Pengaruh Latihan Footwork Terhadap Kemampuan Groundstroke

  • Intan Ulha FIK UNP
  • Hermanzoni -

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah masih rendahnya kemampuan groundstroke atlet tenis PTL UNP. Penelitian ini bertujua untuk mengetahui pengaruh latihan footwork terhadap kemampuan groundstroke atlet tenis PTL UNP. Jenis penelitian adalah Pra-Eksperimen. Desain dalam penelitian ini menggunakan the one groups pre-test and post-test design. Populasi dalam penelitian adalah atlet tenis PTL UNP yang berjumlah 15 orang dengan atlet putra 7 orang dan atlet putri 8 orang. Sampel diambil melalui teknik purposive sampling dimana sampel dapat dipilih menurut pertimbangan peneliti, yaitu atlet putri 7 orang. Instrumen untuk mengukur kemampuan groundstroke atlet adalah hewwit tennis achievment test. Analisis data untuk pengujian hipotesis penelitian menggunakan uji-t dengan taraf signifikan α = 0,05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan latihan footwork terhadap kemampuan groundstroke, diperoleh rata-rata sebesar 14,14 pada pre-test menjadi 17,43 pada post-test (thitung 2,304 > ttabel 1,94).

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2018-09-20
How to Cite
Ulha, I., & -, H. (2018). Pengaruh Latihan Footwork Terhadap Kemampuan Groundstroke. Jurnal Patriot, 313-319. https://doi.org/10.24036/patriot.v0i0.49
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.