan didepan SDN 19 Koto Pulai, Kec. Koto Tangah, Kota Padang, Sumatera Barat. Populasi penelitian adalah seluruh pemain SSB Muspan. Sampel yang diambil adalah pemain U14-U17 menggunakan teknik purpose sampling sebanyak 24 orang. Instrumen tes yang digunakan adalah Bobby Charlton test. Analisis data menggunakan uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) latihan sasaran diam memberikan pengaruh yang signifikan terhadap ketepatan long passing, dengan thitung 2,545 >ttabel 2,201 dengan peningkatan persentase sebesar 11,888%, 2) latihan sasaran bergerak memberikan pengaruh yang signifikan terhadap ketepatan long passing, dengan thitung9,027 >ttabel 2,201 dengan peningkatan persentase sebesar 18,333%. 3) latihan sasaran bergerak memberikan pengaruh yang lebih baik dibandingkan dengan latihansasaran diam terhadap ketepatan long passing, dengan thitung 4,870 >ttabel 2,201 dengan selisih rerata sebesar 30,83.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2019-12-17
How to Cite
Sudana, H., & Syahara, S. (2019). Perbedaan Pengaruh Latihan Sasaran Diam dan Sasaran Bergerak Terhadap Ketepatan Long Passing. Jurnal Patriot, 1(1), 320-330. https://doi.org/10.24036/patriot.v1i1.504

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.