Pengaruh Metode Latihan Permainan Target Terhadap Keterampilan Passing Atas

  • Riko Akbar Universitas Negeri Padang
  • Hermanzoni -

Abstract

Penurunan prestasi tim bolavoli salah satunya disebabkan menurunnya kemampuan teknik bermain bolavoli khususnya pada kemampuan Passingatas. Disebabkan kurangnya variasi metode latihan yang digunakan dalam latihan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh latihan permainan target terhadap passingatas pada siswa putra peserta ekstrakurikuler bolavoli di SMP Negeri 38 Merangin Provinsi Jambi. Jenis penelitian ini adalah one group pre test and post test design. Populasi penelitian ini dilakukan dengan subjek yang  berjumlah 20 siswa putra. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan tes keterampilan passing atas (widiastuti, 2017). Analisis data dalam penelitian ini menggunakan one sample t test (uji t) .Berdasarkan hasil uji statistik variabel diperoleh nilai uji-t antara pre test dan post test pengaruh  metode latihan permainan target terhadap keterampilan passing atas, diperoleht hitung lebih besar dari t-tabel, maka ada perbedaan yang signifikan. Dilihat dari nilai rata-rata antara pre test dan post test terdapat peningkatan yang cukup signifikan yaitu 13.33 %.

 

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2019-12-17
How to Cite
Akbar, R., & -, H. (2019). Pengaruh Metode Latihan Permainan Target Terhadap Keterampilan Passing Atas. Jurnal Patriot, 1(2), 532-543. https://doi.org/10.24036/patriot.v1i2.496

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.