Pengaruh Bentuk Latihan Small-Sided Games Terhadap Peningkatan Vo2 Max

Pengaruh Bentuk Latihan Small-Sided Games Terhadap Peningkatan Vo2 Max

  • Dapid Rama Spautra Universitas Negeri Padang
  • Ronni Yenes

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah masih rendahnya prestasi sepakbola sekolah sepakbola Tan Malaka, yang diduga akibat masih lemahnya dayatahan pemain sepakbola Tan Malaka. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh latihan Small Side Game terhadap peningkatan VO2Max pemain sekolah sepakbola Tan Malaka.. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu (Quasy Experiment). Populasi dalam penelitian ini adalah keseluruhan pemain sepak bola SSB Tan Malaka FC yang berjumlah 65 orang. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik Purposive Sampling, maka jumlah sampel dalam penelitian ini adalah sebanyak 25 orang pemain. Instrument dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan Bleep Test. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis uji t. Berdasarkan hasil penelitian yang telah diuraikan pada bab terdahulu dapat dikemukakan kesimpulan sebagai berikut: latihan Small Side Game tidak memberikan pengaruh yang signifikan (meningkat) terhadap kemampuan VO2Max thitung = 1,53 sedangkan ttabel sebesar 1,71 dengan taraf signifikan α = 0,05 dan n-1 = 24, maka hipotesis awal yang diajukan ditolak dengan thitung < ttabel (1,53 > 1,71).

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2019-12-17
How to Cite
Spautra, D., & Yenes, R. (2019). Pengaruh Bentuk Latihan Small-Sided Games Terhadap Peningkatan Vo2 Max. Jurnal Patriot, 1(2), 482-492. https://doi.org/10.24036/patriot.v1i2.497

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.